Arena

Update Ranking BWF usai Kejuaraan Asia 2022, Putri KW Meroket

Ranking BWF terbaru selepas Kejuaraan Asia 2022.

Husna Rahmayunita

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani saat menghadapi wakil Jerman, Ann-Kathrin Spori dalam laga perdana Grup A Piala Uber 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (9/10/2021). [BWF/Badminton Photo].
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani saat menghadapi wakil Jerman, Ann-Kathrin Spori dalam laga perdana Grup A Piala Uber 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (9/10/2021). [BWF/Badminton Photo].

Bolatimes.com - Berikut ranking BWF atau federasi bulu tangkis dunia usai dihelatnya ajang Badminton Asia Championship 2022 yang berlangsung di Filipina.

Belum lama ini, pebulu tangkis asal Asia telah menyelesaikan kejuaraan bergengsi Badminton Asia Championship 2022 yang berlangsung sejak 26 April lalu hingga 1 Mei 2022.

Dalam turnamen bergengsi ini, beberapa pemenang dari beberapa sektor telah ditemukan, di mana untuk tunggal putra, pebulu tangkis asal Malaysia, Lee Zii Jia, mampu keluar sebagai juara.

Di final, Lee Zii Jia mampu mengalahkan pebulu tangkis andalan Indonesia yakni Jonatan Christie dua set langsung dengan skor 21-17, 23-21.

Untuk sektor putra, wakil Indonesia yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan mampu menang atas wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 23-21, 21-10.

Sedangkan di sektor lainnya seperti ganda putri, ganda campuran dan tunggal putri, seluruhnya dimenangkan oleh wakil China.

Untuk ganda putri, ada Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang keluar sebagai pemenang. Di sektor ganda campuran, ada Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang keluar sebagai juara.

Sedangkan untuk tunggal putri, ada nama Wang Zhi Yi yang berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan Akane Yamaguchi.

Usai berakhirnya gelaran Badminton Asia Championship 2022, kini terdapat perubahan di sektor ranking versi BWF.

Lantas, di posisi manakah para wakil-wakil Indonesia usai ajang ini? Berikut rangkumannya.

Putri KW Naik Tingkat secara Drastis

Sebagai informasi, Badminton Asia Championship merupakan salah satu turnamen BWF bergengsi, di mana ajang ini masuk turnamen Super 1000.

Sehingga, keberhasilan menjadi juara di ajang ini jelas akan meningkatkan ranking dari para partisipan yang berlaga di ajang ini.

Keberhasilan Pramudya/Yeremia menjadi juara pasca mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik otomatis membuat mereka naik lima peringkat di BWF.

Kini, Pramudya/Yeremia duduk di peringkat ke-17, menggeser kompatriot mereka sendiri yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Ini merupakan peringkat tertinggi bagi Pramudya/Yeremia, yang sebelumnya selalu berada di ranking 20 ke atas.

Tak hanya Pramudya/Yeremia yang naik tingkat, dari sektor tunggal putra yakni Chico Aura Dwi Wardoyo juga naik tingkat usai meraih medali perunggu.

Berkat medali perunggu itu, Chico Aura Dwi Wardoyo naik delapan tingkat dan duduk di posisi ke-44 versi BWF.

Jonatan Christie yang duduk di peringkat ke-8 BWF pun masih tertahan, meski mampu meraih medali perak di ajang ini.

Sedangkan di sektor tunggal putri, Putri KW mendapati dirinya naik peringkat sangat drastis, di mana ia naik 11 tingkat kendati langkahnya terhenti di babak 16 besar.

Kampiun Orlean Masters 2022 itu berhasil naik ke peringkat 50 dunia versi BWF usai melangkah cukup jauh di Badminton Asia Championship 2022.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini