Arena

6 Fakta Menarik Farhan Halim, Bintang Timnas Voli Putra Indonesia Jelang SEA Games 2021

Farhan Halim muncul jadi bintang baru Timnas Voli Putra Indonesia.

Rauhanda Riyantama

Pevoli Putra Indonesia, Farhan Halim. (Instagram/ieufarhan)
Pevoli Putra Indonesia, Farhan Halim. (Instagram/ieufarhan)

Bolatimes.com - Mengintip enam fakta menarik tentang Farhan Halim, bintang Timnas Voli Putra Indonesia yang akan berpartisipasi di SEA Games 2021 di Vietnam mendatang.

Timnas Voli Putra Indonesia menjadi salah satu kontingen yang diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei mendatang.

Hal ini dipastikan usai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memutuskan 31 cabang olahraga yang akan berangkat di ajang dua tahunan tersebut.

Timnas Voli Putra Indonesia sendiri punya catatan mentereng di pesta olahraga terakbar se Asia Tenggara itu, di mana mereka berhasil menyabet medali emas pada SEA Games 2019 di Filipina.

Dengan misi meraih target yang sama dengan edisi sebelumnya, PP PBVSI pun menunjuk pemain-pemain pilihan dan juga pelatih mumpuni.

PP PBVSI diketahui menunjuk pelatih asal China, Jeff ‘Jiang Jie sebagai juru taktik untuk gelaran SEA Games 2021 di Vietnam.

Selain itu, PP PBVSI memanggil 14 atlet terbaiknya untuk menjalani pelatnas sebelum berangkat ke SEA Games 2021 nanti.

Dari 14 atlet yang dipanggil, salah satunya adalah Farhan Halim, salah satu debutan yang mencuat namanya di Proliga 2022 lalu.

Farhan Halim merupakan Open Spike dan Outside Hitter dari tim Jakarta Pertamina Pertamax. Ia menjadi salah satu nama yang diperbincangkan penikmat voli pada gelaran musim ini.

Berikut ini Bolatimes.com sajika fakta-fakta menarik mengenai Farham Halim.

1. Dijuluki Bintang Baru Proliga

Penampilan apik Farhan Halim bersama Jakarta Pertamina Energi di Proliga 2020 membuatnya dijuluki sebagai Bintang Baru Proliga.

Julukan itu masih melekat pada diri pemain berusia 21 tahun itu hingga saat ini. Sejak saat itu dirinya selalu tampil konsisten dengan Spike dan Servis keras yang dimilikinya.

2. Pernah Bermain di Luar Negeri

Pamornya yang melejit di kancah voli nasional membuat Farhan Halim lantas mendapat perhatian dari tim luar negeri.

Tercatat, ia pernah berkarier di luar negeri di ajang UAE First League dengan membela Hatta Club di musim 2020-2021.

3. Tak Memiliki Jari Kelingking

Di balik performa apik yang dimiliki Farhan Halim, siapa sangka bahwa dirinya ternyata tak memiliki jari utuh. Ia diketahui tak memiliki jari kelingking.

Farhan Halim harus kehilangan jari kelingking di tangan kirinya saat kecil karena harus diamputasi usai terjepit di siku penyangga penampungan air.

4. Jadi Best Server Proliga 2022

Karena kemampuannya dalam servis yang apik itu, Farhan Halim terpilih sebagai Best Server Proliga 2022.

Penghargaan ini pun menjadi bukti bahwa kekurangan yang ia miliki tak menghalanginya untuk berprestasi dan menembus tim nasional serta tim luar negeri.

5. Menerima Beasiswa saat Kuliah Berkat Voli

Berkat ketangkasannya dalam bermain Voli, Farhan Halim dibebaskan dari biaya selama menduduki bangku kuliah alias mendapat beasiswa penuh.

Beasiswa yang ia dapat di masa kuliah adalah beasiswa berprestasi. Beasiswa itu diterimanya usai membawa tim putra voli kampusnya, Pasundan menjuarai Kejurnas Antarklub Livoli Divisi 1 2019 di Jawa Timur.

6. Tak Tertarik Voli

Siapa sangka di balik karier cemerlangnya di olahraga voli, Farhan Halim awalnya tak begitu menyukai olahraga satu ini.

Malahan, semasa muda Farhan Halim menggeluti olahraga bulu tangkis. Karena dirasa tak berkembang, ia pun akhirnya menekuni olahraga voli.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini