Profil Lee Yang, Juara Olimpiade 2020 yang Ingin Belajar dari Ganda Putra Indonesia

Lee Yang yang sudah berhasil juara Olimpiade ingin belajar dari ganda putra Indonesia

Irwan Febri Rialdi
Selasa, 26 Juli 2022 | 16:30 WIB
Ganda putra Taiwan Lee Yang dan Wang Chi-Lin. [AFP]

Ganda putra Taiwan Lee Yang dan Wang Chi-Lin. [AFP]

Bolatimes.com - Setelah meraih sejumlah kegagalaan di sejumlah kejuaraan pada tahun ini, pebulu tangkis asal Taiwan peraih medali Olimpiade 2022, Lee Yang, ingin belajar dari ganda putra Indonesia,

Keinginan itu disampaikan Lee Yang setelah dia dan partnernya, Wang Chi Lin, tumbang dari pasangan Malaysia, Man Wei Chong/Tee Kai Wun, pada laga final Taipei Open 2022.

Meskipun gagal meraih gelar juara, ini adalah keberhasilan pertama bagi Lee Yang/Wang Chi Lin lolos ke partai final turnamen BWF sepanjang tahun 2022.

Baca Juga: Oknum Suporter Persis Solo Bikin Rusuh, Gibran: Susah Payah ke Liga 1, Buat Apa Seperti Itu?

Melalui akun Instagramnya, Lee Yang berupaya memberikan motivasi untuk dirinya sendiri agar bisa meraih prestasi pada ajang-ajang berikutnya.

“Ilmu bisa meningkat, baik akan menjadi hebat. Kerja keras tidak bisa dihentikan. Sayang sekali tidak bisa juara. Terima kasih untuk setiap detik kejuaraan ini,” kata Lee, Senin (25/7/2022).

Unggahan yang telah mendapatkan lebih dari 25 ribu likes itu mendapatkan respons dari pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi.

Baca Juga: Persita Tangerang Perkuat Lini Depan, Boyong Striker Naturalisasi Eks Timnas Indonesia

Herry IP, begitu ia akrab disapa, memberikan semangat kepada atlet peringkat ketiga dunia tersebut. “Jangan pernah menyerah, Bro,” tulis Herry IP.

Mendapat suntikan motivasi dari Coach Naga Api, Lee kemudian memberikan balasan yang cukup mengejutkan. “Terima kasih, Coach. Saya harus belajar banyak dari Indonesia,” tulisnya membalas komentar Herry IP.

Profil Lee Yang

Baca Juga: Timnas Indonesia Punya Bus Baru, Diharapkan Bisa Dipakai FIFA Matchday September

Lee Yang merupakan atlet bulu tangkis profesional yang lahir di Taipei, Taiwan, 12 Agustus 1995. Bersama Wang Chi-lin, dia sukses meraih medali emas Olimpiade 2020 di Tokyo.

Gelar juara pertama yang diraih Lee Yang di level internasional dimulai ketika berpasangan dengan Lee Jhe-huei pada ajang Vietnam Open Grand Prix tahun 2015.

Sebelumnya, pasangan ganda putra ini sudah melewati berbagai ajang, mulai dari Chinese Taipei Masters Grand Prix 2015, Vietnam Open Grand Prix 2015, dan Korea Masters Grand Prix 2015.

Baca Juga: Ketar-ketir, Media Vietnam Soroti Pemain Berdarah Jerman di Timnas Putri Indonesia U-18

Gelar juara selanjutnya diraih Lee Yang ketika memenangi ajang French Open 2017. Bahkan, pada ajang Asian Games 2018, ia sukses merebut medali perunggu, baik itu di nomor ganda putra maupun tim.

Pada tahun 2021, Lee Yang yang berpasangan dengan Wang Chi Lin sukses memenangkan duel melawan Li Junhui dan Liu Yuchen pada final Olimpiade Tokyo 2020.

Pada pertandingan yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo itu, mereka unggul dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-12.

Dengan gelar juara ini, mereka berdua menjadi pasangan yang tak diunggulkan pertama yang sukses menjuarai medali emas dalam sejarah bulu tangkis China Taipei.

Sampai saat ini, Lee Yang/Wang Chi-Lin masih menduduki peringkat keempat dalam rankin BWF. Mereka mengumpulkan total 101.668 poin dari total 42 turnamen yang diikuti.

Sebelumnya, kedua pasangan ini sempat berada di ranking tertingginya pada tahun 2021, yakni di peringkat ketiga BWF.

Gelar juara terakhir yang diraih oleh pasangan ini ialah pada ajang BWF World Tour Finals tahun 2020 seusai menumbangkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan dua gim langsung, 21-17 dan 23-21.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Sebuah momen unik tercipta cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Asian Games 2022 saat pemain Korea Utara kedapatan hendak memukul ofisial Jepang pasca diberi minuman.
arena | 14:47 WIB
Bintang futsal Indonesia, Evan Soumilena, mencatatkan torehan manis bagi ADCR Caxinas di Liga Futsal Portugal (Liga Placard) usai mencetak assist saat hadapi Sporting CP.
arena | 10:46 WIB
Momen menarik tercipta di ajang Asian Games 2022 dari cabang olahraga (cabor) balap sepeda lintasan atau Track Cycling, di mana ada David Beckham dan Ronaldo yang beraksi dalam balapan.
arena | 19:00 WIB
Sebuah video amatir dari olahraga futsal belakangan viral di media sosial, usai salah satu pemain yang tengah berselebrasi sujud mendapat tendangan di kepala dari lawan.
arena | 20:09 WIB
Segini hadiah China Open 2023.
arena | 17:00 WIB
PBSI umumkan struktur pelatih yang baru untuk Timnas Bulu Tangkis Indonesia
arena | 22:30 WIB
Thomas Indratjaja bakal gantikan Coach Naga Api.
arena | 14:00 WIB
Seorang wartawan senior menyebut PBSI sebagai federasi paling benar di Indonesia, ini alasannya.
arena | 07:45 WIB
Latvia membuat kejutan dalam Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia
arena | 10:00 WIB
Tim nasional bulu tangkis Indonesia mulai paceklik prestasi
arena | 15:54 WIB
Apriyani/Fadia kalah dua game langsung atas unggulan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di babak final Kejuaraan Dunia BWF 2023, Minggu (27/8).
arena | 12:11 WIB
Shin Tae-yong diprediksi akan menurunkan para pemain terbaik untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024
arena | 10:00 WIB
Apriyani/Fadia akan menghadapi wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan di final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023.
arena | 10:30 WIB
Ganda putri Apriyani/Fadia berhasil lolos ke final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 usai mengalahkan wakil Korea.
arena | 09:09 WIB
Apriyani/Fadia yang satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa.
arena | 08:04 WIB
Tampilkan lebih banyak