Arena

Calon Markas Persija Jakarta, JIS Justru Dipakai Perdana oleh Klub Lain

JIS disebut bakal menjadi kandang Persija.

Husna Rahmayunita

Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bolatimes.com - Jakarta International Stadium (JIS) ikon baru Tanah Air digandang-gadang akan menjadi markas Persija Jakarta dan Timnas Indonesia. Tetapi, JIS pertama kali justru digunakan untuk klub lain, bukan sang tuan rumah Persija.

Hal ini lantas menuai kritik dari Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo. Ia menyayangkan, laga perdana di JIS tanpa Persija.

"Saya rasa ini sangat tidak bisa diterima, berdirinya di atas tanah Jakarta, dibayar pakai uang pajak masyarakat Jakarta tetapi tim kebanggaan Jakarta tidak diutamakan," ujarnya, Kamis (14/4/2022).

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu meminta status JIS sebagai markas Persija dirampungkan dulu, baru dilaksanakan pertandingan.

"Kalau memang komitmennya JIS untuk Persija dan Jakmania, disahkan dulu stadion ini, jadi kandang kita, bangun dulu kantor sekretariat The Jak, hiasi stadion dengan atribut Persija, baru terima tamu. Kalau kayak sekarang kan Persija seperti cuma dianggap anak kos, bukan tuan rumah," ucapnya.

Ia juga mengingatkan status Persija sebagai tuan rumah di JIS adalah hal penting yang harus ditegaskan sesuai janji Gubernur DKI Anies Baswedan yang selalu mengatakan JIS dibangun untuk Persija dan Jakmania.

Ia menambahkan Stadion JIS sejarahnya sebagai pengganti Kandang Persija di Stadion Lebak Bulus yang dialihfungsikan untuk Depo MRT.

"Jadi sudah sewajarnya saya pribadi pun sebagai salah satu fans fanatik Persija merasa marah ketika Persija tidak diprioritaskan di rumahnya sendiri," ucapnya.

Saat ini, JIS sedang menggelar turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 yang berlangsung 13-19 April 2022, sekaligus sebagai peresmian awal JIS.

Tim pertama tampil saat "soft launching" adalah pertandingan Bali United U-18 dan Atletico Madrid U-18.

Selain dua klub di atas, tim lain yang menjajal rumput baru di stadion megah itu yakni Barcelona U-18 dan Indonesia All Stars U-20, demikian dimuat Antara.

Berita Terkait

Berita Terkini