Arena

Profil Timnas Futsal Thailand, Rival Indonesia di Final Piala AFF Futsal 2022

Thailand juara bertahan Piala AFF Futsal.

Husna Rahmayunita

Tim futsal Thailand. (Twitter/@Changsuek_TH)
Tim futsal Thailand. (Twitter/@Changsuek_TH)

Bolatimes.com - Timnas Futsal Thailand untuk kesekian kalinya berhasil mencapai partai puncak Piala AFF Fustal edisi 2022, Indonesia bakal kembali menjadi lawan dengan para pemain andalan.

Thailand berhasil melaju ke partai final Piala AFF Fustal 2022 setelah membekuk Vietnam di babak semifinal dengan skor meyakinkan.

Duel Thailand versus Vietnam yang digelar di Huamark Indoor Stadium pada Jumat (8/4/2022) berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan skuat Gajah Perang.

Kemenangan itu sekaligus memastikan Thailand melaju ke partai final dan berjumpa dengan Indonesia, untuk keempat kalinya kedua tim berduel di partai puncak.

Carlos Cesar selaku pelatih timnas futsal Thailand memang mempersiapkan timnya secara matang, bahkan jauh-jauh hari sebelum turnamen digelar.

Hasilnya di fase grup Thailand perkasa usai melibas dua tim di laga pertama, gasak Brunei Darussalam dengan 13-0 dan libas Kamboja dengan 16-0.

Meski begitu Thailand sempat bermain imbang melawan Indonesia dengan skor 2-2 di fase grup, sebelum menghancurkan Malaysia dengan skor 4-1.

Tantangan lebih serius dihadapi Thailand saat melenggang ke partai semifinal, pasalnya lawan yang dihadapai adalah Vietnam.

Namun kualitas yang dimiliki anak asuh Carlos Cesar tak begitu membuat sang pelatih khawatir, Thailand sukses menggulung Vietnam dengan skor 3-1.

Padahal di awal pemusatan latihan jelang berlaga di Piala AFF Fustal 2022, Thailand sempat dilanda masalah usai beberapa pemain dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu membuat Carlos Cesar sampai memilih keputusan sulit dengan memangkas jumlah pemain dari yang sebelumnya 20 menjadi 14 orang pemain.

Enam pemain terakhir yang terkena Covid-19 di antaranya Boriboon Klangla, Boonme Matwiset. Thanathip Saengsang, Chowwala Sriwut, Kritsada Wai Yongkhun dan Thanachot Sawaeng.

Namun saat itu Carlos Cesar tak gentar dengan para lawan di fase grup dengan nama besar mereka, ia mengaku sudah mempersiapkan tim dengan sebaik-baiknya.

Bisa dibilang itu menjadi kenyataan setelah Thailand berhasil melaju ke final, meskipun masih harus ditentukan juaranya saat bermain melawan Indonesia.

"Kami menghadapi ujian pertandingan pemanasan melawan Angkatan Darat Thailand yang bermain dengan kami dengan intens," ucap Carlos Cesar dikutip dari Siamsport.

"Itu membuat pemain futsal Thailand lebih menunjukkan intensitas.Barisan terakhir kali ini adalah keputusan analisis sejak awal.

"Sejak kami mulai mempersiapkan tim dari awal nomor satu Sampai turnamen NSDF, bahkan game pemanasan terbaru. Ini bukan tentang menilai hanya dari satu pertandingan.

"Kami terus menganalisis dan kami dapat mengatakan bahwa semua orang di set terakhir adalah pemain yang memahami bentuk keseluruhan tim." imbuhnya.

Berikut skuad timnas futsal Thailand yang berlaga di Piala AFF Futsal 2022 arahan Carlos Cesar.

Kiper

Katawut Hankhampha (BTS Bangkok)
Panurat Oran (Kuda Thammasat)

Pemain Bertahan

Ronnachai Chungwongsuk (Free Fire Blue Wave Chonburi)
Sarawut Phalaphruek (Free Fire Blue Wave Chonburi)
Kritsada Wongkaew (Kapten Tim - Free Fire Blue Wave Chonburi)

Gelandang

Krit Aranyasyalak (Free Fire Blue Wave Chonburi)
Supakorn Bowon Ratchadakul (Free Fire Blue Wave Chonburi)
Therdsak Charoenpong (Tha Kham Cold Storage)
Panus Kittiphanuwong (Free Fire Blue Wave Chonburi)
Thanapon Manipetch (Hitam Pearl United)
Apiwat Chaemcharoen (Free Fire Blue Wave Chonburi)

Striker

Peerapat Kaewwilai (Free Fire Blue Wave Chonburi)
Atsadawut Jangkot (Tha Kham Cold Storage)
Muhammad Uzman Musa (Black Pearl United) / Cordoba-Spanyol)

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini