Arena

5 Buah Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Salah Satunya Jambu Biji

Bisa dikonsumsi agar kekebalan tubuh terjaga.

Husna Rahmayunita

Wanita memegang jambu biji. (Shutterstock)
Wanita memegang jambu biji. (Shutterstock)

Bolatimes.com - Imunitas tubuh atau kekebalan tubuh penting dijaga khususnya di tengah pandemi yang belum mereda. Ada lima buah yang bisa meningkatkan umun tubuh.

Menjaga dan meningkatjan imun tubuh bisa dilakukan dengan sejumlah cara seperti rajin berolahraga, mengatur pola hidup serta tetap berpikiran positif.

Selain itu dapat juga dilakukan dengan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang gampang ditemukan di rumah.

Berikut ini, lima buah-buahan yang dapat meningkatkan imun tubuh seperti dikutip dari Ayobandung.com (jaringan Suara.com).

1. Jambu Biji

Buah yang tidak boleh Anda lewatkan saat meningkatkan imunitas tubuh adalah buah jambu biji. Dalam jambu biji terkandung vitamin C yang bahkan lebih banyak dari jeruk.

Dengan mengkonsumsi satu buah jambu biji sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin C orang dewasa sebanyak 140 %. Belum lagi adanya kandungan likopen yang bisa menghambat pertumbuhan dari sel kanker dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi jambu biji maka benar-benar bisa membantu Anda dalam menjaga imunitas tubuh agar selalu kuat.

2. Pepaya

Vitamin C itu tidak hanya bisa didapatkan dari buah-buahan yang asam rasanya, lebih tepatnya Anda bisa menemukan vitamin C pada buah-buahan yang memiliki warna kuning dan oranye.

Maka dari itu papaya juga merupakan buah yang bisa membantu Anda dalam melakukan peningkatan imunitas tubuh.

Jika Anda mengkonsumsi 145 gram papaya, sudah bisa mencukupi vitamin C yang Anda butuhkan sebanyak 97% pada hari itu.

Tentunya papaya yang mudah ditemukan di mana saja ini juga bisa menjadi solusi saat Anda merasa imunitas tubuh Anda semakin menurun.

Baiknya lagi, papaya mengandung enzim yang dapat melancarkan pencernaan Anda. Jika pencernaan lancar, maka tentunya kesehatan Anda pun lebih terjaga.

Di dalam papaya juga memiliki banyak kandungan lainnya seperti magnesium, folat dan kalium yang sangat dibutuhkan di dalam tubuh manusia.

3. Jeruk

Ketika orang terserang flu atau tidak enak badan, maka akan segera mencari buah-buahan yang mengandung vitamin C dan buah jeruk adalah buah yang paling sering dikonsumsi saat tubuh membutuhkan vitamin C.

Vitamin C yang ada di dalam buah jeruk mampu menambah produksi sel terutama sel darah putih dalam tubuh yang nantinya akan sangat efektif dalam mengatasi infeksi dalam tubuh. Jika Anda mengkonsumsi satu buah jeruk saja, itu sudah cukup untuk memenuhi 78 % vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh Anda setiap harinya.

Apalagi jeruk adalah buah tropis sehingga dengan demikian sangat mudah menemukan buah jeruk di Indonesia dan harganya pun murah. Jika Anda ingin meningkatkan imunitas tubuh maka sering-seringlah konsumsi buah jeruk.

4. Blueberry

Untuk Anda yang ingin meningkatkan imunitas tubuh, sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan ini adalah kandungan yang dapat menangkal serangan radikal bebas dari luar tubuh.

Berbagai macam virus penyakit itu termasuk radikal bebas. Dengan mengkonsumsi banyak buah yang mengandung antioksidan sudah tentu tubuh Anda lebih kuat dan anti penyakit. Salah satu buah yang diklaim memiliki anti oksidan yang tinggi adalah buah blueberry.

Tidak seperti buah lainnya yang sudah disebutkan, buah blueberry tidak mudah ditemukan di Indonesia. Anda harus datang ke supermarket besar untuk dapat membelinya, tidak seperti jeruk dan pepaya yang bisa dibeli dari pasar-pasar tradisional dengan mudah.

Beberapa penelitian menyebutkan kandungan antioksidan yang ada dalam buah blueberry jauh lebih tinggi dari kebanyakan buah dan sayuran yang ada di dunia.

Jadi sudah pasti, jika ingin melakukan peningkatan imunitas tubuh, buah blueberry bisa masuk ke dalam daftar buah yang harus Anda konsumsi.

5. Kiwi

Buah berwarna hijau ini juga sangat direkomendasikan jika Anda ingin meningkatkan imunitas tubuh. Meski berwarna hijau, namun Kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup kaya.

Mengkonsumsi satu buah kiwi yang memiliki ukuran sedang dalam sehari akan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin C sebanyak 79%. Tidak hanya itu, kiwi juga memiliki banyak kandungan lainnya seperti vitamin K, kalium dan juga folat.

Sama seperti buah jeruk, vitamin C yang ada di dalam buah kiwi juga bisa membantu tubuh untuk menambah produksi sel darah putih yang amat efektif dalam memerangi adanya infeksi.

Itulah 5 buah yang bisa digunakan untuk meningkatkan imun tubuh.

Berita Terkini