Arena

Jelang Bentrok di Final Piala Thomas 2022, Ini Rekor Pertemuan Indonesia vs India

Indonesia akan menghadapi Indian di final Piala Thomas 2022, Minggu (15/5).

Rauhanda Riyantama

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjajal lapangan Impact Arena, Bangkok, Jumat (6/5/2022) jelang membela tim bulu tangkis Indonesia di ajang Piala Thomas dan Uber 2022 pada 8-15 Mei mendatang. [PBSI]
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjajal lapangan Impact Arena, Bangkok, Jumat (6/5/2022) jelang membela tim bulu tangkis Indonesia di ajang Piala Thomas dan Uber 2022 pada 8-15 Mei mendatang. [PBSI]

Bolatimes.com - Melihat kembali rekor pertemuan Indonesia vs India jelang duel di final Piala Thomas 2022, Minggu (15/5).

Indonesia berkesempatan mempertahankan gelar Piala Thomas yang mereka rengkuh pada 2020 nanti saat berhadapan dengan India di final edisi 2022.

Tim Merah Putih memastikan lolos ke final Piala Thomas 2022 usai mengandaskan perlawanan Jepang secara alot dengan skor 3-2.

Adapun tiga wakil yang membawa Indonesia melangkah ke final Piala Thomas 2022 saat mengandaskan Jepang yakni Anthony Sinisuka Ginting, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Sedangkan dua wakil Indonesia lainnya yakni Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal menundukkan lawan-lawannya di semifinal.

Kepastian Indonesia melangkah ke final Piala Thomas 2022 nyatanya didahului oleh India yang secara mengejutkan mampu menumbangkan kandidat juara, Denmark, di semifinal.

India yang untuk pertama kalinya menembus final Piala Thomas, berhasil mengalahkan Denmark dengan skor 3-2 di semifinal.

Kemenangan India ditentukan oleh tiga jagoannya, yakni Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Srikanth Kidambi, dan Prannoy H.S Kumar.

Berkat hasil-hasil tersebut, Indonesia dan India kini akan saling berhadapan di final Piala Thomas 2022, yang bakal diselenggarakan di Impact Arena, Minggu (15/5) dimulai pukul 15.00 WIB.

Jelang duel ini, banyak yang mencari bagaimana rekor tim bulu tangkis Indonesia kala melawan tim bulu tangkis India.

Sepanjang sejarah kedua tim, ternyata tim bulu tangkis putra Indonesia dan India hanya pernah bertemu dua kali saja di Piala Thomas.

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo tampil di Piala Thomas 2022. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]
Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo tampil di Piala Thomas 2022. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Indonesia Sapu Bersih

Tim bulu tangkis putra Indonesia dan India tercatat hanya bertemu dua kali saja sepanjang gelaran Piala Thomas, yakni di edisi 2010 dan edisi 2016.

Dalam dua edisi itu, pertemuan kedua negara dilakukan di fase grup, di mana Indonesia berhasil menyapu bersih pertemuannya dengan India dengan kemenangan.

Di pertemuan pertama yakni pada Piala Thomas 2010, Indonesia berhasil menang 4-1 atas India di pertandingan kedua babak grup D.

Saat itu, Indonesia meraih poin lewat Taufik Hidayat, Markis Kido/Hendra Setiawan, Hendra Aprida Gunawan/Alvent Yulianto, dan Simon Santoso.

Sedangkan satu-satunya poin yang didapat India pada pertemuan pertama kedua negara itu didapatkan oleh Arvind Bhat di game ketiga melawan Sony Dwi Kuncoro.

Berlanjut ke Piala Thomas 2016, Indonesia lagi-lagi berhasil meraih kemenangan atas India di babak grup. Di pertemuan ini, tim Merah Putih berhasil menyapu bersih lima game yang ada.

Saat itu, Indonesia menyapu bersih lima game yang ada lewat Jonatan Christie, Angga Pratama/Ricky Karanda, Anthony SInisuka Ginting, Marcus Fernaldi/Hendra Setiawan, dan Ihsan Maulana.

Dari pertemuan terakhir di Piala Thomas 2016 itu, beberapa nama dari Indonesia dan India akan kembali bertemu di final Piala Thomas 2020. Sebut saja Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Satwiksairaj Rankireddy.

Alhasil, mampukah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting mengulangi kemenangan di Piala Thomas 2016 dan membawa Indonesia mempertahankan gelar di final Piala Thomas 2022 kontra India?

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini