Arena

Profil Bilqis Prasista, Anak Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Bungkam Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022

Bilqis Prasista membuat kejutan di Uber Cup 2022.

Husna Rahmayunita

Potret tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista (Instagram/@badminton.ina)
Potret tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista (Instagram/@badminton.ina)

Bolatimes.com - Mengenal Bilqis Prasista, pebulu tangkis muda Indonesia yang membuat kejutan di Uber Cup 2022 dengan mengalahkan Akane Yamaguchi. Berikut profil Bilqis Prasista.

Perhelatan Uber Cup kerap menghadirkan beragam kejutan. Di tahun 2022 ini, kejutan hadir dari kubu Indonesia, di mana Bilqis Prasista mampu mengalahkan wakil Jepang, Akane Yamaguchi.

Bilqis Prasista yang baru berusia 18 tahun itu, turun sebagai pemain pertama saat Indonesia berhadapan dengan Jepang di grup A, Rabu (11/5).

Tampil sebagai pebulu tangkis pertama di kompetisi beregu ini, Bilqis yang ada di ranking 333 dunia mampu tampil apik melawan Akane Yamaguchi yang berstatus peringkat 1 dunia.

Di set-set awal, Bilqis mampu unggul 4-0 sebelum Akane menyamakan kedudukan menjadi 6-6. Di interval set pertama, wakil Jepang itu unggul 11-9 atas wakil Indonesia.

Pasca interval, tempo permainan meningkat di antara dua pebulu tangkis ini, sebelum akhirnya Bilqis menutup set pertama dengan 21-19.

Di set kedua, Akane berhasil memojokkan Bilqis hingga unggul 8-2 dan menutup interval set kedua dengan skor 11-6.

Pebulu tangkis tunggal putri Bilqis Prasista di babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022. (Antara/M. Risyal Hidayat)
Pebulu tangkis tunggal putri Bilqis Prasista di babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022. (Antara/M. Risyal Hidayat)

Namun pasca interval, Bilqis kembali tanpa gas dan sempat berbalik unggul sebelum menutup game kedua dengan skor 21-19.

Kemenangan Bilqis dua set langsung atas Akane pun membuat banyak orang berdecak kagum. Tak terkecuali BWF selaku federasi bulu tangkis dunia.

Lantas, siapakah sosok Bilqis Prasista itu? Berikut profilnya.

Anak Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Bilqis Prasista merupakan pebulu tangkis putri kelahiran Magelang, 24 Mei 2003. Ia merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Joko Supriyanto sendiri merupakan pebulu tangkis tunggal putra era 90 an yang punya rekam jejak mentereng, yakni menjadi juara dunia di tahun 1993.

Sedangkan Zelin Resiana, atau sang ibu, merupakan pebulu tangkis putri yang mampu membawa Indonesia meraih gelar juara Uber Cup pada 1994 dan 1996.

Dari kedua orang tuanya tersebut, Bilqis pun menekuni dunia bulu tangkis bersama saudara kembarnya, Bilqis Pratista yang kemudian sama-sama masuk ke PB Djarum 2018.

Namun Bilqis Prasista yang terlebih dulu masuk ke pelatnas pada 2020 lalu usai berhasil menarik atensi dari para tim pelatih PBSI.

Rekam jejak Bilqis yang mampu menarik perhatian para pelatih PBSI adalah dengan menjuarai beragam event bergengsi di kelas junior.

Tercatat, Bilqis pernah menjuarai Junior International Series U17 pada 2019 lalu, Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019, dan juara di Bangladesh Junior International Series 2021.

Tak cukup sampai di situ, Bilqis juga pernah menjadi Runner Up pada ajang Denmark Junior dan juga menjadi bagian tim Indonesia saat menjuarai BATC pada Februari 2022 lalu.

Di Uber Cup tahun ini, Bilqis menjadi salah satu andalan Indonesia. Dalam tiga partai yang ia ikuti, ia selalu menyumbangkan angka bagi tim Merah Putih.

Dengan kiprahnya tersebut, Bilqis diharapkan bisa mengikuti jejak sang ibu dan membawa Indonesia kembali meraih gelar juara di Uber Cup 2022.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini