5 Ganda Putra yang Tempati Peringkat Satu Dunia Paling Lama, Kevin/Marcus Nyaris Lima Tahun

Kevin/Marcus jadi ganda putra yang tempati peringkat satu terlama.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 28 Juni 2022 | 14:00 WIB
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya melakukan serangan kepada pebulu tangkis ganda putra Prancis Christo Popov dan Toma Junior Popov pada babak kualifikasi Daihatsu Indonesia Master 2022 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya melakukan serangan kepada pebulu tangkis ganda putra Prancis Christo Popov dan Toma Junior Popov pada babak kualifikasi Daihatsu Indonesia Master 2022 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Bolatimes.com - Berikut deretan ganda putra yang paling lama nangkring di peringkat satu dunia, di mana Indonesia menyumbang dua pasangan dalam daftar ini.

Sama seperti sektor lainnya di dunia bulu tangkis, sektor ganda putra memiliki persaingan ketat dalam memperebutkan tempat di ranking teratas BWF.

Setiap tahunnya, sektor ini selalu bisa menghadirkan satu nama kejutan yang mampu mencuri perhatian dan digadang-gadang bisa meruntuhkan dominasi pemain-pemain senior.

Baca Juga: Park Hang-seo Singgung Masa Depannya Bersama Timnas Vietnam, Siap Hengkang?

Belum lama ini, ganda putra baru dari Indonesia yakni Bagas Maulana/ Muhammad Shohibul Fikri menjadi kejutan terbaru yang mampu menjuarai ajang sekelas All England 2022.

Pasangan ini sebelumnya datang sebagai pemain non unggulan pada ajang BWF Super 1000 itu, mengingat Bagas/Fikri tak masuk dalam 10 daftar ganda putra terbaik dunia.

Namun keduanya mampu menghancurkan stigma tersebut dan berhasil membawa pulang gelar juara dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang menjuarai All England 2022.

Baca Juga: Dibantai Klub Kamboja di Piala AFC 2022, Pelatih Bali United Ngeles Pemainnya Kelelahan

Karena keberhasilan ini, ranking Bagas/Fikri di BWF kemudian melonjak. Tercatat, pasangan ini naik tujuh peringkat dari peringkat ke-28 ke peringkat 21.

Berbicara soal ranking, Bagas/Fikri mungkin masih jauh untuk bisa menduduki peringkat pertama. Alih-alih duduk di peringkat pertama, perjalanan keduanya masih panjang untuk bisa mengikuti jejak seniornya bertahan lama di posisi pertama dunia.

Setidaknya ada dua senior Bagas/Fikri yang bisa duduk di peringkat pertama dunia dalam kurun waktu cukup lama dan masuk dalam daftar lima ganda putra terlama yang ada di peringkat satu BWF.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Kalah dari Bhayangkara FC, Shin Tae-yong Justru Merasa Senang

Siapa sajakah lima ganda putra tersebut? Berikut daftarnya

5. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Ganda putra Indonesia berjuluk The Daddies ini tercatat sebagai salah satu ganda putra terbaik yang ada dalam sejarah bulu tangkis dunia.

Baca Juga: Kecewa, Thomas Doll Sebut Lapangan Latihan Persija Lebih Cocok untuk Menggembala Sapi

Kehebatan keduanya bahkan membuat Ahsan/Hendra pernah duduk di peringkat pertama dunia versi BWF selama 8 bulan 23 hari.

4. Cai Yun/Fu Haifeng

China juga kerap melahirkan ganda putra hebat di setiap generasinya. Salah satunya adalah Cai Yun/Fu Haifeng. Keduanya mampu menjuarai berbagai ajang seperti BWF Superseries dan BWF Grand Prix.

Karena prestasi keduanya dalam kalender BWF itu, Cai Yun/Fu Haifeng mampu menduduki peringkat pertama dunia 11 bulan 28 hari.

3. Koo Kien Keat/Tan Boon Heong

Malaysia juga tak mau kalah dalam menyumbangkan pasangan apik di sektor ganda putra. Negeri Jiran punya pasangan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong yang pernah duduk di peringkat pertama dunia selama 1 tahun 12 hari.

Pasangan legendaris Malaysia ini merupakan pasangan yang sarat prestasi di ajang-ajang BWF Superseries dan BWF Grand Prix.

2. Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong

Dari Korea Selatan, ada nama ganda putra legendaris yakni Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong yang mampu bertahan di peringkat satu dunia selama 2 tahun 2 bulan dan 26 hari.

Pasangan ini juga kental dengan prestasi, terutama sejak berpasangan pada 2013 silam, dengan menjuarai berbagai ajang yang diikuti.

1. Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon

Pasangan berjuluk The Minions ini bisa dikatakan ganda putra terbaik dunia sepanjang sejarah bulu tangkis. Bagaimana tidak, Kevin/Marcus menduduki peringkat pertama selama 4 tahun 8 bulan 24 hari atau hingga artikel ini dibuat.

Catatan itu menjadi catatan terlama sepanjang sejarah ganda putra di bulu tangkis dunia. Catatan tersebut hadir bukan tanpa alasan.

Meski belum pernah meraih medali emas di Olimpiade, The Minions mampu mencetak deretan rekor seperti menjuarai 8 BWF Superseries dalam satu tahun kalender dan juga ganda putra pertama yang mencapai 100 ribu poin.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak