Profil Francesco Bagnaia, Pembalap MotoGP yang Lengannya Luka karena Batu Sirkuit Mandalika

Lengan Francesco Bagnaia sampai terluka akibat batu saat tes pramusim di Sirkuit Mandalika.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 14 Februari 2022 | 15:15 WIB
Francesco Bagnaia berhasil meraih podium di MotoGP Aragon 2021 (MotoGP)

Francesco Bagnaia berhasil meraih podium di MotoGP Aragon 2021 (MotoGP)

Bolatimes.com - Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, menjadi korban dari Sirkuit Mandalika saat menjalani tes MotoGP Mandalika 2022.

Sebab, setelah menjalani sesi pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika pada Minggu (13/2/2022), lengan kiri Francesco Bagnaia mengalami memar karena terkena lemparan batu dari lintasan.

Menurut Bagnaia, kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang masih menyisakan batu menjadi hambatan terbesarnya saat membalap.

Baca Juga: Chelsea Lanjutkan Dominasi Tim Eropa yang Juara Piala Dunia Antarklub

Sebetulnya, dia sudah merasakan hal ini sejak hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 pada Jumat (11/2/2022).

“Kemarin kami berbicara dengan Komisi Keselamatan tentang kondisi lintasan. Sepeda motor akan membersihkannya, tetapi masalah sebenarnya adalah batunya,” kata Bagnaia, dikutip dari Motosan.

“Jika dalam balapan Anda mulai di depan semua orang, Anda yakin tidak ada yang akan mendekati Anda dengan semua (kerikil) yang Anda angkat,” ia melanjutkan.

Baca Juga: Link Live Streaming Persik Kediri vs Persela Lamongan, Kick Off 15.15 WIB

Pebalap Ducati MotoGP, Francesco Bagnaia memperlihatkan luka lebam akibat terkena serpihan batu saat menjalani tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, 11-13 Februari 2022. [Twitter/@denkmit]
Pebalap Ducati MotoGP, Francesco Bagnaia memperlihatkan luka lebam akibat terkena serpihan batu saat menjalani tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, 11-13 Februari 2022. [Twitter/@denkmit]

Profil Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia merupakan pembalap dunia asal Italia yang lahir di Turin pada 14 Januari 1997. Awal kariernya bermula di ajang Minimoto dan dia sempat memenangkan kejuaraan di Eropa MiniGP tahun 2009.

Ia kemudian naik kelas ke Moto3 CEV 2012 dan membalap dengan Honda Moto3 NSF250R. Pada ajang itu, ia menempati posisi ketiga.

Baca Juga: Link Live Streaming Barito Putera vs Persipura Jayapura, Kick Off 15.15 WIB

Debutnya ajang MotoGP tercipta setelah Bagnaia menjadi juara dunia Moto2 pada 2018 dan langsung naik kelas pada tahun selanjutnya.

Pada 2019, Bagnaia resmi promosi ke kelas utama MotoGP dan bergabung bersama tim Pramac Ducati. Saat itu, ia menggantikan posisi Danilo Petrucci yang pindah ke Mission Winnow Ducati.

Meskipun menjadi tahun yang sulit bagi Bagnaia sebagai rookie, tetapi dia tetap digadang-gadang sebagai pembalap muda yang menjanjikan.

Baca Juga: Jadwal Piala AFF U-23 Hari ini: Tuan Rumah Kamboja Ditantang Brunei

Pada tahun 2020, dia membuktikan dirinya dengan baik. Sebab, Bagnaia sukses mencatatkan tempat kedua pada GP San Marino.

MotoGP 2021 menjadi salah satu musim terbaik bagi Bagnaia. Sebab, dia mencatatkan tiga podium dan satu pole position di empat balapan pembuka musim itu.

Hal ini semakin meneguhkan status Bagnaia sebagai salah satu penantang gelar juara MotoGP 2021. Sayangnya, ia gagal tampil impresif di pertengahan musim.

Keberhasilan pertama Bagnaia menjadi pemenang MotoGP tercatat di Aragon setelah bersaing ketat dengan Marc Marquez.

Pada akhir musim, Bagnaia nyaris saja menjadi gelar apabila tak mengalami kecelakaan ketiak membalap di Misano. 

Namun, dua kemenangan yang dicatat pada dua balapan terakhir MotoGP 2021 mengukuhkan pembalap berusia 25 tahun itu sebagai salah satu favorit untuk gelar tahun 2022.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak