Arena

Evan Soumilena, Mesin Gol Timnas Futsal Indonesia yang Ternyata Seorang Polisi

Evan Soumilena tercatat sebagai salah satu anggota aktif Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Irwan Febri Rialdi

Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)
Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pivot andalan timnas futsal Indonesia, Evan Soumilena, merupakan mesin gol di Piala AFF Futsal 2021 yang ternyata juga berprofesi sebagai seorang polisi.

Selain sebagai atlet futsal, Evan Soumilena tercatat sebagai salah satu anggota aktif Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Statusnya sebagai anggota kepolisian itu diperoleh ketika Evan Soumilena menamatkan pendidikan Bintara kepolisian di SPN Karombasan Manado pada 2016.

Evan Soumilena mengatakan, perjuangannya untuk menjadi seorang anggota kepolisian tak berlangsung mulus. Sebab, ia sempat gagal menjalani tes.

“Pada tes yang pertama, saya tidak lolos. Baru pada percobaan tes yang kedua saya akhirnya lolos,” kata Evan, dikutip dari Bolalob.com.

Menurut pemain yang kini memperkuat Black Steel Manokwari itu, perjuangan untuk lolos tes hanyalah awal dari perjuangan panjang menjadi polisi.

Sebab, setelah dinyatakan diterima, seorang bintara harus memiliki mental yang tangguh untuk melewati masa pendidikan kepolisian.

“Kita harus benar-benar belajar dan latihan sebelum mengikuti tes. Karena itu hanyalah awal. Setelah lolos, mental kita harus kuat saat menjalani pelatihan selama tujuh bulan,” katanya.

Namun demikian, Evan cukup bersyukur bahwa proses pendidikannya menjadi anggota kepolisian turut membentuk karakternya sebagai atlet futsal.

“Karakter dan sikap saya dibentuk dalam pendidikan. Fisik saya juga digenjot setiap hari. Tiada hari tanpa berlari,” ujarnya.

“Saat kami berlari juga menggunakan sepatu dan mengangkat ransel yang berisi pasir. Setiap hari berlari hingga sehari rasanya seperti sebulan,” lanjutnya.

Sejauh ini, Evan Soumilena menjadi salah satu pemain andalan timnas futsal Indonesia yang sukses mencuri perhatian di kejuaraan Piala AFF Futsal 2022.

Pasalnya, pada tiga laga awal babak penyisihan Grup A Piala AFF Futsal 2022, Evan Soumilena menjadi sosok pemain yang selalu mencetak gol untuk timnas Futsal Indonesia.

Evan Soumilena sukses menyumbang dua gol ke gawang Brunei Darussalam saat Indonesia menang 12-0. Ia juga mencetak dua gol ketika menghadapi Malaysia pada laga kedua Grup A.
Sementara itu, pada laga ketiga Grup A melawan Thailand, ia mencetak gol pembuka timnas futsal Indonesia. Sayangnya, duel ini berakhir sama kuat dengan skor 2-2.

Dengan demikian, sampai saat ini Evan sudah menjaringkan total lima gol dari tiga pertandingannya bersama timnas futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini