Viral Penonton MotoGP Mandalika Terlantar hingga Tengah Malam, Disorot Eks Menteri

Penonton MotoGP terlantar karena tidak ada shuttle bus yang menjemput.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 22 Maret 2022 | 09:45 WIB
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (tengah) berfoto di podium bersama pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kiri) dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco (kanan) seusai balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (tengah) berfoto di podium bersama pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kiri) dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco (kanan) seusai balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Bolatimes.com - Gelaran MotoGP Mandalika 2022 ternyata menyisakan sejumlah masalah. Viral di media sosial ribuan penonton terlantar usai gelaran ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Para penonton yang datang dari berbagai daerah di Indonesia itu awalnya mengikuti transportasi yang ada untuk mencapai Sirkuit Mandalika dan menonton MotoGP. Namun, setelah acara selesai, banyak penonton yang kebingungan terkait kepulangannya.

Bahkan banyak penonton MotoGP Mandalika terlantar hingga Minggu (20/3/2022). Mereka tidak bisa pulang lantaran tidak ada shuttle bus yang menjemput.

Baca Juga: Persela Degradasi, LA Mania Ngamuk hingga Geruduk Rumah Dinas Bupati Lamongan

Sontak insiden ini mendapat sorotan dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Dalam unggahannya di Twitter, ia menyayangkan atas kejadian tersebut.

"Event yang luar biasa namun kita harus belajar untuk memperbaiki dan mengelolanya dengan bijak dan cantik juga manusiawi," ucap Susi.

Susi berkomentar bahwa ribuan penumpang tersebut akhirnya diangkut dengan truk polisi. Mereka yang terlantar dipicu oleh penumpukan penonton MotoGP yang keluar secara bersamaan dan mengalami kemacetan.

Baca Juga: Juara All England 2022 Bagas Maulana Diguyur Bonus dan Masuk Hall of Fame

Usut punya usut, fakta terkait ribuan penonton MotoGP Mandalika yang terlantar adalah karena tidak ada shuttle bus. Penonton terlantar hingga tengah malam dan tidak bisa pulang.

Penonton didominasi warga Kota Mataram pergi menuju Sirkuit Mandalika dengan bus dari eks Bandara Selaparang menuju parkiran barat atau Masjid Nurul Bilad.

Para penonton ajang balap MotoGP asal Kota Mataram yang masih menunggu di area parkir barat. (ANTARA/HO-warga)
Para penonton ajang balap MotoGP asal Kota Mataram yang masih menunggu di area parkir barat. (ANTARA/HO-warga)

Setelah selesai menonton, penonton keluar menunggu jemputan bus tetapi tidak ada. Salah satu warga pun mengatakan dirinya keluar dari sirkuit berjalan kaki sekitar pukul 19.00 WITA. Sama seperti warga lainnya, para penonton menuju area parkir dan berkumpul.

Baca Juga: Kehadiran Bekasi FC Bikin Suporter Lokal Gerah, Persipasi Tetap di Hati

"Banyak teman saya ini masih menunggu di Masjid Nurul Bilad, belum ada bus. Terpaksa pulang malam," kata Sandi, salah satu penonton.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Polisi Kawasan Mandalika AKP Dimas menjelaskan bahwa sudah ada upaya pengantaran penonton.

"Sudah dimonitor, sedang diupayakan untuk mengantar mereka pulang menuju Kota Mataram," katanya pula.

Baca Juga: Satu Dokumen yang Masih Kurang untuk Proses Naturalisasi Sandy Walsh Cs

(Suara.com/Nur Afitria Cika Handayani)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak