Arena

3 Fakta Menarik Jelang Final Timnas Futsal Indonesia vs Thailand

Timnas Futsal Indonesia akan menghadapi sang raja Thailand di final Piala AFF Futsal 2022

Irwan Febri Rialdi

Timnas Futsa Indonesia vs Thailand. (Instagram/@changsuek)
Timnas Futsa Indonesia vs Thailand. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Berikut ini sederet fakta menarik jelang final Piala AFF Futsal 2022 antara Timnas Futsal Indonesia melawan tuan rumah Thailand.

Timnas Futsal Indonesia memastikan satu tempat di final Piala AFF Futsal 2022 usai mengalahkan Myanmar dengan skor 6-1, Jumat (8/4).

Kemenangan 6-1 ini atas Myanmar ini didapatkan tim Merah Putih lewat sumbangsih gol lima pemain berbeda.

Adalah Syaudi Sauq, Evan Soumilena, Firman Ardiansyah, Guntur Sulistyo yang mencetak masing-masing satu gol dan ditambah dua gol dari Ardiansyah Runtuboy.

Kemenangan ini membuat Timnas Futsal Indonesia merebut tiket di partai puncak, di mana tim arahan Mohammed Hashemzadeh akan bersua tuan rumah, Thailand.

Thailand sendiri memastikan tiket di partai pamungkas usai menundukkan Vietnam dengan skor 3-1, Jumat (8/4).

Terlepas dari hal tersebut, keberhasilan menembus babak final bagi Timnas Futsal Indonesia juga memberikan berkah tersendiri.

Pasalnya, keberhasilan menembus babak final Piala AFF Futsal 2022 memastikan Timnas Futsal Indonesia berlaga di Piala AFC Futsal 2022 di Kuwait mendatang.

Usai memastikan lolos, kini Timnas Futsal Indonesia akan mencoba merengkuh titel juara Piala AFF Futsal 2022 kala menghadapi Thailand.

Namun sebelum menyaksikan duel panas ini, ada baiknya melihat fakta-fakta menarik jelang duel Timnas Futsal Indonesia dengan Thailand.

1. Duel Raja Futsal ASEAN

Indonesia dan Thailand membuktikan diri sebagai raja futsal di ASEAN. Hal ini terbukti dari keberhasilan keduanya di Piala AFF Futsal.

Final Piala AFF Futsal 2022 nanti menjadi final ke-16 bagi Thailand. Sedangkan bagi Indonesia, final ini akan menjadi final kelima di ajang tersebut.

Dalam sejarah Piala AFF Futsal sejak pertama kali digelar pada tahun 2001 silam, Thailand hampir selalu memenangi seluruh kejuaraan, kecuali tahun 2010 di mana Indonesia yang keluar sebagai kampiun.

2. Rekor Buruk Indonesia Kontra Thailand di Final

Sepanjang pertemuannya di partai final Piala AFF Futsal, Indonesia boleh jadi inferior saat berhadapan dengan Thailand.

Tercatat sudah tiga kali Indonesia bersua Thailand di final Piala AFF Futsal, di mana di tiga pertemuan itu tim Merah Putih selalu tumbang.

Indonesia takluk masing-masing di final tahun 2006 dengan skor 3-10, di tahun 2008 dengan skor 1-5 dan di final 2019 dengan skor 0-5 dari Thailand.

3. Mohammad Hashemzadeh Penuhi Janji

Keberhasilan Indonesia menembus final Piala AFF Futsal 2022 menjadi bukti bahwa Muhammad Hashemzadeh memenuhi janjinya.

Saat ditunjuk sebagai pelatih Timnas Futsal menggantikan Kensuke Takahashi, pelatih asal Iran ini memiliki target membawa Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia Futsal di Kuwait.

Target itu ia penuhi dalam tempo relatif cepat, di mana Hashemzadeh belum sampai sebulan penuh menukangi Timnas Futsal Indonesia.

Kontributor: Felix

Berita Terkait

Berita Terkini