Arena

4 Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan setelah Berbuka, Puasa Tak Jadi Halangan

Lakukan empat olahraga ringan ini setelah berbuka puasa

Irwan Febri Rialdi

Salmafina Sunan olahraga boxing. (Instagram/@salmafinasunan)
Salmafina Sunan olahraga boxing. (Instagram/@salmafinasunan)

Bolatimes.com - Olahraga wajib terus dilakukan agar tetap sehat, meski itu di bulan Ramadan. Jika pagi hingga malam ogah melakukan karena kehilangan tenaga, kita bisa melakukannya setelah berbuka.

Selama Ramadhan, sebagian orang memilih untuk tidak berolahraga lantaran khawatir akan menjadi lemas dan dehidrasi. Padahal, olahraga ringan tetap bisa dilakukan setelah berbuka dan membuat tubuh jadi lebih segar.

Ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D mengatakan mengatakan bahwa selama Ramadhan, kita tetap perlu menjaga stamina dan daya tahan tubuh, baik secara fisik maupun psikologis.

Secara fisik, selain memperhatikan asupan gizi yang cukup, berolahraga pun perlu dilakukan secara teratur setiap hari.

"Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya," ujar dr. Esti seperti dikutip dari siaran resmi Greenfields pada Sabtu.

Berikut adalah beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan setelah berbuka puasa.

1. Jalan santai

Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh.

2. Jogging

Jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.

3. Naik turun tangga

Gerakan sederhana seperti naik turun tangga dapat membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan dalam berolahraga, hingga meningkatkan kekuatan tubuh.

4. Sit up dan push up

Sit up dan push up memiliki banyak manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membangun otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan kelenturan tubuh.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini