Arena

Aprilio Manganang Semprot Netizen yang Sindir Jenis Kelamin Pemain Proliga

Aprilio Manganang bereaksi atas komentar netizen.

Husna Rahmayunita

Aprilio Manganang. (Instagram/manganang92)
Aprilio Manganang. (Instagram/manganang92)

Bolatimes.com - Mantan atlet voli, Aprilio Manganang bereaksi atas postingan seorang netizen yang menyinggung soal jenis kelamin di Proliga.

Aprilio Manganang tak tinggal diam setelah mengetahui postingan netizen tersebut meski tak menyebut namanya secara gamblang, 

Netizen itu menuliskan tentang Proliga putri, kompetisi bola voli profesional tahunan di Indonesia, yang tak lagi menghadirkan pemain laki-laki.

Sementara Aprilio Manganang yang dulu bernama Aprilia Manganang sempat mengikuti kejuaraan Proliga putri.

"Menikmati The Real Proliga tanpa pemain laki hihi lebih seru guys," tulis akun Lailatulaisyah11.

Mengutip Matamata.com, Aprilio Manganang tersinggung dengan tulisan tersebut. Ia cukup emosional, tapi ia tetap berusaha mengendalikan amarahnya dengan mengucap kata maaf.

"Jujur saya pribadi sangat kecewa dengan hal seperti ini. Maaf ya mbak. Kalau saya dari awal lahir sebagai seorang laki-laki, saya tahu mana tujuan hidup saya. Jadi makasih udah memberikan pengingat untuk saya," tulis Aprilio Manganang.

Kemudian, Aprilio Manganang meminta akun tersebut untuk bercermin sebelum menuliskan kata-kata tersebut.

Unggahan Aprilio Manganang. (Instagram/manganang92)
Unggahan Aprilio Manganang. (Instagram/manganang92)

"Mungkin anak Anda normal, jadi Anda bisa ngomong seperti itu. Tapi kalau anak Anda seperti saya, mungkin anda akan tahu bagaimana perjuangan anak Anda untuk hidup," imbuh Aprilio.

Sementara itu, lewat caption, Aprilio Manganang menuliskan rasa syukurnya karena bisa menjalani hidupnya sampai saat ini. Ia lantas mendoakan semua orang, termasuk sosok yang telah menuliskan kata-kata yang membuatnya kecewa.

"Saya juga bersyukur bisa menjalani hidup saya seperti sekarang! Mungkin anak Anda harus seperti saya, baru Anda tahu bagaimana asam garam hidup yang saya jalani. Sukses buat kalian. Tuhan Yesus Memberkati," tulis Aprilio.

Luapan kekesalan Aprilio itu rupanya mendapat beragam tanggapan dari netizen. Banyak di antara mereka yang memberikan semangat dan dukungan untuk Aprilio agar tak terlalu memusingkan cibiran haters.

"Jangan ditanggapi bang, tetap semangat ya bang," komentar netizen.

"Sabar bang. Begitulah sifat manusia yang tidak menghargai Tuhan. Merasa hidupnya lebih oke dan maha tau maha benar daripada Tuhan yang menciptakan ibu ini. God bless you bang," timpal netizen yang lain.

Sebelumnya, Aprilio Manganang buka-bukaan tentang dirinya usai dipastikan sebagai laki-laki. Ia terlahir sebagai Aprilia Santini Manganang dan menjalani hidup seperti perempuan selama 28 tahun.

Secara gamblang, Aprilio Manganang menegaskan kalau dirinya bukan transgender. Ia mengalami kelainan hipospadia.

Kelainan hipospadia telah dirasakan Aprilio sejak lahir pada 1992. Hingga akhirnya, ia berganti identitas kelamin pada Maret 2021.

(Matamata.com/Yohanes Endra)

Berita Terkait

Berita Terkini