5 Fakta Rifda Irfanaluthfi, Atlet Peraih 2 Emas SEA Games yang Viral usai Curhat di Media Sosial

Rifda Irfanaluthfi merasa tak diperhatikan pemerintah. Cedera pun diurus sendiri. Padahal, atlet berjuang untuk nama negara

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 15 Juni 2022 | 14:59 WIB
Profil Rifda Irfanaluthfi (instagram.com/rifda_irfanaluthfi)

Profil Rifda Irfanaluthfi (instagram.com/rifda_irfanaluthfi)

Bolatimes.com - Atlet senam artistik, Rifda Irfanaluthfi, belum lama ini viral karena curhatannya di media sosial yang menyentil pemerintah Indonesia soal minimnya perhatian terhadap atlet-atlet yang sedang berjuang dalam pertandingan internasional, termasuk dirinya.

Tak hanya itu, Rifda juga ikut menyebut nama Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Instagram story yang diunggah Rifda pada Senin (13/06/2022) lalu tersebut tertulis,

Baca Juga: Hasil Indonesia Open 2022: Hajar Wakil Inggris, Pramudya/Yeremia Lolos ke Babak Berikutnya

"Yth Pak Jokowi dan Pak Zainudin Amali, mohon tolong diperhatikan lagi penanganan cedera para atletnya. Masak iya saya atlet fokus bertanding cari poin untuk bisa tembus olimpiade tapi saya juga yang jadi therapist = masseur buat diri saya sendiri, saya juga yang beli alatnya. Minimal pak, setiap bertanding event besar atau single event, bawa satu therapist untuk satu cabor. Sekali lagi, mohon diperhatikan lagi ya pak! karena kesehatan merupakan aset yang berharga untuk menunjang keberhasilan atlet juga pak. Kasihan atletnya sudah berusaha maksimal tapi kurang disupport pemerintah dari segi penanganan cedera." tulis Rifda.

Simak profil Rifda Irfanaluthfi berikut. 

1. Biodata

Baca Juga: Hasil Indonesia Open 2022: Sikat Wakil Skotlandia, Praveen/Melati Melaju ke Babak Kedua

Atlet cantik ini lahir pada tanggal 16 Oktober 1999, yang artinya saat ini ia berusia 23 tahun. Ia aktif sebagai salah satu atlet senam artistik Indonesia yang sering bertanding di kejuaraan nasional maupun internasional. Ia mulai berlatih sebagai atlet senam sejak umur 5 tahun.

2. Masuk tim artistik putri DKI Jakarta

Bukan hanya sebatas bermain solo, Rifda juga aktif dalam salah satu tim senam artistik putri perwakilan provinsi DKI Jakarta. Ia juga sempat bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada 2021 lalu.

Baca Juga: Hasil Indonesia Open 2022: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Tersingkir Dini, Kalah dari Wakil China

Ia bersama 3 orang temannya dalam satu tim tersebut juga berhasil meraih medali emas dalam kategori nomor beregu di PON Papua 2021 lalu.

3. Salah satu atlet senam unggulan

Kiprah Rifda didunia senam artistik juga tidak perlu diragukan. Karirnya sebagai atlet juga sempat membuatnya menorehkan prestasi sebagai pemegang 3 medali emas dan 1 medali perak pada pagelaran PON Jawa Barat 2016 saat dirinya masih berusia 17 tahun. 

Baca Juga: Antar Indonesia ke Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Semua Berjalan Sesuai Rencana

Tak hanya itu, Rifda juga menjadi salah satu tim artistik putri Indonesia yang berlaga di Sea Games 2017 lalu. Prestasi gemilangnya kembali diraih dengan perolehan 1 medali perunggu untuk nomor beregu dan 1 medali perunggu di nomor individual pada pagelaran Sea Games 2017. Dalam usia yang sangat muda, Rifda sudah berhasil meraih prestasi sebagai tim inti artistik putri mewakili Indonesia di kancah internasional

4. Fokus di dua jenis cabor senam

Rifda juga menjadi salah satu atlet yang sering dilibatkan dalam nomor beregu dan individual. Ia juga berkiprah sebagai atlet artistik all around serta floor exercise. Kelenturan serta ketangkasannya dalam melakukan gerakan di cabor senam artistik ini membuatnya dapat menorehkan prestasi cemerlang.

5. Sempat alami cedera parah

Rifda juga sempat mengunggah sebuah foto saat dirinya sedang ditangani tim medis dan mengalami cedera parah hingga terjadi retak pada tulang betisnya September 2020 lalu. Hal tersebut sempat membuatnya cemas karena sudah dalam persiapan menghadapi PON 2021.

Dengan segala upaya dan berusaha semaksimal mungkin saat menjalani pertandingan selama PON 2021, Rifda pun akhirnya memeriksakan keadaannya ke dokter dan mendapati bahwa ia mengalami retak di tengah tulang betis atau tibia dan harus menjalani pengobatan yang cukup lama.

(Suara.com/Agatha Vidya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak