Arena

Profil Ardiansyah Runtuboy, Bintang Papua yang Kembali Bersinar di Piala AFF Futsal 2022

Runtuboy membuktikan bahwa dirinya masih menjadi salah satu yang terbaik di futsal Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy, melawan Kamboja. (Instagram/@federasifutsal_id)
Pemain Timnas Futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy, melawan Kamboja. (Instagram/@federasifutsal_id)

Bolatimes.com - Berikut ini profil Ardiansyah Runtuboy, bintang Timnas Futsal Indonesia yang mampu mencuri perhatian sepanjang gelaran Piala AFF Futsal 2022.

Ardiansyah Runtuboy menjadi perbincangan di kalangan penikmat Futsal Tanah Air usai tampil apik bagi Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022.

Teranyar, Runtuboy berhasil menjadi pahlawan kemenangan Timnas Futsal Indonesia berkat dua golnya ke gawang Myanmar.

Sumbangan dua golnya itu membuat Timnas Futsal Indonesia lantas memastikan diri lolos ke babak final Piala AFF Futsal 2022.

Selain lolos ke final, dua gol Runtuboy itu juga membuat tim Merah Putih memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait nanti.

Tak cukup sampai di situ, Runtuboy juga masuk dalam daftar jajaran top skor sementara Piala AFF Futsal 2022.

Total dirinya telah mengoleksi delapan gol, atau tertinggal dua gol saja dari bintang milik Thailand, Muhammad Osamanmusa.

Karena sederet pencapaian dan kiprahnya di Piala AFF Futsal sejauh ini, banyak yang mulai berusaha mengenal lebih jauh sosok Runtuboy.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil lengkap dari penggawa Timnas Futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy.

Bintang Futsal dari Indonesia Timur

Ardiansyah Runtuboy merupakan penggawa Timnas Futsal Indonesia yang lahir di Jayapura, Papua pada 15 Juli 1998, atau 23 tahun silam.

Kariernya di dunia Futsal terbilang cukup mentereng. Namanya melejit pada 2014 silam saat Runtuboy berhasil membawa sekolahnya, SMA 4 Jayapura, menjuarai kompetisi antarpelajar.

Karena keberhasilannya di tingkat sekolah itu, Runtuboy kemudian menjadi buruan klub-klub Pro Futsal League dan memilih bergabung FC Libido Surabaya pada 2014.

Perjalanan Runtuboy di FC Libido Surabaya tak berlangsung lama, hanya setahun saja. Pada 2015, ia kembali ke Jayapura dan bergabung Blacksteel Manokwari.

Di Blacksteel Manokwari, Runtuboy mencetak prestasi gemilang dengan membawa timnya menjuarai Pro Futsal League 2016, di mana dirinya juga keluar sebagai pemain terbaik.

Prestasinya itu tak terhenti begitu saja. Setahun berselang Runtuboy keluar sebagai top skor Pro Futsal League 2017.

Setelah cukup lama membela Blacksteel Manokwari, Runtuboy pun memutuskan kembali ke Surabaya pada 2020, di mana dirinya membela Bintang Timur Surabaya hingga saat ini.

Sedangkan kiprahnya di tim nasional, Runtuboy pertama kali membela panji Merah Putih di kancah futsal pada 2017. Sejak saat itu ia menjadi langganan masuk ke tim nasional.

Untuk Piala AFF Futsal sendiri, Runtuboy telah berpartisipasi bersama Timnas Futsal Indonesia sebanyak lima kali, yakni pada 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2022 ini.

Sayang dari empat kesertaannya di ajang tersebut, Runtuboy belum pernah sekalipun menggenggam trofi Piala AFF Futsal.

Karenanya, di edisi 2022 ini Runtuboy bertekad bisa mengalahkan Thailand di final Piala AFF Futsal dan merengkuh trofi pertamanya bersama Timnas Futsal Indonesia.

Kontributor: Felix 

Berita Terkait

Berita Terkini