Mengenang 3 Pembalap Indonesia yang Ukir Prestasi di Level Internasional

Berikut 3 pembalap Indonesia yang pernah mendunia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 22 Februari 2022 | 10:19 WIB
Sejumlah pembalap memacu motornya dalam race 1 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Sejumlah pembalap memacu motornya dalam race 1 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Bolatimes.com - Indonesia sebenarnya pernah melahirkan para pembalap yang mengukir prestasi di level dunia. Bahkan namanya tercatat dalam buku sejarah.

Belakangan, dibukanya Sirkuit Mandalika seperti menjadi pelecut semangat dan pengingat, bahwa Indonesia bisa benar-benar membuktikan diri menjadi bangsa yang pantas diperhitungkan.

Nah untuk yang belum mengetahui daftar pembalap legendaris Indonesia ini, berikut daftar pembalap legendaris Indonesia yang pernah menggemparkan dunia.

Baca Juga: Mengenal Shayne Pattynama, Pemain Liga Norwegia yang Tertarik Bela Timnas Indonesia

1. M Gumilar

Tak hanya jadi legenda di Indonesia, nama M Gumilar sendiri juga turut tercatat dalam Museum Ducati Italia. Ia tercatat pernah menunggangi Ducati 175 Sport, sehingga tercatat dalam museum terbesar sektor balapan tersebut.

Tak hanya itu, beliau juga tercatat pernah menaiki motor Kawasaki 350 cc serta Aermachi Harley-Davidson. Tentu saja, motor tersbut bukan motor sembarangan. Prestasinya juga terbilang mentereng di masa keemasannya.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Malam Ini: Chelsea vs Lille, Villarreal vs Juventus

2. Benny Hidayat

Nama Benny Hidayat tentu tak asing di dunia balap motor. Pasalnya, nama beliau tercatat aebagai salah satu pembalap unggulan di tahun 1968 hingga 1970-an. Beliau meraih gelar juara pada Grand Prix Indonesia tahun 1970 silam, dan menjadikannya pembalap andalan negeri ini.

Gelar juara juga diperoleh ketika ia turut dalam gelaran Grand Prix Makau, kala itu ia menunggangi kuda besi dari Yamaha, Yasi 125 Twin.

Baca Juga: Kabar Baik, Shayne Pattynama Bersedia Bela Timnas Indonesia

3. Sonny Saksono 

Meski harus tutup usia pada 1972 lalu, nama Sonny Saksono tak mungkin dilupakan negeri ini. Jadi salah satu putra bangsa yang turut mengharumkan nama Indonesia, beliau sempat meraih podium peringkat kedua pada balapan GP Zaanvoort dengan Suzuki T500.

Cemerlangnya karir Sonny Laksono harus berakhir pada balapan di Sirkuit Prievidza saat usianya 26 tahun. Meski demikian performanya yang memukau dan selalu tampil percaya diri menjadikan ia salah satu legenda balapan Indonesia sepanjang masa.

Baca Juga: Ada Egy hingga Syamsir Alam, Berikut 6 Pemain Indonesia yang Pernah Muncul di Game FIFA dan PES

Itu tadi deretan pembalap legendaris Indonesia yang bisa kami bagikan dalam artikel singkat ini. Tentu masih banyak nama lain, yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

(Kontributor: I Made Rendika Ardian)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak