Arena

5 Fakta Rifda Irfanaluthfi, Atlet Peraih 2 Emas SEA Games yang Viral usai Curhat di Media Sosial

Rifda Irfanaluthfi merasa tak diperhatikan pemerintah. Cedera pun diurus sendiri. Padahal, atlet berjuang untuk nama negara

Irwan Febri Rialdi

Profil Rifda Irfanaluthfi (instagram.com/rifda_irfanaluthfi)
Profil Rifda Irfanaluthfi (instagram.com/rifda_irfanaluthfi)

Bolatimes.com - Atlet senam artistik, Rifda Irfanaluthfi, belum lama ini viral karena curhatannya di media sosial yang menyentil pemerintah Indonesia soal minimnya perhatian terhadap atlet-atlet yang sedang berjuang dalam pertandingan internasional, termasuk dirinya.

Tak hanya itu, Rifda juga ikut menyebut nama Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Instagram story yang diunggah Rifda pada Senin (13/06/2022) lalu tersebut tertulis,

"Yth Pak Jokowi dan Pak Zainudin Amali, mohon tolong diperhatikan lagi penanganan cedera para atletnya. Masak iya saya atlet fokus bertanding cari poin untuk bisa tembus olimpiade tapi saya juga yang jadi therapist = masseur buat diri saya sendiri, saya juga yang beli alatnya. Minimal pak, setiap bertanding event besar atau single event, bawa satu therapist untuk satu cabor. Sekali lagi, mohon diperhatikan lagi ya pak! karena kesehatan merupakan aset yang berharga untuk menunjang keberhasilan atlet juga pak. Kasihan atletnya sudah berusaha maksimal tapi kurang disupport pemerintah dari segi penanganan cedera." tulis Rifda.

Simak profil Rifda Irfanaluthfi berikut. 

1. Biodata

Atlet cantik ini lahir pada tanggal 16 Oktober 1999, yang artinya saat ini ia berusia 23 tahun. Ia aktif sebagai salah satu atlet senam artistik Indonesia yang sering bertanding di kejuaraan nasional maupun internasional. Ia mulai berlatih sebagai atlet senam sejak umur 5 tahun.

2. Masuk tim artistik putri DKI Jakarta

Bukan hanya sebatas bermain solo, Rifda juga aktif dalam salah satu tim senam artistik putri perwakilan provinsi DKI Jakarta. Ia juga sempat bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada 2021 lalu.

Ia bersama 3 orang temannya dalam satu tim tersebut juga berhasil meraih medali emas dalam kategori nomor beregu di PON Papua 2021 lalu.

3. Salah satu atlet senam unggulan

Kiprah Rifda didunia senam artistik juga tidak perlu diragukan. Karirnya sebagai atlet juga sempat membuatnya menorehkan prestasi sebagai pemegang 3 medali emas dan 1 medali perak pada pagelaran PON Jawa Barat 2016 saat dirinya masih berusia 17 tahun. 

Tak hanya itu, Rifda juga menjadi salah satu tim artistik putri Indonesia yang berlaga di Sea Games 2017 lalu. Prestasi gemilangnya kembali diraih dengan perolehan 1 medali perunggu untuk nomor beregu dan 1 medali perunggu di nomor individual pada pagelaran Sea Games 2017. Dalam usia yang sangat muda, Rifda sudah berhasil meraih prestasi sebagai tim inti artistik putri mewakili Indonesia di kancah internasional

4. Fokus di dua jenis cabor senam

Rifda juga menjadi salah satu atlet yang sering dilibatkan dalam nomor beregu dan individual. Ia juga berkiprah sebagai atlet artistik all around serta floor exercise. Kelenturan serta ketangkasannya dalam melakukan gerakan di cabor senam artistik ini membuatnya dapat menorehkan prestasi cemerlang.

5. Sempat alami cedera parah

Rifda juga sempat mengunggah sebuah foto saat dirinya sedang ditangani tim medis dan mengalami cedera parah hingga terjadi retak pada tulang betisnya September 2020 lalu. Hal tersebut sempat membuatnya cemas karena sudah dalam persiapan menghadapi PON 2021.

Dengan segala upaya dan berusaha semaksimal mungkin saat menjalani pertandingan selama PON 2021, Rifda pun akhirnya memeriksakan keadaannya ke dokter dan mendapati bahwa ia mengalami retak di tengah tulang betis atau tibia dan harus menjalani pengobatan yang cukup lama.

(Suara.com/Agatha Vidya)

Berita Terkait

Berita Terkini