Arena

Jokowi Janjikan Bonus Buat Atlet Berprestasi di SEA Games 2021, Segini Nilainya

Pemerintah akan kucurkan bonus usai buat atlet berprestasi di SEA Games 2021.

Rauhanda Riyantama

Kontingen Indonesia di SEA Games 2021. (AFP)
Kontingen Indonesia di SEA Games 2021. (AFP)

Bolatimes.com - Presiden Joko Widodo berjanji memberikan bonus buat atlet berprestasi di SEA Games 2021 Vietnam. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam acara live 'Sapa Indonesia Pagi/ Kompas TV dengan tema: Catatan Prestasi Indonesia di SEA Games 2022, Selasa (24/5/2022).

Menpora Amali menjelaskan, apresiasi berupa bonus kepada atlet dan pelatih di ajang multi even olahraga seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade sudah diatur dalam regulasi.

“Karena ini multi event yang ada di dalam aturan dan regulasi kita. Insya Allah bapak presiden pak Joko Widodo akan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para atlet dan para pelatih," ujar Zainudin Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora, Selasa (24/5/2022).

"Sama dengan SEA Games, Asian Games dan Olimpiade yang lalu, karena ini multi event jadi sudah ada aturan yang mengatur itu Insya Allah tinggal tunggu waktunya aja,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali mengaku bersukur karena Indonesia berhasil menempati posisi tiga besar dengan meraih 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Hasil ini membuat Indonesia berada di bawah Vietnam dan Thailand yang berhasil bertengger di urutan pertama dan kedua.

Menpora Amali mengatakan hasil ini tidak terlepas dari penerapan paradigma baru olahraga melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 86 tahun 2021 dan juga pengiriman atlet yang ketat melalui seleksi dari tim review yang terdiri dari para akademisi, praktisi, KOI dan KONI.

Dalam DBON tersebut, target utamanya adalah perbaikan peringkat Olimpiade sementara SEA Games dan Asian Games sebagai sasaran antara.

Berdasarkan DBON, Indonesia hanya mengirimkan atlet sebanyak 499 atlet pada SEA Games 2021 Vietnam, jumlah ini lebih sedikit dari atlet yang dikirim pada SEA Games 2019 Filipina yang berjumlha 841 atlet.

Keputusan itu sempat menuai kritik sebelum akhirnya terbukti efektif setelah kontingen Indonesia melampaui target posisi empat besar di SEA Games 2021.

“Kita hanya mengirim yang benar-benar lolos dari tim review,” kata Amali.

(Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini