Arena

Bola Voli Berasal dari Negara Mana? Ternyata Ini Asal Usulnya

Belum banyak yang tahu sejarah bola voli.

Husna Rahmayunita

Ilustrasi - Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus
Ilustrasi - Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus

Bolatimes.com - Permainan bola voli menjadi salah satu olahraga yang populer di dunia. Salah satu pertanyaan yang sering muncul ialah permainan bola voli berasal dari negara mana? Berikut sejarah bola voli.

Dari perjalanan sejarahnya, permainan bola voli pertama kali dimainkan di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat, pada 9 Februari 1985.

Namun, pada masa-masa awal, permainan bola voli di negara asalnya itu masih disebut sebagai Mintonette. Orang pertama yang menemukan permainan ini ialah, William G Morgan.

Morgan merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani yang lulus dari Springfield College of YMCA (Young Men’s Christian Association).

Permainan bola voli diciptakan Morgan tepatnya empat tahun setelah munculnya permainan bola basket yang dicetuskan oleh James Naismith.

Pada awalnya, permainan ini sebenarnya menggabungkan segala jenis permainan, mulai dari bisbol, bola basket, tenis, dan bola tangan.

Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)
Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)

Saat pertama kali diciptakan, bola voli atau yang saat itu masih disebut sebagai Mintonette memang dikhususkan untuk anggota YMCA yang mayoritas usianya sudah relatif tua.

Itulah sebabnya, permainan bola voli pada masa-masa awal tidak seaktif seperti permainan bola basket yang jauh lebih intensif dan mengandalkan kontak fisik.

Baru pada tahun 1896, Mintonette berubah nama menjadi volleyball atau bola voli. Saat itu, permainan ini mendemonstrasikan pertandingan pertamanya pada ajang International YMCA Training School.

Ketika itu, Morgan diminta untuk mendemonstrasikan permainan baru yang dia ciptakan di stadion kampus yang baru.

Saat menggelar konferensi yang digelar di kampus YMCA, pendemonstrasian permainan bola voli turut diikuti oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani.

Dalam momen tersebut, Morgan membawa dua kelompok yang masing-masing terdiri dari lima orang. 

Pada kesempatan itu, Morgan turut menjelaskan bahwa permainan bola voli merupakan olahraga yang bisa dimainkan di mana saja, baik itu di dalam maupun luar ruangan.

Menurut penuturan Morgan saat itu, permainan ini juga bisa mengakomodasi lebih banyak pemain di atas lapangan.

Sebab, pada masa-masa awal, tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan bola voli.

Intinya, tujuan utama dari permainan ini saat masa-masa awal ditemukan ialah menjaga bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah menuju wilayah lain.

Itulah sejarah bola voli.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini