Profil Ardiansyah Runtuboy, Bintang Papua yang Kembali Bersinar di Piala AFF Futsal 2022

Runtuboy membuktikan bahwa dirinya masih menjadi salah satu yang terbaik di futsal Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 09 April 2022 | 19:00 WIB
Pemain Timnas Futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy, melawan Kamboja. (Instagram/@federasifutsal_id)

Pemain Timnas Futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy, melawan Kamboja. (Instagram/@federasifutsal_id)

Bolatimes.com - Berikut ini profil Ardiansyah Runtuboy, bintang Timnas Futsal Indonesia yang mampu mencuri perhatian sepanjang gelaran Piala AFF Futsal 2022.

Ardiansyah Runtuboy menjadi perbincangan di kalangan penikmat Futsal Tanah Air usai tampil apik bagi Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022.

Teranyar, Runtuboy berhasil menjadi pahlawan kemenangan Timnas Futsal Indonesia berkat dua golnya ke gawang Myanmar.

Baca Juga: Hasil Korea Open 2022: Rinov/Pitha Kandas, Jonatan Christie Melaju ke Final

Sumbangan dua golnya itu membuat Timnas Futsal Indonesia lantas memastikan diri lolos ke babak final Piala AFF Futsal 2022.

Selain lolos ke final, dua gol Runtuboy itu juga membuat tim Merah Putih memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait nanti.

Tak cukup sampai di situ, Runtuboy juga masuk dalam daftar jajaran top skor sementara Piala AFF Futsal 2022.

Baca Juga: Mengenang Momen Timnas Futsal Indonesia saat Juara Piala AFF, Menang Telak 5-0

Total dirinya telah mengoleksi delapan gol, atau tertinggal dua gol saja dari bintang milik Thailand, Muhammad Osamanmusa.

Karena sederet pencapaian dan kiprahnya di Piala AFF Futsal sejauh ini, banyak yang mulai berusaha mengenal lebih jauh sosok Runtuboy.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil lengkap dari penggawa Timnas Futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy.

Baca Juga: Rekor Pertemuan Timnas Futsal Indonesia vs Thailand, Skuad Garuda Belum Pernah Menang

Bintang Futsal dari Indonesia Timur

Ardiansyah Runtuboy merupakan penggawa Timnas Futsal Indonesia yang lahir di Jayapura, Papua pada 15 Juli 1998, atau 23 tahun silam.

Kariernya di dunia Futsal terbilang cukup mentereng. Namanya melejit pada 2014 silam saat Runtuboy berhasil membawa sekolahnya, SMA 4 Jayapura, menjuarai kompetisi antarpelajar.

Baca Juga: Viral Mohammad Ahsan The Daddies Buka Puasa di Sela Laga Korea Open 2022, Bikin Salut

Karena keberhasilannya di tingkat sekolah itu, Runtuboy kemudian menjadi buruan klub-klub Pro Futsal League dan memilih bergabung FC Libido Surabaya pada 2014.

Perjalanan Runtuboy di FC Libido Surabaya tak berlangsung lama, hanya setahun saja. Pada 2015, ia kembali ke Jayapura dan bergabung Blacksteel Manokwari.

Di Blacksteel Manokwari, Runtuboy mencetak prestasi gemilang dengan membawa timnya menjuarai Pro Futsal League 2016, di mana dirinya juga keluar sebagai pemain terbaik.

Prestasinya itu tak terhenti begitu saja. Setahun berselang Runtuboy keluar sebagai top skor Pro Futsal League 2017.

Setelah cukup lama membela Blacksteel Manokwari, Runtuboy pun memutuskan kembali ke Surabaya pada 2020, di mana dirinya membela Bintang Timur Surabaya hingga saat ini.

Sedangkan kiprahnya di tim nasional, Runtuboy pertama kali membela panji Merah Putih di kancah futsal pada 2017. Sejak saat itu ia menjadi langganan masuk ke tim nasional.

Untuk Piala AFF Futsal sendiri, Runtuboy telah berpartisipasi bersama Timnas Futsal Indonesia sebanyak lima kali, yakni pada 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2022 ini.

Sayang dari empat kesertaannya di ajang tersebut, Runtuboy belum pernah sekalipun menggenggam trofi Piala AFF Futsal.

Karenanya, di edisi 2022 ini Runtuboy bertekad bisa mengalahkan Thailand di final Piala AFF Futsal dan merengkuh trofi pertamanya bersama Timnas Futsal Indonesia.

Kontributor: Felix 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak