Arena

Profil Sean Gelael, Pebalap yang Alami Kecelakaan Bareng Bamsoet saat Reli

Sean Gelael mengalami kecelakaan bersama Bamsoet saat mengikuti kejuaraan reli di Meikarta.

Rauhanda Riyantama

Sean Gelael bersama kekasihnya. (Instagram/gelaelized)
Sean Gelael bersama kekasihnya. (Instagram/gelaelized)

Bolatimes.com - Nama pebalap Indonesia, Sean Gelael, sedang menjadi perbincangan publik. Gara-garanya, ia baru saja mengalami kecelakaan bersama Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo saat mengikuti kejuaraan reli.

Sean Gelael kecelakaan saat sedang berpartisipasi  dalam acara Kejurnas Sprint Rally 2021 di Meikarta, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/11/2021). Untuk yang penasaran dengan profil Sean Gelael, berikut ini penjelasannya.

Profil dan Perjalanan Karier Sean Gelael 

Sean Gelael yang lahir pada 1 November 1996 ini merupakan seorang pembalap Indonesia yang masih bersaing ketat dengan Jota Sport di FIA World Endurance Championship. Berikut kami sampaikan lebih lengkap profil Sean Gelael. 

Sean Gelael meniti karir sejak kecil dengan mobil balap. Pada suatu kesempatan, Sean menguji coba kemampuannya dalam kategori balap roda terbuka. Berikut data lebih lengkapnya. 

Potret Sean Gelael bersama ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Instagram/gelaelized)
Potret Sean Gelael bersama ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Instagram/gelaelized)

Karting

Pada tahun 2011, Sean Gelael berkompetisi di Asian Karting Open Championship – Formula 125 Senior Open 2011. Sean berhasil menempati posisi ketiga dalam klasemen keseluruhan.

Seri Asia

Sean Gelael memulai karir balap mobilnya di Formula Pilota China pada tahun 2012. Sean menyelesaikan musim debut keempat di klasemen keseluruhan dan kedua di klasemen "Best Asian Trophy". Sean membalap untuk tim BVM di putaran terakhir musim Formula Abarth 2012 di Monza.

FIA Kejuaraan Formula 3 Eropa

Pada tahun 2013, Gelael berpartisipasi dalam FIA European Formula 3 Championship musim 2013, bergabung dengan tim Double R Racing. 

Pada tahun 2014, Gelael menandatangani kontrak dengan Carlin untuk musim 2014. Pada tanggal 10 Mei 2014, ia mencetak poin pertamanya di kejuaraan, finis ke-10 dan karena itu mencetak satu poin di Pau Grand Prix.
Sean berhasil menyelesaikan musim di posisi ke-18 dengan 25 poin.

Kejuaraan Formula 3 Inggris

Sean Gelael juga berkompetisi di Serie Internasional Formula 3 Inggris 2013 bersama Antonio Giovinazzi, mengemudi untuk Double R Racing. Sean Gelael mengklaim podium pertamanya di Silverstone dengan finis ke-3 di balapan kedua. Sean Gelael berhasil menyelesaikan delapan di klasemen akhir secara keseluruhan.

Seri Formula Renault 3.5

Pada tanggal 20 Januari 2015, diumumkan bahwa Sean Gelael akan bersaing di Formula Renault 3.5 Series 2015 dengan Carlin bermitra dengan Tom Dillmann. Sean Gelael berhasil finis di urutan ke-19 di klasemen keseluruhan.

Kejuaraan Seri GP2/FIA Formula 2

Sean Gelael membuat debut Seri GP2 dengan Carlin Motorsport di Grand Prix Hungaria pada musim 2015. Sean Gelael berhasil selesai di urutan 18 dalam lomba fitur dan 20 dalam lomba sprint. Kemudian, pada tahun 2016, Sean Gelael berkompetisi penuh waktu di Seri GP2 dengan Campos Racing, bermitra dengan Mitch Evans.

Di Catalunya, Sean Gelael berhasil finis di urutan ke-19 dalam balapan fitur setelah start dari posisi ke-22 di grid. Sean Gelael juga berhasil mencetak podium pertamanya di Red Bull Ring, di mana dia finis kedua di belakang rekan setimnya Evans, yang memenangkan perlombaan.

Gading Marten, Raffi Ahmad, dan Sean Gelael (Instagram/@raffinagita1717)
Gading Marten, Raffi Ahmad, dan Sean Gelael (Instagram/@raffinagita1717)

Formula 1

Sean Gelael mengendarai Toro Rosso selama latihan bebas untuk Grand Prix Malaysia 2017 Sean Gelael memiliki pengalaman pertamanya di mesin Formula Satu dengan mengendarai Toro Rosso STR12 pada tes di musim setelah Grand Prix Bahrain 2017, menyelesaikan 78 lap.

Dia terus mengemudi untuk Toro Rosso dalam kapasitas pengujian sepanjang musim 2017, termasuk tes di Sirkuit Hungaroring dan Yas Marina serta penampilan latihan Jumat di Singapura, Malaysia, Amerika Serikat dan Meksiko.

Dia melanjutkan hubungannya dengan Toro Rosso selama musim 2018, tampil di hari-hari pengujian di Spanyol, Hongaria dan Abu Dhabi, dan pada sesi latihan Jumat Grand Prix Amerika Serikat.  Pada tahun 2019, Sean Gelael kembali mengambil bagian dalam tes ban pascamusim untuk Toro Rosso di Abu Dhabi. 

Balap ketahanan

Sean Gelael juga pernah berpartisipasi dalam adu balap ketahanan. Berikut rincian balap ketahanan yang diikuti Sean Gelael. 

Seri Le Mans Asia

Sean Gelael membuat debut Asian Le Mans Series di paruh kedua musim 2015-16. Sean membela tim Jagonya Ayam dengan Eurasia bersama Antonio Giovinazzi, pasangan ini memenangkan kedua balapan yang mereka ikuti dan finis ketiga di klasemen.

Sean Gelael kembali ke seri untuk musim 2021 penuh, mengemudi untuk Jota Sport bersama pembalap Formula E Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist di LMP2. Dia finis kedua dan kelima di Dubai dan memenangkan kedua balapan di Abu Dhabi. 

Seri Le Mans Eropa

Di Le Mans Eropa, Sean Gelael berkompetisi di Monza 4 Hours of Monza 2021 dengan Jota Sport, mengemudi bersama pembalap Malaysia Jazeman Jaafar, di mana dia berhasil finis ketiga.

Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA

Sean Gelael juga mencetak prestasi di kejuaraan ketahanan dunia FIA. Sean Gelael membuat debut FIA World Endurance Championship dengan Extreme Speed Motorsports di musim 2016, bersaing dalam tiga putaran terakhir musim ini.

Gelael berkompetisi di FIA World Endurance Championship 2021 dengan Jota Sport, bermitra dengan Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist untuk mengendarai mobil Jota Sport LMP2 No. 28. Pada 24 Hours of Le Mans 2021, ia finish ketujuh di klasemen keseluruhan dan kedua di kelas LMP2, meraih podium dalam debut 24 Hours of Le Mans.

Kehidupan Pribadi Sean Gelael

Membahas profil Sean Gelael yang punya banyak prestasi kurang lengkap tanpa kehidupan pribadi Sean Gelael. Berikut kehidupan pribadi Sean Gelael yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber: 

  • Keluarga 
    Sean Gelael dikenal sebagai  putra dari pemilik waralaba Kentucky Fried Chicken Indonesia dan mantan pembalap reli Ricardo Gelael dan aktris Rini S Bono. Itu berarti Sean adalah cucu dari Dick Gelael, pendiri Gelael Supermarket.
  • Kekasih
    Saat ini, diketahui Sean Gelael berpacaran dengan Naarah Joesoef yang diketahui sebagai sepupu Dian Sastro Wardoyo. Sebelum berpacaran dengan Naarah, tahun 2020, Sean Gelael diketahui berpacaran dengan Mia Hernoto. Kebersamaan mereka dapat dilihat di berbagai unggahan, tak hanya media sosial pribadi tapi juga di beberapa media mainstream yang pernah memberitakan tentang mereka.

Demikian itu data perjalanan karier dan profil Sean Gelael, pembalap yang kecelakaan saat bersama Bambang Soesatyo.

(Penulis: Mutiya Saroh)

Berita Terkait

Berita Terkini