Arena

Istilah-istilah dalam Permainan Bola Voli yang Perlu Diketahui

Banyak yang belum tahu mengenai istilah-istilah dalam permainan voli.

Husna Rahmayunita

Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)
Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)

Bolatimes.com - Voli merupakan salah satu olahraga populer di dunia saat ini. Banyak masyarakat dari lapisan atas hingga bawah yang meminati, memainkannya atau sekadar menonton pertandingannya.

Pada awal penemuannya, olahraga voli ini bernama Mintonette yang ditemukan oleh Instruktur Pendidikan Jasmani, William G Morgan pada 1895 di Amerika Serikat.

Ia menciptakan Mintonette empat tahun setelah lahirnya olahraga basket oleh James Naismith. Pada mulanya, olahraga Mintonette ini merupakan kombinasi dari beberapa permainan.

Permainan tersebut ialah basket, baseball, tenis, dan handball. Di awal kemunculannya pula, Mintonette dimainkan oleh anggota YMCA yang rata-rata usianya tak muda lagi.

Hingga akhirnya pada 1896, Mintonette berubah nama menjadi volleyball atau bola voli. Dalam demonstrasi pertandingan pertamanya, William G Morgan menunjukkan cara memainkan Voli.

Saat itu, Morgan membawa dua tim masing-masing berisi lima orang dengan tujuan permainan yakni mempertahankan bola supaya tetap dimainkan dan melewati net yang tinggi ke area lawan.

Ilustrasi - Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus
Ilustrasi - Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus

Lambat laun permainan bola voli berevolusi di mana permainan bisa berisi 16 orang hingga kini awam dan dikenal serta dimainkan oleh satu tim yang berisikan enam pemain.

Meski kini permainan voli terbilang awam dan banyak dikenal, ternyata tak banyak yang tahu mengenai istilah-istilah dalam permainannya.

Berikut istilah-istilah dalam permainan bola voli.

1. Servis

Servis merupakan salah satu teknik dasar untuk memulai permainan voli. Pada awalnya, teknik ini digunakan untuk bertahan. Tapi lambat laun teknik ini juga dipakai untuk menyerang lawan.

2. Smash atau Spike

Sama seperti olahraga bulu tangkis, smash dalam permainan voli yakni memukul bola dengan keras dan melewati atas net ke daerah lawan.

3. Diving atau Dike

Diving atau Dike sendiri merupakan teknik memukul bola hasil smash yang meluncur ke area pemain. Diving sendiri dilakukan untuk mencegah bola hasil Smash jatuh ke tanah dan menjaga bola agar tetap di permainan.

4. Blok

Blok merupakan istilah untuk menghentikan serangan lawan di dekat net agar bola tak masuk ke area pemain. Teknik ini juga bisa menghasilkan poin andai bola hasil blok bersarang di area lawan.

5. Stuff Block

Stuff Block merupakan istilah untuk bola hasil blok yang malah jatuh di area sendiri sehingga memberi poin ke lawan.

6. Rally

Rally adalah istilah untuk menggambarkan permainan saat berlangsung di mana bola masih bisa dimainkan oleh kedua tim.

7. Center Line

Center Line merupakan istilah yang menggambarkan garis di tengah atau tepat di bawah net untuk memisahkan area antara dua tim.

8. End Line

End Line sendiri merupakan garis batas di akhir lapangan yang terdiri atas dua garis yang melewati lebar lapangan.

9. Set

Set merupakan teknik melempar bola dengan menggunakan kedua tangan di atas kepala. Biasanya, teknik itu dilakukan oleh pemain berposisi Tosser untuk memberi rekannya kesempatan melakukan Smash.

10. Tosser

Tosser atau Setter merupakan istilah pemain yang menempati posisi di depan net yang bertugas mengatur arah serangan dan memberikan umpan kepada Smasher atau Spiker.

11. Libero

Sama seperti sepak bola, Libero di Voli merupakan istilah yang menggambarkan pemain bertahan dan dapat bebas keluar masuk namun tak boleh melakukan Smash.

12. Pass

Pass atau operan merupakan teknik mengoper bola sesaat setelah Serve berhasil dilakukan oleh pemain.

13. Hitting Error

Hitting Error merupakan istilah di mana bola keluar dari garis lapangan setelah kedua tim memainkan Rally. Keluarnya bola ini menjadi poin bagi lawan.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini