Arena

6 Olahraga Teraneh di Dunia, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?

Olahraga aneh ini menjadi salah satu kesenangan di masyarakat tertentu

Irwan Febri Rialdi

Olahraga tinju catur yang populer, salah satunya di London, Inggris. (Dok. Chessboxing)
Olahraga tinju catur yang populer, salah satunya di London, Inggris. (Dok. Chessboxing)

Bolatimes.com - Dunia tak hanya berisi keanehan yang mucnul dan tak mampu diterima akal, olahraga aneh pun ada dan bahkan menjadi salah satu kesenangan masyarakat tertentu.

Hal-hal aneh memang sering dijumpai saat menjalani aktivitas sehari-hari oleh masyarakat di belahan penjuru dunia mana pun, namun beberapa hal di antaranya justru menjadi olahraga.

Banyak olahraga aneh dan bahkan dirasa tak pantas untuk dilakukan, meskipun masyarakat yang berada di daerah tersebut justru senang dalam melakukannya.

Lantas apa saja olahraga aneh ini? berikut deretan olahraga aneh yang ada di dunia dan dijadikan sebagai turnamen tahunan.

1. Tinju Catur

Biasanya catur dilakukan dengan duduk dan berdiam karena hanya mengandalkan kemampuan berpikir otak, namun bagaimana jika disambi dengan bertinju.

Hal inilah yang dikembangkan beberapa negara di dunia, termasuk Jerman, Inggris, India dan Rusia yang memiliki olahraga tinju catur alias chees boxing.

Tinju catur teridri dari enam putaran untuk bermain catur dan 5 untuk bertinju, semuanya tergabung dalam 11 ronde permainan.

2. Hoki Bawah Air

Hoki bawah air bahkan sudah menjadi kebiasaan turun temurun yang dimainkan di dalam air, tepatnya di dalam kolam renang.

Jika biasanya hoki dilakukan di atas es dan rumput, tentu saja berbeda dengan hoki yang dilakukan di dalam bawah air.

Tak pelak selain harus jago bermain hoki, para pemain juga harus menguasai dan handal ketika berenang.

3. Gendong Istri

Wife-carrying menjadi salah satu terpopuler di Finlandia, meskipun terdengar aneh bagi masyarakat di luar negara tersebut.

Namun faktanya memang ada, para pria akan menggendong istri saat melalui rintangan dalam jalur balapan yang sudah ditentukan.

4. Gulat Jempol Kaki

Toe Wrestling, bahkan mendengar namanya saja sudah sangat aneh yakni gulat jempol kaki, siapa yang ingin memainkan permainan ini?

Nyatanya masyarakat Inggris tahun 1974 sangat menggemari olahraga ini, digelar tiga babak dan para pemain hanya harus adu jempol terkuat.

5. Blind Football

Sepak bola menjadi olahraga favorit masyarakat dunia, namun bagaimana jadinya jika permainan ini dilakukan dengan menutup mata.

Meski begitu, sepak bola buta memang digelar untuk orang-orang dengan kekurangan dalam hal penglihatan.

Saking populernya, sepak bola ini memiliki organisasi sendiri dengan nama International Blind Sports Association (IBSA).

6. Merobohkan Tiang

Disebut dengan Bo-taoshi, olahraga merobohkan tiang sangat populer bagi masyarakat Jepang karena memilik keunikan tersendiri di dalamnya.

Olahraga ini membutuhkan setidaknya 75 orang dalam setiap timnya untuk penyerangan dan 75 orang lain untuk pertahanan.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini