Arena

Hebat, Pemain Persija Raih Medali Emas PON Papua 2021 Cabor Muaythai

Tak main di cabor sepak bola, Ichida malah tampil di cabor Muaythai dan sukses meraih dua medali

Irwan Febri Rialdi

Pemain Persija Jakarta U-16 sekaligus atlet Muaythai Indonesia, Muhammad Uchida menyabet medali perunggu di ajang SEA Games 2019 di Filipina. (Dok. Persija).
Pemain Persija Jakarta U-16 sekaligus atlet Muaythai Indonesia, Muhammad Uchida menyabet medali perunggu di ajang SEA Games 2019 di Filipina. (Dok. Persija).

Bolatimes.com - Bek muda Persija, Muhammad Uchida Sudirman, meraih prestasi gemilang di PON Papua 2021. Namun, bukan dari cabang olahraga (cabor) sepak bola, melainkan Muaythai.

Pemain kelahiran Jakarta, 25 Maret 2003, itu meraih medali emas di kelas Seni Waikru Putra setelah menaklukkan wakil Papua. Ia juga mendapat perunggu di kelas Fight -73 kg.

Usai mendapat prestasi tersebut, Uchida mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang mendukungnya. Terutama manajemen Persija yang memberikannya izin berkarier di luar sepak bola.

"Terima kasih kepada semua pihak yang selalu membantu saya. Terima kasih kepada manajemen Persija yang memberikan kelonggaran kepada saya untuk bisa berkarier di dua cabang olahraga," kata Uchida dalam keterangan resmi klub.

"Alhamdulillah saya bisa balas dengan prestasi. Mungkin bukan yang terbaik tapi saya sudah berusaha maksimal," jelas Uchida.

Sebelumnya di SEA Games 2019, Uchida juga sukses meraih medali perunggu di nomor Waikru Putra. Berprestasi di Muaythai, Uchida memastikan tak akan meninggalkan sepak bola.

Ia bertekad menjadi pesepakbola profesional. Terlebih lagi, ia sudah menjadi bagian dari 34 pemain tim utama Persija untuk BRI Liga 1 2021/2022.

"Pastinya dengan saya bergabung di skuad utama Persija bisa jadi pemberat ke mana saya akan berkarier. Mungkin 3-5 tahun ke depan saya akan lebih fokus untuk menggapai tujuan saya di sepak bola. Ada Piala Dunia U-20 2023, saya ingin menjadi bagian dari itu,” tambah jebolan timnas U-16 tersebut.

Kini Uchi pun sudah tak sabar untuk bergabung dengan Alfriyanto Nico dan kawan-kawan dalam persiapan menuju seri 2 BRI Liga 1. Macan Kemayoran --julukan Persija-- dijadwalkan melawan Arema FC pada 17 Oktober mendatang.

“Saya menunggu instruksi dari manajemen terkait jadwal latihan. Yang pasti saya sudah siap setelah PON ini,” pungkas Uchida.

(Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini