Arena

Legenda Malaysia Optimis Negaranya Bisa Saingi Indonesia di Piala Thomas 2022

Legenda Malaysia pede bisa mengalahkan Indonesia.

Husna Rahmayunita

Pebulutangkis Lee Zii Jia menjadi salah satu yang diikutsertakan Malaysia pada SEA Games 2019. [AFP/Wang Zhao]
Pebulutangkis Lee Zii Jia menjadi salah satu yang diikutsertakan Malaysia pada SEA Games 2019. [AFP/Wang Zhao]

Bolatimes.com - Piala Thomas 2022 akan dimulai pada 8 Mei mendatang. Legenda bulu tangkis Malaysia Razif Sidek optimis negaranya bisa menyaingi Indonesia.

Tim Thomas Indonesia menyandang gelar sebagai juara bertahan dan menjadi tim yang cukup disegani oleh rival. Pada tunamen kali ini, Indonesia tak bersua Malaysia di babak penyisihan grup.

Indonesia tergabung dalam Grup A Piala Thomas bersama Korea Selatan, Thailand dan Singapura. Sementara Malaysia berada di Grup D bersama Jepang, Inggris dan Selandia Baru. Adapun gelaran Piala Thomas-Uber 2022 akan dihelat di Bangkok, Thailand.

Jelang turnamen, Razif Sidek percaya diri negaranya bisa menjuarai Piala Thomas 2022. Berkaca dengan hasil Kejuaraan Asia 2022 lalu.

Di mana Malaysia sukses menyabet medali emas dari sektor tunggal putra lewat Lee Zii Jia, dan menjadi runner-up ganda putra melalui pasangan Aaron Chi/Soh Wooi Yik. Sedangkan Nur Izzuddin Rumsani/Goh Sze Fei menjadi semifinalis.

"Pujian kepada Zii Jia, Aaron/Wooi Yik dan Sze Fei/Izzuddin karena mendapat podium. Mereka baru saja membuktikan bahwa mereka adalah salah satu pemain terbaik di benua ini, dan itu adalah pencapaian besar,” kata Razif disaudr dari New Strait Times, Kamis (5/5/2022).

"Mudah-mudahan, mereka bisa membawa momentum yang sama ke Piala Thomas. Saya yakin hasil ini akan memberikan kepercayaan diri pada mereka selama kompetisi," imbuhnya.

Menurutnya, kompetisi beregu menimbulkan tantangan dan suasana yang sama sekali berbeda. Tim benar-benar harus bersatu untuk memenangkan Piala Thomas kali ini.

Dengan adanya Lee Zii Jia dan tiga pasangan tangguh dari ganda putra, termasuk Ong Yew Sin/Teo Eee Yi, Malaysia merasa bisa menyaingi sang juara bertahan Indonesia.

"Tidak banyak tim yang membanggakan tiga pasangan kuat, selain Indonesia. Kami pasti bisa mengandalkan kekuatan ganda putra kita kali ini. Kalau mau bagus, kami harus mendapat dua poin dari sektor ganda," kata Razif.

Ganda putra Malaysia terbilang kurang moncer dibanding Indonesia. Terakhir, pasangan Aaron/Wooi Yik dikalahkan oleh ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan di final Kejuaraan Asia.

Namun Razif merasa hal itu bukan masalah besar. Ia optimis sebenarnya wakil Malaysia bisa saja menang.

"Aaron/Wooi Yik tidak seburuk itu. Mereka hanya tidak percaya bahwa mereka telah menyia-nyiakan game pertama, yang membuat mereka kalah dan tidak pulih darinya,"

"Ini bisa diperbaiki. Rexy Mainaky (direktur pelatih BAM) memiliki pengalaman untuk membantu mereka bangkit kembali untuk Piala Thomas," pungkasnya.

Razif Sidek sendiri merupakan kapten tim Thomas Malaysia saat berhasil menjuarai Piala Thomas pada 1992 silam.

Berita Terkait

Berita Terkini