Arena

Tim Suzuki Resmi Pamitan dari MotoGP

Suzuki tak lagi berpartisipasi di ajang MotoGP.

Rauhanda Riyantama

Rider andalan Suzuki Ecstar tampil dalam MotoGP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB. [JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP]
Rider andalan Suzuki Ecstar tampil dalam MotoGP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB. [JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP]

Bolatimes.com - Suzuki Motor Corporation resmi mengumumkan tak lagi berkiprah di ajang balap motor paling bergengsi di dunia, yakni MotoGP.

Dalam keterangan resmi perusahaan, Suzuki menjelaskan, situasi ekonomi dan kebutuhan untuk fokus pada perubahan besar memaksa perusahaan untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami," tulis Suzuki dikutip dari laman Suzuki Global yang disitat Jumat (13/5/2022).

Sebelumnya Chief Executive Officer Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan bahwa perpisahan tim balap Suzuki dari MotoGP hanya tinggal menunggu waktu. Menurutnya tidak ada solusi yang lebih baik agar Suzuki bertahan di MotoGP.

"Tidak, saya pikir tidak ada solusi. Juga bukan kepentingan kami untuk memaksa siapa pun untuk melanjutkan jika mereka tidak mau. Kami memiliki banyak permintaan untuk dapat mengisi posisi mereka. Dan apa yang harus kami lakukan sekarang adalah bekerja dengan tenang," kata Carmelo Ezpeleta dikutip dari Marca pekan ini.

Pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sports dikabarkan memiliki dua pilihan tim untuk menggantikan Suzuki. Keduanya yaitu Leopard Racing dan GasGas.

Dorna sendiri menegaskan prioritas untuk menggantikan posisi Suzuki adalah Aprillia, Ducati, Honda, KTM, dan Yamaha. Jika fokus utama dengan mencari pabrikan baru, GasGas bisa menjadi pilihan ideal.

Berita Terkait

Berita Terkini