Arena

Ranking Timnas Futsal Indonesia Melejit Tinggi usai Raih Perak di SEA Games 2021

Intip ranking terbaru Timnas utsal Indonesia usai SEA Games 2021

Irwan Febri Rialdi

Timnas futsal Indonesia saat berlaga di Piala Futsal AFF 2022 di Bangkok, Thailand. (ANTARA/HO/AFF-FAT)
Timnas futsal Indonesia saat berlaga di Piala Futsal AFF 2022 di Bangkok, Thailand. (ANTARA/HO/AFF-FAT)

Bolatimes.com - Peringkat timnas futsal Indonesia mengalami peningkatan pesat setelah berhasil menyabet medali perak di SEA Games 2021.

Awalnya, timnas futsal Indonesia menduduki peringkat 48 dunia di dalam daftar Futsal World Ranking. Setelah meraih medali perak di SEA Games 2021, posisi itu melejit sembilan tingkat.

Saat dipantau pada Selasa (24/5/2022), kini peringkat timnas futsal Indonesia berada di urutan ke-39 dunia setelah menjadi runner-up di SEA Games 2021.

Kenaikan ini cukup drastis mengingat sebelumnya tim asuhan Mohammad Hashemzadeh itu juga berhasil menjadi runner-up di ajang Piala AFF Futsal 2022.

Dari kedua kejuaraan itu, timnas futsal Indonesia mendapatkan total 1096 poin dan berhak naik sembilan tingkat dari level sebelumnya.

Apabila peringkat itu dikerucutkan kembali di level Asia, maka timnas futsal Indonesia yang sebelumnya berada di peringkat ke-10 naik tiga tingkat ke posisi 7.

Peningkatan itu membawa skuad Merah Putih menggeser sejumlah negara lainnya di kawasan Asia seperti Vietnam, Lebanon, dan Republik Kirgistan.

Sejauh ini, Vietnam yang juga menjadi kompetitor timnas futsal Indonesia di kawasan Asia Tenggara duduk di peringkat ke-8 Asia dengan koleksi 1084 poin.

Dengan demikian, timnas futsal Indonesia saat ini menjadi salah satu kontestan yang paling diperhitungkan di ASEAN.

Pasalnya, Indonesia yang masuk ke jajaran tiga besar ASEAN hanya kalah dari Thailand dan Australia di peringkat tersebut. 

Sampai saat ini, Thailand yang berstatus sebagai raja futsal di Asia Tenggara masih kokoh di peringkat puncak ASEAN.

Peraih medali emas serta juara Piala AFF Futsal 2022 itu sukses mengoleksi 1293 poin, sedangkan Australia berada di bawahnya dengan koleksi 1119 poin.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini