28 Istilah dalam Bola Basket yang Perlu Diketahui, dari Lay-up hingga Dunk

Istilah-istilah dasar berikut ini wajib diketahui bagi pebasket pemula atau yang tengah belajar basket

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 30 September 2021 | 18:05 WIB
Atlet basket asal Italia, Valentina Vignalia. (Instagram/@valentinavignali)

Atlet basket asal Italia, Valentina Vignalia. (Instagram/@valentinavignali)

Bolatimes.com - Paham istilah dalam permainan bola basket dapat membuat kita bisa lebih menikmati pertandingan: Baik sebagai penonton maupun sebagai pemain.

Ada sejumlah istilah-istilah yang biasanya digunakan untuk menggambarkan posisi pemain. Selain itu, ada peraturan permainan, gerakan yang dilakukan, maupun pelanggaran yang terjadi.

Terkait regulasi permainan bola basket, jumlah pemain yang boleh bermain di lapangan adalah 5 orang. Masing-masing pemain tersebut memiliki posisi dan perannya sendiri.

Baca Juga: Profil Idrissa Guaye, Pemberi Mimpi Buruk Manchester City di Liga Champions

Berikut ini istilah untuk posisi pemain dalam permainan bola basket yang Bolatimes rangkum dari sejumlah sumber:

1. Center

Center merupakan pemain yang paling tinggi dalam satu tim. Adapun, ia bertugas untuk bermain di sekitar area dekat ring lawan.

Baca Juga: PON XX Papua 2021: Tampil Mengejutkan, Alisya Mellynar Sabet Medali Emas

Ketika tim sedang melakukan serangan ke tim lawan, pemain center biasanya akan berusaha menyumbang poin dari lemparan jarak dekat atau mencuri skor dari rebound.

Nah, ketika tim sedang bertahan, tugas seorang center adalah untuk menghalangi pemain lawan dari kesempatan untuk memasukkan bola ke ring.

Center juga akan melakukan rebound dari lemparan lawan yang tidak masuk ke ring. Tujuannya agar tim bisa kembali berada di posisi menyerang.

Baca Juga: Kantongi Restu Arema FC, Kartika Ajie Gabung ke Rans Cilegon FC

2. Power Forward

Posisi power forward sejatinya tidak jauh berbeda dari center. Tapi, pemain yang bertugas sebagai power forward ini akan mengambil tembakan-tembakan yang posisinya lebih jauh dari ring dibandingkan dengan center yang lebih sering melakukan tembakan di dekat ring.

3. Small Forward
 
Posisi small forward bertugas berkeliling lapangan untuk menerima passing dari belakang ke depan. Lebih dari itu, ia juga bertugas menjaga pemain lawan baik yang lebih tinggi maupun yang lebih kecil.

Baca Juga: Sewa Rumah Baru, Lionel Messi Harus Rogoh Kocek Rp320 Juta per Bulan

Tak ketinggalan, pemain ini juga bisa menyumbang angja dari lemparan jarak dekat maupun jauh. Seperti three point, misalnya 

Pemain berposisi small forward dalam permainan bola basket biasanya sangat cepat saat berlari. Kelebihan lain yang mesti dimiliki bisa melakukan passing dengan baik, dan mampu melakukan defense di berbagai posisi pada lapangan.

4. Point Guard

Posisi point guard adalah pemain yang memimpin serangan tim. Saat lawan berada dalam posisi menyerang, point guard menjadi pemain yang akan berusaha mencuri bola.

Pemain di posisi ini, biasanya memiliki kemampuan passing dan dribbling paling baik. Dalam posisi bertahan, tugasnya adalah menjaga point guard lawan.

5. Shooting Guard

Posisi shooting guard adalah pemain yang memiliki kemampuan memasukkan bola ke ring lawan paling baik dalam satu tim. Ia bisa mendapatkan poin dari lemparan jarak jauh maupun jarak dekat.

Untuk menjadi shooting guard, pemain tersebut harus memiliki kecepatan kaki dan penetrasi yang apik ke area pertahanan lawan. Tentunya, untuk meningkatkan peluang mencetak skor.

Selain posisi pemain, ada istilah lain yang mungkin acap didengar. Ada banyak sebetulnya, tapi Bolatimes merangkum istilah yang lazim didengar.

6. Dribble

Istilah ini lazim didengar. Adapun, kegiatan ini menggambarkan aktivitas menggiring bola menggunakan satu tangan.

7. Passing

Passing dilakukan untuk mengoper bola yang sedang dipegang ke pemain lain dalam satu tim.

8. Shooting

Ini adalah usaha untuk memasukkan bola ke ring lawan agar bisa meraih angka.
 
9. Three point

Tim memperoleh three poin ketika seorang pemain memasukkan bola ke ring lawan dari jarak jauh (di luar garis three point) sehingga skor yang didapatkan adalah 3 poin. 

Angka ini lebih banyak 1 poin dari shooting biasa yang hanya mendapat 2 poin.

10. Lay up

Ini adalah usaha memasukkan bola dari bawah ring dalam jarak dekat.

11. Dunk

Pemain melakukan dunk untuk memasukkan bola dengan membanting bola sedekat mungkin dengan ring.

12. Rebound

Rebound dilakukan saat seorang pemain gagal memasukkan bola ke ring dan pemain lain, baik itu dari tim sendiri maupun tim lawan, mengambil bola mentah yang terpantul dari ring 

13. Alley-oop

Ungkapan ini menggambarkan pemain yang melompat dan menangkap bola operan pemain lain lalu langsung memasukkan bola ke dalam keranjang dengan dunk maupun shooting sebelum kakinya kembali menyentuh lapangan.

14. Defense

Posisi bertahan ini dilakukan saat lawan mendapat giliran memegang bola dan berusaha menciptakan angka.

15. Offense

Posisi menyerang ini dapat diamati ketika pemain sedang memegang bola dan berjalan atau lari masuk ke area pertahanan lawan.

16. Block

Aktivitas ini terjadi saar seorang pemain berhasil menggagalkan usaha pemain lawan untuk melakukan shooting dengan cara menahan bola menggunakan tangan saat bola belum masuk ke ring.

17. Fast Break

Ini jadi usaha sebuah tim untuk berbalik mencetak angka setelah berhasil melakukan block, mencuri bola, atau melakukan rebound secepat mungkin dari lawan yang gagal menyerang.

18. Jump Ball

Lemparan bola ke atas yang dilakukan untuk menandai mulainya sebuat pertandingan bola basket. Lemparan ini dilakukan oleh wasit dan pemain yang mewakili setiap tim akan berusaha meraih bola tersebut untuk pertama kalinya.

19. Steal

Istilah ini merupakan upaya untuk mengambil bola dari pemain lawan baik itu dengan merebut secara langsung atau menggagalkan passing yang dilakukan lawan.

20. Assist

Saat pemain pertama melakukan passing ke pemain kedua, kemudian pemain kedua langsung mencetak skor setelah menerima passing tersebut.

21. Pivot

Istilah ini kerupakan gerakan memutar badan menggunakan satu kaki oleh pemain yang sedang memegang bola untuk mencegah bola diambil oleh lawan. Gerakan pivot boleh dilakukan selama salah satu kaki menempel di lapangan.

Dalam permainan bola basket, pelanggaran juga memiliki istilah. Berikut ulasannya:

22. Airball

Lemparan bola ini tidak sampai ke ring. Bola tersebut dimaksudkan untuk masuk ke ring dan menciptakan skor, tapi ternyata sudah jatuh sebelum mencapai ring. Biasanya terjadi jika lemparannya terlalu lemah.

23. Charge

Charge bisa terjadi saat pemain yang sedang membawa bola dan berada dalam posisi menyerang, menyenggol atau menabrak pemain lawan hingga terjatuh.

24. Travel

Seorang pemain dikatakan melakukan travel jika melangkah lebih dari tiga langkah tanpa melakukan dribble saat sedang memegang bola.

25. Goal Tending

Aktivitas bertahan menahan bola yang sudah menukik masuk ke arah ring sehingga bola tersebut gagal masuk dan pemain dianggap melakukan goal tending. Pada pelanggaran ini, bola tetap dihitung masuk sehingga lawan tetap akan mendapatkan angka.

26. Foul

Pelanggaran dalam bola basket ini biasanya ditandai dengan perilaku sengaja membuat pemain lawan jatuh.

27. Technical Foul

Pelanggaran ini terjadi saat pemain atau pelatih mengganggu jalannya permainan. Contohnya adalah meneriaki wasit, menendang bola basket, berbicara kasar, bertengkar, berpegangan pada ring setelah melakukan dunk, dan lain-lain.

28. Free Throw

Lemparan ini diberikan jika tim lawan melakukan foul atau technical foul dari tim lawannya. Lemparan free throw dilakukan oleh satu orang dari garis free throw dan tim lawan tidak boleh mengganggu proses pelemparan.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB
Tampilkan lebih banyak