Istilah-istilah dalam Permainan Bola Voli yang Perlu Diketahui

Banyak yang belum tahu mengenai istilah-istilah dalam permainan voli.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)

Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)

Bolatimes.com - Voli merupakan salah satu olahraga populer di dunia saat ini. Banyak masyarakat dari lapisan atas hingga bawah yang meminati, memainkannya atau sekadar menonton pertandingannya.

Pada awal penemuannya, olahraga voli ini bernama Mintonette yang ditemukan oleh Instruktur Pendidikan Jasmani, William G Morgan pada 1895 di Amerika Serikat.

Ia menciptakan Mintonette empat tahun setelah lahirnya olahraga basket oleh James Naismith. Pada mulanya, olahraga Mintonette ini merupakan kombinasi dari beberapa permainan.

Baca Juga: Chelsea Bantai Norwich City 7-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Permainan tersebut ialah basket, baseball, tenis, dan handball. Di awal kemunculannya pula, Mintonette dimainkan oleh anggota YMCA yang rata-rata usianya tak muda lagi.

Hingga akhirnya pada 1896, Mintonette berubah nama menjadi volleyball atau bola voli. Dalam demonstrasi pertandingan pertamanya, William G Morgan menunjukkan cara memainkan Voli.

Saat itu, Morgan membawa dua tim masing-masing berisi lima orang dengan tujuan permainan yakni mempertahankan bola supaya tetap dimainkan dan melewati net yang tinggi ke area lawan.

Baca Juga: Chelsea Bantai Norwich 7-0, Kokoh Rajai Klasemen Sementara Liga Inggris

Ilustrasi - Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus
Ilustrasi - Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus

Lambat laun permainan bola voli berevolusi di mana permainan bisa berisi 16 orang hingga kini awam dan dikenal serta dimainkan oleh satu tim yang berisikan enam pemain.

Meski kini permainan voli terbilang awam dan banyak dikenal, ternyata tak banyak yang tahu mengenai istilah-istilah dalam permainannya.

Berikut istilah-istilah dalam permainan bola voli.

Baca Juga: Arema FC Sikat Persiraja Banda Aceh 2-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

1. Servis

Servis merupakan salah satu teknik dasar untuk memulai permainan voli. Pada awalnya, teknik ini digunakan untuk bertahan. Tapi lambat laun teknik ini juga dipakai untuk menyerang lawan.

2. Smash atau Spike

Baca Juga: Witan Sulaeman Soroti Komunikasi Timnas U-23 Jelang Lawan Australia

Sama seperti olahraga bulu tangkis, smash dalam permainan voli yakni memukul bola dengan keras dan melewati atas net ke daerah lawan.

3. Diving atau Dike

Diving atau Dike sendiri merupakan teknik memukul bola hasil smash yang meluncur ke area pemain. Diving sendiri dilakukan untuk mencegah bola hasil Smash jatuh ke tanah dan menjaga bola agar tetap di permainan.

4. Blok

Blok merupakan istilah untuk menghentikan serangan lawan di dekat net agar bola tak masuk ke area pemain. Teknik ini juga bisa menghasilkan poin andai bola hasil blok bersarang di area lawan.

5. Stuff Block

Stuff Block merupakan istilah untuk bola hasil blok yang malah jatuh di area sendiri sehingga memberi poin ke lawan.

6. Rally

Rally adalah istilah untuk menggambarkan permainan saat berlangsung di mana bola masih bisa dimainkan oleh kedua tim.

7. Center Line

Center Line merupakan istilah yang menggambarkan garis di tengah atau tepat di bawah net untuk memisahkan area antara dua tim.

8. End Line

End Line sendiri merupakan garis batas di akhir lapangan yang terdiri atas dua garis yang melewati lebar lapangan.

9. Set

Set merupakan teknik melempar bola dengan menggunakan kedua tangan di atas kepala. Biasanya, teknik itu dilakukan oleh pemain berposisi Tosser untuk memberi rekannya kesempatan melakukan Smash.

10. Tosser

Tosser atau Setter merupakan istilah pemain yang menempati posisi di depan net yang bertugas mengatur arah serangan dan memberikan umpan kepada Smasher atau Spiker.

11. Libero

Sama seperti sepak bola, Libero di Voli merupakan istilah yang menggambarkan pemain bertahan dan dapat bebas keluar masuk namun tak boleh melakukan Smash.

12. Pass

Pass atau operan merupakan teknik mengoper bola sesaat setelah Serve berhasil dilakukan oleh pemain.

13. Hitting Error

Hitting Error merupakan istilah di mana bola keluar dari garis lapangan setelah kedua tim memainkan Rally. Keluarnya bola ini menjadi poin bagi lawan.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak