Arena

Mengenal Chico Aura Dwi Wardoyo, Putra Papua Juara Malaysia Masters 2022

Chico Aura Dwi Wardoyo naik daun.

Husna Rahmayunita

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo mengembalikan kok ke pebulu tangkis tunggal putra Singapura Loh Kean Yew saat pertandingan pada babak 16 besar Daihatsu Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022). . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo mengembalikan kok ke pebulu tangkis tunggal putra Singapura Loh Kean Yew saat pertandingan pada babak 16 besar Daihatsu Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022). . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU

Bolatimes.com - Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo tengah menuai sorotan berkat prestasinya menjuara Malaysia Masters 2022. Chico Aura Dwi menjadi atlet Papua pertama yang menjuara ajang BWF Super 500.

Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil memenangkan juara Malaysia Masters 2022 kategori tunggal putra usai mengalahkan lawannya, Ng Ka Long Angus dengan skor 22-20, 21-15 pada pertandingan yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu (10/7/2022).

Berkat kemenangannya di Malaysia Masters 2022, Chico berhasil mencetak sejarah sebagai putra Papua pertama yang raih juara di ajang internasional.

Ia juga sukses raih gelar juara pertamanya di BWF World Tour Super 500. Bahkan, namanya juga menjadi trending topic Twitter usai kemenangannya atas pebulu tangkis asal Hong Kong, Ng Ka Long Angus.

Lantas, siapakah Chico Aura Dwi Wardoyo tersebut?

Profil Chico Aura Dwi Wardoyo

Chico Aura Dwi Wardoyo merupakan pemain bulu tangkis nasional yang lahir di tanah Papua pada tanggal 15 Juni 1998. Chico Aura Dwi Wardoyo memulai kariernya di dunia olahraga bulu tangkis sejak masih kecil.

Pada saat dirinya masih kecil, Chico Aura Dwi Wardoyo bergabung bersama PB Pemda Papua. Saat ini, sekolah tersebut telah berganti nama menjadi PB Cendrawasih.

Pada tahun 2013, Chico Aura Dwi Wardoyo kemudian pindah ke Ibu Kota Jakarta untuk bergabung dengan PB Exist. Dua tahun kemudian, Chico Aura Dwi Wardoyo bergabung dengan pelatnas PBSI dan mulai menoreh berbagai prestasi atas bakat yang dimilikinya.

Salah satu dari banyaknya prestasi yang ditoreh oleh Chico Aura Dwi Wardoyo adalah saat dirinya meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Junior 2016 di Bilbao, Spanyol.

Chico Aura Dwi Wardoyo bermain menjadi pemain tunggal putra. Bakat dan kemampuan yang dimilikinya membuat dirinya digadang-gadang bisa meneruskan catatan membanggakan yang telah diraih oleh seniornya seperti Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, dan lain-lain.

Prestasi Chico Aura Dwi Wardoyo

Di usianya yang masih sangat muda, Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil meraih berbagai macam prestasi yang membagakan Tanah Air. Dilansir dari laman BWF Badminton, saat ini Chico Aura Dwi Wardoyo menduduki ranking 46 dunia untuk kategori tunggal putra.

Berikut sejumlah prestasi yang telah diraih oleh Chico Aura Dwi Wardoyo.

  • Medali Perak Kejuaraan Dunia Junior BWF Tunggal Putra di Spanyol 2016
  • Juara BWF International Challenge Indonesia 2018
  • Runner-Up Juara BWF International Challenge Vietnam 2019
  • Runner-Up Spain Masters 2021

Di tahun 2022 ini, Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil menjuarai ajang Malaysia Masters 2022 yang digelar di Kuala Lumpur usai mengalahkan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus.

Kontributor: Syifa Khoerunnisa

Berita Terkait

Berita Terkini