Arena

Profil Hernanda Zulfi, Monster Blocker Timnas Voli Indonesia yang Diincar Klub Vietnam

Hernanda Zulfi dilirik klub Vietnam usai SEA Games 2021.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Voli Indonesia Hernanda Zulfi. (Instagram/@hernandasulfi13)
Pemain Timnas Voli Indonesia Hernanda Zulfi. (Instagram/@hernandasulfi13)

Bolatimes.com - Atlet Timnas Voli Indonesia, Hernanda Zulfi, langsung mendapat tawaran dari klub Vietnam seusai berhasil merebut medali emas di ajang bola voli putra SEA Games 2021.

Tawaran yang datang dari klub voli asal Vietnam itu menghampiri Hernanda Zulfi selepas penampilan apiknya bersama timnas Indonesia di SEA Games 2021.

Kabar ini pertama kali muncul dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Lifco Photograph. Saat berbincang dengan sang juru kamera, Hernanda mengkonfirmasi kabar tersebut.

Hernanda mengatakan, dia sudah didekati tim voli asal Vietnam. Kedua belah pihak juga sudah sama-sama sepakat untuk bekerja sama, hanya tingga; meneken kontrak saja.

“Ini guys, Bang Hernanda. Semalam langsung mendapat undangan job. Tapi sudah fix, Mas?” tanya seseorang yang merekam video tersebut.

“Insya Allah sudah. Tinggal tanda tangan,” jawab Hernanda dengan singkat sembari tersenyum malu.

Hernanda Zulfi memang menjadi salah satu kunci pertahanan Indonesia di SEA Games 2021. Pemain yang berposisi sebagai middle blocker ini cukup piawai menahan laju serangan lawan.

Profil Hernanda Zulfi

Hernanda Zulfi merupakan atlet voli putra yang cukup memiliki nama tenar di Indonesia. Dia lahir pada 27 Januari 1997. Atlet berusia 25 tahun ini tengah memasuki masa-masa keemasannya.

Kiprahnya di level profesional dimulai bersama klub Batam Sindo BVN yang berkompetisi di ajang Proliga pada musim 2017.

Sejak saat itu, pemain yang dijuluki Monster Block ini namanya mulai melejit, terutama ketika memperkuat Jakarta Pertamina Energi pada 2018-2020.

Saat Proliga absen karena pandemi Covid-19 di musim 2021, Hernanda Zulfi sebetulnya sudah memiliki pelabuhan baru ketika direkrut Bogor LavAni.

Namun, akhirnya ia kembali memperkuat Jakarta Pertamina Pertamax ketika ajang Proliga kembali diselenggarakan pada tahun 2022.

Di level tim nasional Hernanda Zulfi sudah memperkuat tim Merah Putih sejak mencatatkan debut di SEA Games 2017. Sejak saat itu, dia selalu menjadi langganan timnas voli Indonesia.

Sayangnya, pada SEA Games 2017, Hernanda Zulfi dan kawan-kawan gagal mempersembahkan medali emas.  Baru pada SEA Games edisi 2019 yang berlangsung di Filipina, Hernanda berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia.

Medali ini kembali diraih oleh timnas voli putra Indonesia saat tampil di SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam.

Dengan postur tubuh yang mencapai 197 cm, atlet berusia 25 tahun ini memang sangat ideal untuk bermain di posisi middle blocker. Dia kerap kali menyumbang poin untuk timnya, baik ketika melakukan block maupun saat melancarkan spike yang keras.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Berita Terkait

Berita Terkini