Arena

Gara-gara Anggaran, Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis?

Media Malaysia mengabarkan bahwa Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia 2021

Irwan Febri Rialdi

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengalahkan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi di babak pertama Indonesia Open 2021 di Nusa Dua, Bali, Selasa (23/11/2021). ANTARA/Roy Rosa Bachtiar
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengalahkan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi di babak pertama Indonesia Open 2021 di Nusa Dua, Bali, Selasa (23/11/2021). ANTARA/Roy Rosa Bachtiar

Bolatimes.com - Isu tidak terduga muncul dari media negeri Jiran, New Straits Times (NST). Media asal Malaysia tersebut mengabarkan Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia 2021.

NST menyebut dua alasan mundurnya Indonesia dari Kejuaraan Dunia 2021, yakni kekhawatiran terhadap virus corona (COVID-19) varian Omicron dan ketiadaan dana.

"Tim bulu tangkis Indonesia, diketahui, secara mengejutkan mundur dari Kejuaraan Dunia yang dimulai pada Minggu di Huelva, Spanyol," tulis NST.

"Meski belum ada konfirmasi resmi terkait hal tersebut, namun dapat dipahami bahwa keputusan Indonesia tersebut karena kekhawatiran atas varian Covid, Omicron," lanjutnya.

"Namun, menurut sumber di Jakarta, bisa juga terkait anggaran," tulis NST lagi.

Kabar ini tentu mengejutkan bagi pecinta bulu tangkis Tanah Air. Sebab, tidak ada angin dan tidak ada hujan, tiba-tiba media tetangga mengabarkan tim Indonesia mundur.

Sementara itu, Kejuaraan Dunia 2021 akan berlangsung di Palacio de Los Deportes Carolina Marin Arena, Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember.

Dalam turnamen kategori Grade 1 atau setara Olimpiade itu, Indonesia mengirim sebanyak 16 wakil sebagaimana merujuk situs BWF Tournament Software, Senin (6/12/2021).

Melihat hasil undian, 10 wakil Indonesia belum dipertemukan oleh lawan-lawan tangguh di babak pertama. Sementara enam lainnya langsung melaju ke babak kedua karena mendapat jatah bye.

Dari sektor tunggal putra, Indonesia mengirim empat wakil yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Tommy Sugiarto. Dari sektor tunggal putri, Indonesia mengirim dua wakil yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan.

Dari sektor ganda putra, Indonesia mengirimkan empat wakilnya ke ajang ini. Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, dan Leo Rolly Carnando / Daniel Marthin.

Dari sektor ganda putri, Greysia Polii / Apriyani Rahayu masih akan menjadi tumpuan. Mereka ditemani Siti Fadia Silva Ramadhanti / Ribka Sugiarto.

Berita Terkait

Berita Terkini