Arena

Harga Mengejutkan Mobil Formula E, Ternyata Lebih Murah Ketimbang MotoGP

Harga mobil Formula E ternyata cuma dijual segini

Irwan Febri Rialdi

Balap single seater tenaga listrik, balap Formula E [AFP/Andreas Solaro].
Balap single seater tenaga listrik, balap Formula E [AFP/Andreas Solaro].

Bolatimes.com - Hari yang ditunggu dalam penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 akhirnya tiba, sisi lain yang menarik dikuliti dari ajang ini menyasar pada mobil yang digunakan.

Formula E Jakarta 2022 digelar pada Sabtu (4/6/2022) dilangsungkan di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Timur.

Sebanyak 11 tim dengan 22 pembalap akan memeriahkan seri kesembilan dari ajang Formula E 2022, Stoffel Vandoorne masih memimpin klasemen dengan 111 poin.

Diikuti Edoardo Martara dan Jean-Eric Vergne secara berurutan di belakangnya, lebih dari hal menarik yang perlu diketahui dari mobil Formula E adalah harganya.

Banyak yang membanding harga mobil Formula E dengan mobil Formula 1 atau juga motor di ajang balap MotoGP, lantas berapa harga mobil ini sebenarnya.

Dilansir dari Carscoops, untuk mengetahui harga sebenarnya mobil Formula E bahkan harus dilakukan melalui sebuah acara khusus di tahun 2018.

Mobil Formula E yang dijual saat itu hanya untuk koleksi, memasuki mobil generasi kedua dan kini yang dijual merupakan mobil generasi pertama.

Setiap mobil dipatok dengan harga antara 200 - 289 ribu dolar AS atau sekitar Rp2,9 - 4,2 miliar ini baru setengah harga dari yang dijual empat tahun sebelumnya.

Di mana saat itu terjual dengan harga baru senilai 458 ribu dolar AS aatu sekitar Rp6,6 miliar, nominal ini terbilang masih lebih murah ketimbang harga motor MotoGP.

The Race melaporkan setiap unit motor MotoGP dijual dengan nominal 2 hingga 4 juta euro atau sekitar Rp34,8 miliar hingga Rp69,9 miliar.

Nominal tersebut tentu didasarkan beberapa spesifikasi, termasuk paket mesin, sasis, suspensi hingga perangkat pengereman dan elektronik.

Masing-masing komponen pada motor MotoGP memiliki biaya pembuatan tersendiri, belum penelitian hingga pengembangan guna mencapai performa yang diinginkan.

Sementara itu laman Chase Your Sports menyebut harga satu buah mobil Formula 1 edisi 2021 mencapai 12,2 juta dolar AS atau sekitar Rp177 miliar.

Sebuah perbandingan yang lebih mengejutkan lagi, bagian termahal dan paling mencolok dari perbedaan dengan mobil Formula E terdapat pada mesinnya.

Satu unit mesin mobil Formula 1 dibanderol mencapai 10,5 juta dolar AS atau sekitar Rp152 miliar, tak pelak menjadikan mobil Formula 1 sebagai unit olahraga dengan biaya termahal.

Sementara dapat dikatakan bahwa Formula E merupakan salah satu cabang olahraga balapan dengan biaya termurah jika dibandingkan MotoGP dan Formula 1.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini