Arena

Profil Rivan Nurmulki, Pemain Liga Jepang yang Jadi Andalan Indonesia di SEA Games 2021

Rivan Nurmulki akan menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2021

Irwan Febri Rialdi

Pevoli putra Indonesia, Rivan Nurmulki (kiri) yang saat ini berseragam klub Liga Jepang, Nagano Tridents. [Instagram/@rivannurmulki]
Pevoli putra Indonesia, Rivan Nurmulki (kiri) yang saat ini berseragam klub Liga Jepang, Nagano Tridents. [Instagram/@rivannurmulki]

Bolatimes.com - Rivan Nurmulki menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Voli Putra Indonesia di SEA Games 202Rivan masuk ke dalam daftar 14 pemain yang dipanggil oleh Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PB PBVSI) yang punya misi untuk mempertahankan medali emas di SEA Games.

Pada edisi sebelumnya di Filipina, skuad Merah Putih menjadi yang terbaik setelah mengalahkan tuan rumah Filipina dengan skor 3-0 (25-21, 27-25, 25-17).

Dari daftar nama yang dipanggil PBVSI, beberapa di antaranya adalah wajah lama yang pernah masuk tim nasional (timnas dan mempersembahkan medali emas pada kejuaraan SEA Games 2019.

Selain Rivan Nurmulki, Dio Zulfikri, Doni Haryono, Fahreza Rakha Abhinaya, Dimas Saputra, Nizar Zulfikar, Rendy Febriant Tamamilang, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra.

Lantas, siapa sebetulnya Rivan Nurmulki ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Rivan Nurmulki

Rivan Nurmulki lahir di Jambi dari pasangan Nasrin dan Ika Nuryati pada 16 Juli 1995. Dia sebetulnya tidak tertarik pada olahraga bola voli awalnya.

Namun, tinggi badannya yang menjulang saat SMA membuatnya mulai mencoba bermain voli. Dia mulai ikut berbagai turnamen voli di daerahnya di Bangko, Merangin, Jambi.

Rivan kemudian bermain di ajang Kapolda Cup Jambi yang membuat bakatnya dipantau oleh pemadu baat Surabaya Samator. Mereka pun tertarik merekrut Rivan.

Meski harus pergi jauh dari kampung halamannya, Rivan Nurmulki lantas memantapkan pilihannya untuk hijrah ke Sidoarjo, markas Surabaya Samator.

Rivan yang berstatus sebagai pemain baru atau rookie, mampu mencuri perhatian publik bola voli Tanah Air saat itu.

Bersama Surabaya Samator, Rivan meraih berbagai prestasi individu dan kolektif. Mulai dari pemain terbaik Proliga hingga empat kali menyabet gelar juara Proliga.

Setelah lebih dari 7 tahun membela Surabaya Samator, Rivan Nurmulki memutuskan berkarier ke luar negeri dengan bergabung bersama tim voli asal Thailand, Nakhon Ratchasima The Mall.

Di Liga Voli Thailand, Rivan Nurmulki sukses mempersembahkan satu gelar juara buat Nakhon Ratchasima.

Hanya satu tahun di Thailand, Rivan melanjutkan kariernya ke Jepang untuk bergabung bersama VC Nagano Tridents. Dia meningkat kontrak selama dua musim.

Di level tim nasional, Rivan Nurmulki mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2015, lalu medali perak di edisi 2017, dan medali emas di SEA Games 2019.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini