Arena

Profil Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022

Mohammad Hashemzadeh sukses bantai Brunei dan Malaysia. Terkini tahan imbang Thailand

Irwan Febri Rialdi

Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia. [Instagram/@federasifutsal_id]
Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia. [Instagram/@federasifutsal_id]

Bolatimes.com - Debut Mohammad Hashemzadeh sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia berjalan dengan manis.

Dia mengantarkan skuad Garuda meraih kemenangan telak 12-0 atas Brunei Darussalam pada pertandingan pertama penyisihan grup Piala AFF Futsal 2022.

Tren positif ini berlanjut ketika Timnas Futsal Indonesia mampu mengalahkan Malaysia dengan skor mencolok 5-1. Ini menjadi langkah positif bagi Indonesia di kompetisi futsal terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Lantas, siapa sebetulnya Hashemzadeh yang mampu membawa Indonesia tampil menjanjikan di dua laga pertama Piala AFF Futsal 2022.

Profil Mohammad Hashemzadeh

Sosok kelahiran Abadan, Iran, pada 27 Januari 1977 ini merupakan salah satu legenda futsal Iran. Sebelum menggeluti dunia futsal, dia juga sempat terjun ke dunia sepak bola.

Hashemzadeh setidaknya merasakan dua klub berbeda saat bermain sepak bola di mana ia bermain untuk Dena Shiraz FC dan Sanaye Electronic FC.

Kariernya di dunia Futsal sendiri dimulai semasa bermain, di mana ia berposisi Flank. Tercatat, Hashemzadeh banyak membela tim-tim Futsal di Iran sejak pertama kali berkarier pada 1998.

Selama berkarier sebagai pemain, Hashemzadeh telah merengkuh empat gelar liga Futsal Iran, yakni bersama Tam Irankho, Foolad Mahan Isfahan sebanyak dua kali, dan Giti Pasand.

Tak cuma gelar di level domestik, Hashemzadeh juga meraih gelar kontinental dengan menjadi kampiun Piala AFC Futsal Antarklub pada 2009 bersama Foolad Mahan.

Karier cemerlangnya sebagai pemain pun membawanya ke tim nasional Futsal Iran, di mana ia tampil sebanyak 115 laga dan mencetak 50 gol. Ia juga berhasil membawa Iran finis di posisi lima besar Piala Dunia Futsal pada 2008 silam, sebelum akhirnya pensiun pada 2010 dari tim nasional.

Di level klub, Hashemzadeh terakhir kali membela Giti Pasand FC dan memutuskan pensiun di sana pada 2013.

Setelah gantung sepatu, Hashemzadeh langsung terjun ke dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih di Giti Pasand.

Hashemzadeh kemudian naik jabatan menjadi pelatih kepala dan membawa Giti Pasand menjadi kampiun liga futsal di musim 2016/17.

Dia kemudian direkrut untuk menjadi pelatih Timnas Futsal Iran. Dia membawa Iran menjadi juara Piala Asia Futsal 2016 dan 2018.

Di ajang Piala Dunia Futsal, Mohammad Hashemzadeh mampu membawa Timnas Futsal Iran finis sebagai peringkat ketiga pada edisi 2016 di Kolombia.

Kini dia ditunjuk sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia untuk menggantikan Kensuke Takahashi.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini