Arena

Mau Mencoba Bermain Skateboard? Ini Peralatan yang Anda Butuhkan!

Kiprah skateboard terus meningkat. Hal ini ditandai dengan masuknya skateboard ke Asian Games 2018 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Rendy Adrikni Sadikin

Orang bermain skateboard.(Unsplash.com/@whoistaylorsmith)
Orang bermain skateboard.(Unsplash.com/@whoistaylorsmith)

Bolatimes.com - Skateboard merupakan olahraga yang identik dengan anak muda. Olahraga ini muncul sejak tahun 1940-an di California. Kiprah olahraga skateboard sampai sekarang terus meningkat. Hal ini ditandai dengan masuknya skateboard dalam pertandingan besar seperti Asian Games 2018 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Di Indonesia pun mulai bertebaran skate park yang menjadi sarana umum untuk bermain skateboard, sehingga peminat skateboard di Indonesia semakin tinggi. Dalam bermain skateboard, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan seperti papan skateboard, safety guard, dan sepatu skate seperti sepatu Vans.

Papan Skateboard

Alat yang pertama adalah papan skate. Kalau mau main skate, sudah jelas papan skateboard jadi alat utama yang Anda butuhkan. Papan skateboard memiliki beberapa komponen yaitu skateboard deck, truck, dan roda atau wheels. Skateboard deck yaitu papan utama yang terbuat dari kayu sedangkan truck skateboard yaitu penyangga di bawah papan antara skateboard deck. Masing–masing komponen skateboard punya ukuran yang berbeda–beda, bentuk komponen dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dari kegiatan skate yang diinginkan.

Ada tiga jenis skateboard deck yaitu papan popsicle, papan bowl/park, dan longboard. Papan popsicle memiliki ujung berbentuk bulat dan biasanya berukuran 7,5 sampai 8,5 inci. Papan popsicle biasa dipakai di skate park. Papan bowl/park biasanya berukuran 8,25 sampai 9 inci, papan ini sering digunakan saat bermain skate di permukaan transisi, seperti pool (arena bermain skate yang berbentuk seperti kolam renang) dan ramps (arena bermain skate yang berbentuk setengah pipa berukuran besar). Jenis papan yang terakhir yaitu longboard, papan ini sering digunakan di jalanan beraspal. Maka papan jenis ini sering kali digunakan untuk transportasi alternatif.

Saat ini skateboard memiliki desain motif dan warna yang beragam, biasanya warna yang digunakan dalam desain skateboard cenderung warna–warna yang mencolok. Skateboard juga memiliki berbagai ukuran untuk anak hingga dewasa. Anda dapat merakit skateboard sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Tetapi jika kebingungan untuk merakitnya, Anda dapat membeli skateboard yang sudah jadi melalui toko online maupun offline. Dalam memilih skateboard, Anda perlu selektif dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Safety guard

Alat yang kedua adalah safety guard. Agar tetap aman saat bermain skate, safety guard menjadi alat yang dibutuhkan dalam skate. Menggunakan safety guard dapat meminimalisir cedera apabila terjatuh atau terjadi kecelakaan saat bermain skate. Safety guard dalam skate terdiri dari helm serta pelindung siku dan lutut.

Helm yang digunakan yaitu helm khusus skate, berbentuk kokoh dan memiliki pengait sehingga dapat melindungi kepala apabila terjadi benturan. Helm skate memiliki warna beragam, mulai dari warna monokrom seperti hitam dan putih hingga warna pastel seperti merah muda dan biru muda. Pelindung siku dan lutut yang digunakan berbahan plastik keras, tetapi pastikan pelindung siku dan lutut yang digunakan tidak membatasi gerak agar Anda dapat bermain skate dengan nyaman.

Sepatu

Alat yang ketiga adalah sepatu. Sebagai olahraga yang lebih banyak menggunakan kaki dalam memainkannya, maka sepatu menjadi alat yang tidak kalah penting dalam bermain skate. Untuk kenyamanan dan keamanan sepatu dalam bermain skate, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan. Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah jenis sepatu skate, sesuaikan dengan keperluan Anda. Jenis sepatu skate bisa dibedakan menjadi tiga kategori, yakni low top, mid top, dan high top.

Sepatu low top memberikan kaki Anda keleluasaan yang maksimal sehingga kaki bisa bergerak lebih bebas. Sedangkan high top akan menutupi mata kaki Anda sehingga pergerakan jadi tidak seleluasa low top. Namun dari segi proteksi, tentu sepatu high top jauh lebih baik dibandingkan dengan low top. Bila mata kaki Anda sering berbenturan dengan papan skate saat melakukan trik, high top bisa jadi pilihan tepat. Jika ingin sepatu yang seimbang antara proteksi dan fleksibilitasnya, Anda dapat memilih jenis mid top.

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah desain pattern bagian bawah. Pattern tak hanya dibuat agar sepatu terlihat lebih stylish, tetapi juga untuk memberikan board feel yang lebih maksimal. Umumnya ada dua pattern sepatu yang terkenal, yaitu herringbone tread dan waffle sole.

Herringbone tread jika dilihat-lihat mirip tulang ikan dengan pattern zig-zag. Pattern ini berguna untuk melepaskan debu, tanah liat, atau kotoran lainnya yang menempel di sepatu Anda. Saat sepatu tertekuk, kotoran yang menempel akan jatuh dengan sendirinya. Kotoran yang menempel bisa mengganggu kestabilan dan kenyamanan Anda saat bermain. Waffle sole terkenal di produk-produk sepatu Vans. Jenis outsole ini memiliki daya gesekan yang lebih baik terhadap papan atau permukaan tanah. Dengan begitu, cengkeraman Anda akan lebih baik saat menggunakannya.

Vans sudah menjadi sepatu pilihan para pemain skateboard sejak tahun 1970-an. Maka tidak heran, kalau Vans dianggap sebagai “World’s #1 Skateboard Shoe”. Saat ini banyak sekali produk Vans palsu yang beredar, sehingga Anda perlu berhati–hati jika ingin membeli sepatu Vans untuk bermain skateboard. Agar mendapatkan sepatu Vans yang terjamin original, Anda dapat membelinya melalui Blibli dan nikmati berbagai promo yang menanti.

Berita Terkait

Berita Terkini