Arena

Fakta Menarik Toprak Razgatlioglu, Juara Baru WSBK Seorang Muslim yang Taat

Toprak Razgatlioglu merebut gelar Jonathan Rea.

Husna Rahmayunita

Pembalap Yamaha Toprak Razgatlioglu menyabet gelar juara WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). (Foto: AFP)
Pembalap Yamaha Toprak Razgatlioglu menyabet gelar juara WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). (Foto: AFP)

Bolatimes.com - Toprak Razgatlioglu keluar sebagai pemenang World Superbika (WSBK) 2021 mengalahkan juara bertahan Jonathan Rea. Berikut fakta menarik Toprak Razgatlioglu.

Toprak Razgatlioglu merupakan pembalap Yamaha asal Turki. Ia dipastikan menjadi juara WSBK 2021 seusai memimpin klasemen dengan raihan 551 poin, atau 25 poin di atas Jonathan Rea.

Menariknya, dia melakukan selebrasi yang berbeda dengan pembalap lain. Toprak gagal meraih kemenangan di Sirkuit Mandalika, namun tetap naik podium dan mengunci gelar juara.

Toprak finis kedua di Race 1 hari ini dan P4 di Race 2, sedangkan Rea memenangi Race 1 dan Race 2 di WSBK Mandalika hari ini, Minggu (21/11/2021).

Seusai mengunci gelar juara dunia pasca balapan Race 1 hari ini, Toprak sendiri cukup mencuri perhatian. Beragama Islam dan dikenal sebagai muslim yang taat.

Pebalap kelahiran Alanya, Turki itu tidak melakukan selebrasi dengan sampanye, minuman beralkohol yang selama ini begitu identik dengan perayaan kemenangan di olahraga balap.

Toprak Razgatlioglu (Twitter)
Toprak Razgatlioglu (Twitter)

Perayaan gelar Toprak Razgatliouglu di Sirkuit Mandalika terbilang sederhana dan bersahaja. Ia terlihat hanya menyedot minuman berenergi di paddock dan podium seusai balapan, sambil tentunya berbagi kegembiraan dengan ofisial dan para mekanik Yamaha.

Pemandangan yang jelas terlihat adalah Toprak mengganti wearpack menjadi seragam warna biru kebanggaan Yamaha dan helmnya yang dibalut warna emas saat melakukan selebrasi.

Di parc femme, Toprak enggam mengikuti pesta sampanye bersama dua rider lainnya. Ia memilih turun dari podium.

Pembalap berusia 25 tahun itu memang dikenal sebagai Muslim yang taat. Ini terlihat dari bio akun Instagram pribadinya.

"Saya akan melakukan yang terbaik, sisanya saya serahkan kepada Allah," demikian makna tulisan di bio akun Instagram Toprak.

Di bawah kalimat itu tertulis pula "BismillahFirst", baru kemudian daftar cuplikan kariernya di dunia balap.

Gelar juara dunia WSBK 2021 sendiri didedikasikan Toprak untuk sang ayah yang telah meninggal.

"Saya sangat bahagia. Hari ini di Indonesia amat spesial. Gelar juara dunia ini untuk ayah saya," ucap Toprak seperti dilansir Crash.net, Minggu (21/11/2021).

"Menjadi juara dunia selalu menjadi impian saya. Sayangnya, beliau tak ada di sini karena sudah meninggal dunia. Tapi saya merasa beliau menonton saya. Ini hari yang menakjubkan, saya kini jadi juara dunia," tukasnya.

(Suara.com/Rully Fauzi)

Berita Terkait

Berita Terkini