Arena

Viral Permainan 'Bar-bar' Jatim vs Jabar, Kepemimpinan Wasit Dipertanyakan

Pertandingan penuh aksi kungfu. Tapi wasit dengan lisensi AFC tak mampu mengambil keputusan tegas dan hanya membiarkan

Irwan Febri Rialdi

Pertandingan futsal PON XX Papua antara Tim Jawa Barat melawan Tim Jawa Timur di GOR Futsal Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5 Timika, Rabu (29/9/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)
Pertandingan futsal PON XX Papua antara Tim Jawa Barat melawan Tim Jawa Timur di GOR Futsal Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5 Timika, Rabu (29/9/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)

Bolatimes.com - Tim futsal Jawa Timur mendapat sorotan dan viral di media sosial setelah tampil bar-bar di laga melawa Jawa Barat pada pertandingan terakhir Grup B PON XX Papua 2021.

Pertandingan yang berlangsung Rabu (29/9/2021) itu viral bukan hanya karena berlangsung seru di mana tim Jawa Timur meraih kemenangan 4-3 guna lolos ke semifinal.

Namun, juga karena perilaku kasar kedua kesebelasan saat bertanding. Hal itu terlihat dari potongan video pertandingan yang diunggah pelatih tim futsal Sulawesi Selatan, Azhar Rahman di Instagram.

Azhar lewat keterangan dalam video yang dia unggah, mengritik kepemimpinan wasit Noviandry yang dianggap banyak membuat keputusan keliru.

Dia tidak menjelaskan lebih detil terkait keputusan wasit yang dirasa kurang benar dalam laga itu, tetapi dalam video terlihat kedua tim bermain sangat kasar dan pengadil jarang memberikan pelanggaran.

"Menurut saya, abang (Noviandry) salah sastu wasit [futsal--red] terbaik di Indonesia dengan lisensi wasit AFC dan sebagai instruktur wasit futsal di Indonesia," tulis Azhar di akun instagramnya, @azharrahman23.

"Tapi di pertandingan PON Jabar vs Jatim, menurut pandangan saya, abang banyak mengambil keputusan yang salah."

"Semoga di pertandingan semifinal besok, kalau abang memimpin, bisa lebih baik lagi. Maju terus futsal Indonesia."

Terlepas dari 'futsal kung fu' yang diperaktikan beberapa pemain, laga Jatim vs Jabar di GOR Futsal Kabupaten Mimika, berlangsung sengit.

Tim Jabar yang memuncaki Grup B dengan poin 9 beberapa kali mengancam gawang Tim Jatim yang dikawal Akhmal Trijayanto.

Keasikan menyerang, justru Tim Jatim unggul terlebih dahulu melalui sepakan keras Faishal Ammar pada menit ke-10.

Setelah gol tersebut tensi pertandingan makin memanas. Wasit yang memimpin pertandingan memberikan kartu merah kepada pemain Jabar Muhammad Rizky Xavier.

Hal itu sontak menimbulkan protes keras dari ofisial Tim Jabar, sehingga pertandingan sempat dihentikan beberpa saat.

Unggul jumlah pemain membuat Tim Jatim semakin menekan pertahanan Tim Jabar dan Singgih Rimana Jati kembali menjebol gawang M Nasrulloh untuk kedua kalinya.

Tim Jabar akhirnya mampu menciptakan gol balasan melalui tendangan mendatar Firman Adriansyah pada menit ke-18.

Selepas itu, Tim Jatim tiga kali mendapat pinalti, namun semuanya gagal menjebol gawang Tim Jabar.

Hingga babak pertama berakhir, Tim Jatim unggul 2-1 atas Tim Jabar.

Memasuki babak kedua, Tim Jabar langsung menekan pertahanan Tim Jatim. Pada menit ke-25, Tim Jabar berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui kaki Muhammad Fajriyan.

Tidak lama kemudian, Tim Jatim kembali mendapatkan hadiah pintalti setelah seorang pemainnya dilanggar pemain Jabar di area pinalti.

Januardy Ramadhani yang dipercayakan menjadi algojo pinalti Jatim berhasil menjebol gawang Tim Jabar untuk menambah keunggulan menjadi 3-2.

Keunggulan Tim Jatim tak bertahan lama setelah pada menit ke-35 berhasil disamakan lagi Tim Jabar menjadi 3-3 akibat gol bunuh diri salah satu pemain Jatim.

Namun nasib baik rupanya berpihak pada Tim Jatim. Pada menit ke-36, Jatim kembali mendapat hadiah pinalti untuk kelima kalinya dan berhasil dimanfaatkan oleh Januardy untuk menambah keunggulan menjadi 4-3.

Hingga pertandingan berakhir, Tim Jatim unggul dengan skor tipis 4-3. Dengan hasil pertandingan itu, Tim Jatim lolos ke babak semifinal futsal PON XX Papua sebagai runner up Grup B mendampingi Tim Jabar sebagai juara grup.

Tim Jabar mengumpulkan 9 poin, disusul Jatim dengan 8 poin. Adapun Tim Sulsel yang hanya mengslemas 7 poin sudah dipastikan tersisih.

Di babak semifinal yang akan berlangsung Jumat (1/10), Tim Jabar akan menghadapi Tim Nusa Tenggara Barat sebagai runner up Grup A, sementara juara Grup A yaitu Tim Papua akan menghadapi Tim Jatim sebagai runner up Grup B, sebagaimana dilansir dari Antara.

Berita Terkait

Berita Terkini