Arena

Profil Syabda Perkasa Belawa, Debutan yang Jadi Pahlawan Indonesia di Thomas Cup 2022

Syabda Perkasa Belawa menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Korea Selatan

Irwan Febri Rialdi

Ekspresi dari pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Syabda Perkasa Belawa usai mengalahkan pebulu tangkis tunggal putra Korea Selatan Yun Gyu Lee dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ekspresi dari pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Syabda Perkasa Belawa usai mengalahkan pebulu tangkis tunggal putra Korea Selatan Yun Gyu Lee dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Bolatimes.com - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Syabda Perkasa Belawa, mengukir debut yang mengagumkan setelah menjadi pahlawan kemenangan atas Korea Selatan pada ajang Thomas Cup 2022.

Pasalnya, Syabda Perkasa Belawa yang dipasang pada laga kelima sukses menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Korea Selatan dan membuat timnya menjadi juara Grup A Piala Thomas 2021.

Bermain sebagai tunggal ketiga, Syabda sukses menundukkan perlawanan Lee Yun Gyu dengan skor 21-14, 12-21, dan 21-16.

Dengan hasil ini, Syabda sukses memastikan keunggulan Indonesia dengan kedudukan 3-2 atas Korea Selatan dan melaju ke babak selanjutnya sebagai jawara Grup A.

Catatan yang diraih Syabda itu menuai pujian dari berbagai pihak mengingat pertandingan kali ini sekaligus menjadi debutnya di ajang Thomas Cup 2021.

Profil Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa merupakan pebulu tangkis kelahiran Jakarta, 25 Agustus 2001, yang sudah menimba ilmu sejak usia muda bersama klub PB Djarum.

Sejak bergabung pada 2013, Syabda sudah membukukan berbagai prestasi bersama klub bulu tangkis asal Kudus, Jawa Tengah, itu.

Beberapa catatan yang diukir oleh Syabda ialah menjuarai ajang Jakarta Junior International Series 2019 pada nomor tunggal putra U-19.

Selain itu, ia juga menjadi anggota tim Indonesia di ajang beregu junior di ajang Piala Suhandinata 2019 dan BWF World Junior Mixed Team Championship 2019.

Bahkan, ia juga sukses membawa pulang medali perak di nomor tunggal dan beregu putra pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang lalu.

Saat ini, pebulu tangkis berusia 20 tahun itu menjadi salah satu pemain termuda yang dibawa oleh tim Thomas Cup selain Tegar Sulistyo.

Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh Syabda adalah pukulan dropshotnya yang mematikan. Pasalnya, kemampuannya di level junior sudah tak diragukan lagi.

Sampai saat ini, pebulu tangkis binaan PB Djarum itu menempati ranking 636 dunia versi Badminton World Federation (BWF).

Biodata Syabda Perkasa Belawa

Nama Lengkap: Syabda Perkasa Belawa

Tempat/tanggal lahir: Jakarta, 25 Agustus 2001

Pegangan tangan: Kanan

Tinggi badan: 170 cm

Peringkat dunia: 636 BWF

Klub: PB Djarum

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini