Arena

Profil Muhammad Osamanmusa, Pivot Muslim Timnas Thailand di Piala AFF Futsal 2022

Muhammad Osamanmusa tampil ganas saat menghadapi Timnas Futsal Indonesia, dengan mencetak dua gol!

Irwan Febri Rialdi

Timnas Futsa Indonesia vs Thailand. (Instagram/@changsuek)
Timnas Futsa Indonesia vs Thailand. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Pivot andalan timnas futsal Thailand, Muhammad Osamanmusa, menjadi pemain kunci yang mengandaskan kemenangan timnas futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022.

Sebab, lewat dua gol yang dicetak Muhammad Osamanmusa, timnas futsal Indonesia harus gigit jari karena gagal meraih kemenangan ketiganya di Grup A Piala AFF Futsal 2022.

Pada duel yang berlangsung di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Selasa (5/4/2022) sore itu, Muhammad Osamanmusa memaksa timnas futsal Indonesia berbagi poin setelah laga berakhir imbang 2-2.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Muhammad Osamanmusa, pivot timnas futsal Thailand yang sukses melesakkan dua gol ke gawang timnas futsal Indonesia?

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Muhammad Osamanmusa, pivot muslim timnas Thailand di Piala AFF Futsal 2022.

Muhammad Osamanmusa merupakan pemain keturunan Ghana yang lahir di Bangkok pada 19 Januari 1998. Dia juga seorang muslim.

Pada awal hidupnya, Osamanmusa harus berjuang sekuat tenaga untuk bisa hidup. Sebab, ia hanya hidup bersama neneknya di Thailand.

Osamanmusa sudah berstatus sebagai yatim karena ayahnya meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan di Kanada. Sementara itu, ibunya harus bekerja jauh hingga meninggalkan Osamanmusa bersama neneknya.

Perkenalan Osamanmusa dengan dunia futsal sudah berlangsung sejak ia bersekolah di Wat Benchamabophit School (2010-2012) dan Rajavinit Bangkhen School (2013-2015).

Pada tahun 2016, Osamanmusa sudah bergabung dengan klub yang cukup mentereng di Thailand, Bangkok BTS Futsal Club.

Bersama klub Ibu Kota itu, Osamanmusa sudah menjaringkan total 29 gol dari total 24 penampilannya di kompetisi futsal.

Sejumlah prestasinya bersama Bangkok BTS Futsal Club ialah meraih Thai FA Futsal Cup 2017/2018 dan Piala AFF Futsal Antarklub 2018.

Pada tahun 2017, dia sempat menjalani masa pinjaman bersama klub futsal asal Spanyol, Santiago Futsal, dan Port Futsal Club pada 2019.

Lalu yang terkini, atlet futsal yang masih berusia 24 tahun itu berstatus sebagai penggawa Chonburi Bluewave.

Kiprah Osamanmusa di futsal juga mencapai kesuksesan bersama tim nasional. Awalnya, ia memperkuat timnas futsal Thailand U-20 pada 2017 hingga 2018.

Salah satu pencapaiannya bersama timnas futsal Thailand U-20 ialah meraih peringkat ketiga di ajang Piala Asia Futsal U-20 pada tahun 2017.

Sementara itu, di level senior, Muhammad Osamanmusa sudah dipanggil sejak tahun 2017. Sejak saat itu pula, ia merasakan empat kali gelar Piala AFF Futsal.

Masing-masing gelar itu diraih secara beruntun pada edisi 2016, 2017, 2018, dan 2019. Selain Piala AFF Futsal, Osamanmusa juga pernah mendapat medali emas SEA Games 2017.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini