Arena

Pengakuan Ade Resky Dwicahyo, Pebulu Tangkis Indonesia yang Pilih Bela Azerbaijan

Ade Resky Dwicahyo merupakan pebulu tangkis kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara.

Rauhanda Riyantama

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Ade Resky Dwicahyo [Humas PBSI]
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Ade Resky Dwicahyo [Humas PBSI]

Bolatimes.com - Pemandangan menarik tersaji di Indonesia Masters 2022. Pebulu tangkis asli Indonesia bernama Ade Resky Dwicahyo tampil membela Azerbaijan di ajang BWF World Tour Super 500 itu. Lalu bagaimana kisahnya?

Melansir SuaraSulsel.Id, Ade Resky Dwicahyo merupakan pebulu tangkis asli Indonesia kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara 14 Mei 1998.

Ade sempat diberikan kesempatan untuk turun di kejuaraan beregu Junior Asia Championship serta Kejuaraan Dunia Bulutangkis di tahun 2016.

Namun, selama berkiprah di Tanah Air, dia tidak begitu cemerlang. Kemudian, dia merasa berat untuk bersaing dan menembus Pelatnas Cipayung.

Akhirnya, pelatih Ade yakni Jeffer menawarkan Ade bergabung ke Timnas Azerbaijan, dan Ade menerima tawaran tersebut lima tahun lalu dan resmi menyandang status kewarganegaraan Negara Api tersebut pada 2018 silam.

“Saat menerima proposal dari Azerbaijan, saya pikir ini adalah peluang besar untuk bisa mewakili dalam kejuaraan dunia dan Olimpiade," tutur Ade situs resmi PBSI pada Juli tahun lalu.

"Saya telah berhasil mewakili federasi Azerbaijan dalam kompetisi internasional selama tiga tahun ini. Aktivitas federasi yang sistematis dan positif adalah salah satu elemen kunci kesuksesan saya pada tahun lalu,” katanya.

Sebelum di Indonesia Masters 2022, Ade sudah malang melintang tampil di kejuaraan bulu tangkis dunia dengan bendera Azerbaijan. Dia bahkan membela negara tersebut di Olimpiade Tokyo.

Beberapa waktu lalu, Ade juga mengungkapkan alasan dia rela menanggalkan status kewarganegaraan Indonesia. Dia mengakui kansnya untuk tampil di ajang internasional akan menipis jika tetap berada di Indonesia yang disi para pebulu tangkis top dunia.

“Seperti Anda ketahui, saya asli Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara terkuat di bulu tangkis,” tuturnya dikutip dari laman Badminton Europe.

“Ketika menerima proposal dari Azerbaijan, saya mempunyai peluang untuk berkarier di level dunia dan tampil di Olimpiade,” lanjut Ade resky.

Di Indonesia Masters 2022, Ade Resky Dwicahyo harus mengawali pertandingan dari babak kualifikasi sektor tunggal putra. Ia pun sukses mengalahkan wakil Indonesia Panji Ahmad Maulana dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-18. 

Berita Terkait

Berita Terkini