Arena

3 Turnamen Bulu Tangkis Dunia di Bali Digelar dengan Sistem Gelembung

Indonesia Badminton 2021 dihelat mulai November hingga Desember 2021.

Husna Rahmayunita

Ilustrasi -Servis bulutangkis. (Antara/Maha Eka Swasta)
Ilustrasi -Servis bulutangkis. (Antara/Maha Eka Swasta)

Bolatimes.com - Sebanyak tiga turnamen bulu tangkis dunia bertajuk Indonesia Badminton 2021 akan digelar di Bali. Penyelenggaran ajang olahraga bergensi ini akan menerapkan sistem gelembung.

Ini dilalukan lantaran masih pandemi Covid-19, sehingga turnamen digelar secara tertutup. PBSI menyelenggarakan Indonesia Badminton 2021 mulai November hingga Desember 2021.

Adapun tiga turnamen bulu tangkis Indonesia Badminton 2021 meliputi Indonesia Masters 2021, Indonesia Open 2021, dan BWF World Tour Finals 2021.

Ketiganya akan bergulir di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, pada 16 November hingga 5 Desember itu bakal diikuti sekitar 300 pebulu tangkis dari 26 negara.

Indonesia Masters yang kini 'naik kelas' ke level Super 750 dan akan jadi pembuka dari tiga rangkaian turnamen, dijadwalkan bergulir pada 16-21 November.

Lalu Indonesia Open 2021 yang merupakan level Super 1000 akan berlangsung pada 23-28 November, sebelum ditutup BWF World Tour Finals 2021 pada 1-5 Desember mendatang.

PBSI memilih Pulau Dewata sebagai tuan rumah turnamen bergengsi ini karena situasi pandemi yang melandai di Bali.

Apalagi, vaksinasi di Pulau Dewata juga sudah berjalan sangat baik dan mencapai 100 persen. Selain itu juga untuk memulihkan kembali pariwisata di Pulau Dewata.

"Ini merupakan penghargaan bagi Indonesia yang diakui dunia internasional sebagai kiblat bulutangkis dunia,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Agung Firman Sampurna dalam rilis PBSI, Jumat (29/10/2021).

"Apalagi, hadirnya para pebulutangkis top dunia akan membuat semua mata penggemar bulutangkis, baik nasional maupun internasional akan tertuju ke Pulau Dewata."

Pemain terbaik dunia dari banyak negara sudah menyatakan siap memanaskan persaingan. Pemain top dunia, seperti asal Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, India, Denmark, Inggris, Rusia, dll., siap unjuk gigi.

Penyelenggaran Indonesia Badminton 2021 digelar dengan sistem gelembung seperti yang diterapkan di All England 2021. Sistem gelembung diberlakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dengan aturan itu, nantinya kontak partisipan turnamen dengan orang luar akan dibatasi. Mereka akan dikarantina secara terpusat di lokasi yang sama, tetapi masih bisa melakukan latihan.

Para atlet, ofisial dan staf wajib mematuhi protokol kesehatan sepanjang gelaran Indonesia Badminton 2021.

(Suara.com/Arief Apariadi)

Berita Terkait

Berita Terkini