Arena

Anthony Ginting Ungkap Cara Terhindar dari Keracunan Makanan seperti Atlet Malaysia

Para atlet Malaysia mengalami keracunan makanan

Irwan Febri Rialdi

Anthony Sinisuka Ginting saat konferensi pers usai mengalahkan wakil Thailand Kunvalut Vitidsarn dalam ajang Indonesia Open 2022 (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Anthony Sinisuka Ginting saat konferensi pers usai mengalahkan wakil Thailand Kunvalut Vitidsarn dalam ajang Indonesia Open 2022 (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Bolatimes.com - Anthony Ginting mengungkap cara agar tidak keracunan ketika bertanding dalam turnamen.Ia mengaku harus pintar-pintar mengatur asupan makanan.

Seperti diketahui, baru-baru ini atlet asal Malaysia mengalami keracunan makanan. Alhasil, mereka tidak bisa tampil di Indonesia Masters 2022.

Ginting menjelaskan, dari tim pelatih sudah diberitahu untuk menjaga makanan. Meski begitu, disebutkan sebagai atlet tidak boleh juga irit makan karena penting untuk meningkatkan stamina.

"Dari pelatih dan dokter gizi dijaga sebisa mungkin, tapi jangan hemat atau irit soal makan. Faktor makan penting untuk atlet buat badan lebih fit," kata Ginting, Selasa (14/6/2022).

"Coba diatur, amit-amit dapat kejadian kayak teman-teman negara lain pasti tak enak banget," sambungnya.

Lebih lanjut, Ginting tidak pernah berpikir bisa mengalami masalah keracunan. Apalagi saat bermain di Indonesia Masters dan Indonesia Open 2022 di kandang sendiri, yakni di Istora Senayan, Jakarta.

"Ini laga yang dinanti-nanti dan tuan rumah juga. Jangan hal sepele jadi kendala," pungkasnya.

Sebelumnya, PBSI telah melakukan investigasi terkait pebulutangkis Malaysia yang disebut keracunan makanan di sela-sela penyelenggaraan Indonesia Masters 2022 pekan lalu.

Hasil temuan PBSI mendapati mereka mengkonsumsi makanan dari luar hotel.

Untuk mengantisipasi kejadian yang sama terulang, PBSI telah melakukan langkah pencegahan dengan memisah makanan untuk atlet dan tamu hotel.

"Hari itu juga semua layanan makan pagi, siang, dan malam kami pindahkan ke lantai delapan, tidak bergabung dengan tamu lain," ucap Sekjen PBSI, Muhammad Fadil Imran.

"Saya juga memerintahkan untuk meningkatkan pengecekan makanan sesuai SOP. Jadi semua makanan yang disajikan untuk para atlet melalui pemeriksaan."

"Tapi kami juga mengimbau kepada atlet agar selama pertandingan untuk mengkonsumsi makanan yang disediakan hotel," pungkasnya.

(Suara.com/Rully Fauzi)

Berita Terkait

Berita Terkini