Arena

Profil Carlos Cesar, Pelatih Futsal Thailand yang Akui Sempat Gugup Lawan Indonesia

Carlos Cesar was-was anak asuhnya nyaris kalah lawan Timnas Futsal Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Futsal Thailand, Carlos Cesar. (Instagram/@changsuek)
Pelatih Timnas Futsal Thailand, Carlos Cesar. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Futsal Thailand, Carlos Cesar, membagikan pandangannya tentang kualitas skuad Timnas Futsal Indonesia usai kedua tim bertemu di fase grup Piala AFF Futsal 2022.

Bertemu pada Selasa (5/4/2022), Timnas Thailand ditahan imbang Timnas Indonesia dengan skor 2-2. Sepanjang permainan, Indonesia mampu merepotkan Thailand.

Timnas Futsal Indonesia mampu mengejutkan Thailand. Sebab belum genap satu menit berjalan Evan Soumilena sukses mencetak gol.

Anak asuh Mohammad Hashemzadeh kemudian menggandakan keunggulan lewat Ardiansyah Nur pada menit ke-7.

Meski begitu, Thailand kemudian mendominasi pertandingan. Mereka berhasil mengejar ketertinggalan hingga skor berakhir dengan kedudukan imbang 2-2

Gol cepat ini yang bikin Carlos Cesar mengaku bahwa dirinya sempat gugup menghadapi Timnas Indonesia. "Gol pertama membuat kami sangat gugup karena kami memiliki tim yang sangat muda dan itu mempengaruhi mereka. Kami bermain dengan semangat dan bukan dengan kecerdasan,”

Lantas, siapa sebetulnya Carlos Cesar ini? Berikut profilnya.

Profil Carlos Cesar

Sosok dengan nama lengkap Carlos Cesar Nunez Gago ini merupakan pelatih futsal berkebangsaan Spanyol.

Dia ditunjuk menjadi pelatih Timnas Futsal Thailand pada Februari 2022. Federasi Sepak Bola Thailand atau FAT ingin membangun tim yang kuat dengan pelatih berkualitas.

Pasalnya, Carlos Cesar disebut-sebut sebagai salah satu diantara enam pelatih futsal terbaik yang pernah ada di dunia.

Dia sudah pernah bekerja di berbagai negara mulai dari melatih dan mengembangkan futsal di Eropa. Seperti di Spanyol dan Italia.

Dia sempat memimpin sejumlah tim futsal ternama. Ambil contoh Bardral Urayasu di Jepang, lalu Al Rayyan SC Qatar, dan Bluewave Chonburi Thailand.

Saat menangani Bluewave Chonburi, Carlos Cesar mengantarkan klub tersebut meraih gelar juara AFF Futsal Club Championship 2021 dan 2 gelar Liga Futsal Thailand.

Atas prestasi ini pula FAT menunjukkan Carlos Cesar untuk menangani Timnas Futsal Thailand karena dia sudah hafal dengan iklim dan karakter pemain futsal di Negeri Gajah.

Pada semester pertama tahun ini, Carlos Cesar bertugas mengawal Timnas Futsal Thailand untuk turun di tiga ajang berbeda.

Masing-masing diantaranya adalah SDF Futsal Invitational pada 15-21 Maret kemarin, lalu ada Piala AFF Futsal 2022 dari 3-12 April, dan SEA Games 2021 pada Mei 2022.

“Menjadi pelatih kepala Timnas Futsal Thailand adalah kehormatan sekaligus tantangan. Dengan pengetahuan tentang futsal Thailand, saya yakin bisa membawa kesuksesan buat timnas di berbagai turnamen,” kata Carlos Cesar dilansir Futsal Focus.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini