Arena

7 Fakta Menarik Fabio Quartararo usai Jadi Juara Dunia MotoGP 2021

Fabio Quartararo dikukuhkan menjadi juara MotoGP 2021 setelah unggul 65 poin atas pesaing dekatnya, Francesco Bagnaia.

Rauhanda Riyantama

Fabio Quartararo saat mengklaim gelar juara dunia MotoGP 2021. (Instagram)
Fabio Quartararo saat mengklaim gelar juara dunia MotoGP 2021. (Instagram)

Bolatimes.com - Sesi balapan di Grand Prix Emilia Romagna, Italia, Minggu (24/10/2021) berlangsung dramatis. Pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo, pun dinobatkan sebagai juara baru MotoGP seusai melewati garis finis.

Meskipun Fabio Quartararo hanya mampu finis di posisi keempat, di belakang Marc Marquez, Pol Espargaro, dan Enea Bastianini, tetapi perolehan poinnya dipastikan sudah tak bisa dikejar oleh para pesaingnya.

Seusai balapan itu, Fabio Quartararo dikukuhkan menjadi juara MotoGP 2021 setelah unggul 65 poin atas pesaing dekatnya, Francesco Bagnaia.

Bagi Francesco Bagnaia, sesi balapan terakhir ini berlangsung tragis. Sebab, dia terjatuh saat menyisakan putaran putaran. 

Akhirnya, Bagnaia harus puas melepaskan ambisi untuk meraih gelar juara dunia di musim ini. Padahal, dia beraksi di rumahnya sendiri dan disaksikan publik Italia.
Sementara itu, bagi Quartararo, gelar juara MotoGP 2021 sukses diamankan setelah pebalap berusia 22 tahun itu meriah lima kemenangan balapan dan naik podium sebanyak 10 kali.

Selain itu pula, dengan keberhasilan ini, Quartararo menjadi pembalap prancis pertama yang sukses meraih gelar juara dunia MotoGP. 

Dilansir dari situs resmi MotoGP, berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah fakta menarik mengenai Fabio Quartararo, juara dunia MotoGP 2021.

1. Quartararo sudah mulai membalap sejak usia empat tahun. Awalnya, dia dimanajeri oleh Jean Philippe Henry dan ayahnya sendiri, Etienne, yang juga berstatus sebagai mantan juara dunia asal Prancis di kelas 125 cc.

2. Ayah kandung Quartararo merupakan seorang tukang kunci, sementara ibunya bekerja sebagai penata rambut. Mereka tinggal di Andorra.

3. Meskipun berstatus sebagai pembalap MotoGP, tetapi lelaki yang akrab dengan sapaan El Diablo itu juga kenal dekat dengan sejumlah pembalap F1 seperti Daniel Ricciardo, Esteban Ocon, hingga Pierre Gasly.

4. Saat masih kecil, Quartararo memiliki sahabat bernama Thomas Maubant. Keduanya bertemu di pantai saat masih sama-sama kecil. Kini, kisah persahabatan keduanya berlanjut karena bekerja sama di paddock MotoGP.

5. Pembalap asal Prancis ini juga dikenal melek fashion. Sebab, dia pernah menjadi model untuk Golce & Gabbana di masa senggangnya. Selain menjadi model, dia juga gemar bermain golf.

6. Julukan El Diablo yang digunakan Quartararo terinspirasi dari replica helm milik Roberto Locatelli yang dihiasi stiker bergambar iblis.

7. Fabio Quartararo juga dikenal doyan menyantap burger setelah menyelesaikan balapan akhir pekan yang sibuk di paddock.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini