Arkadia Luncurkan Serbada.com saat Festival Belanja Online Global 11.11

Kini telah tersedia ratusan produk di situs Serbada.com, mulai dari pakaian dan aksesoris, buku, kamera, drone, sampai perhiasan.

Dany Garjito | BolaTimes.com
Senin, 11 November 2019 | 18:17 WIB
PT Arkadia Digital Media Tbk kembali merilis produk atau unit usaha barunya yakni situs news-commerce: Serbada.com.(Serbada/Oke Atmaja)

PT Arkadia Digital Media Tbk kembali merilis produk atau unit usaha barunya yakni situs news-commerce: Serbada.com.(Serbada/Oke Atmaja)

Bolatimes.com - PT Arkadia Digital Media Tbk pada bulan November ini kembali merilis produk atau unit usaha barunya. Kali ini, induk perusahaan Suara.com dan beberapa portal berita segmented itu resmi merilis situs news-commerce: Serbada.com.

Peluncuran awal atau soft launching Serbada.com sendiri sengaja dihelat pada 11 November (11/11) atau yang juga dikenal sebagai Festival Belanja Online Global 11.11. Adapun secara internasional, 11.11 antara lain oleh grup Alibaba juga dipromosikan sebagai momen Global Shopping Festival.

"Serbada.com bagian dari platform yang kami sebut news-commerce, di mana transaksi ke merchant diawali dari konten news, artikel, foto, infografis dan video terkait. Dari konten yang relevan dengan produk itulah, pengakses akan menentukan untuk membeli beragam produk atau tidak. Kalau tertarik bisa langsung transaksi, tanpa harus ke platform lain. Kami memberi pilihan baru bagi konsumen; ini juga merupakan salah satu upaya Arkadia dalam mengembangkan model bisnisnya, dalam hal ini melalui contoh integrated online services (news portal & e-commerce web)," ungkap Direktur PT Arkadia Digital Media Tbk yang juga Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono.

Baca Juga: Dongkrak Likuiditas, Arkadia Digital Media Terbitkan 20,5 Juta Saham Baru

"Bukan berarti kami mengurangi keseriusan dalam pengelolaan dan pengembangan media-media kami yang sejauh ini sudah tumbuh di arah yang bagus dan diakui banyak pihak, namun justru ini untuk memberi nilai lebih lagi bagi khalayak atau pembaca kami," tambah Suwarjono.

Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, mengenakan kaus Serbada.com, situs news-commerce yang baru diluncurkan oleh PT Arkadia Digital Media Tbk, saat berada di Kampus Alibaba, Hangzhou, Tiongkok, Senin (11/11/2019). [Suara.com]
Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, mengenakan kaus Serbada.com, situs news-commerce yang baru diluncurkan oleh PT Arkadia Digital Media Tbk, saat berada di Kampus Alibaba, Hangzhou, Tiongkok, Senin (11/11/2019). [Suara.com]

Lebih jauh dijelaskan, salah satu model integrasi dimaksud adalah dengan menyambungkan tiap artikel atau konten Suara.com yang mengulas atau memberitakan salah satu produk, baik itu konten yang sengaja dibuat atau konten reguler dari Redaksi, ke produk terkait di Serbada.com. Artinya, ketika misalnya pembaca tertarik pada suatu produk setelah menyimak tulisannya, saat itu juga dia bisa mengakses laman penjualan produk tersebut.

Integrasi ini ke depannya juga dapat berlaku sebaliknya, di mana browsing produk di Serbada.com juga dapat menemukan konten atau terhubung langsung ke ulasannya yang ada di situs-situs Arkadia seperti Suara.com, Hitekno.com, Dewiku.com, Guideku.com, Mobimoto.com, atau juga Bolatimes.com dan Himedik.com. Meskipun sejauh ini, karena masih di tahap awal, konten-konten dimaksud baru ada di Suara.com.

Baca Juga: Siap Ukir Kerja Sama, Arkadia Digital Media Kunjungi UGM

Disampaikan pula bahwa salah satu pertimbangan meluncurkan Serbada.com adalah masih tingginya angka pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Data Global Web Index yang antara lain menyebut bahwa Indonesia memiliki peringkat aktivitas e-commerce tertinggi di dunia, di mana 90 persen pengguna internet (usia 16-64 tahun) mengaku pernah berbelanja produk/jasa secara online, menjadi salah satu acuan untuk itu.

"Artinya, potensinya memang masih besar, dan dengan model bisnis dan pengembangan yang tepat, kami optimistis bisa ikut berkecimpung di lini ini," ungkap Suwarjono pula, Senin (11/11/2019), yang kebetulan sedang berada di Tiongkok menghadiri undangan event Alibaba Group, salah satu powerhouse e-commerce dunia yang bermarkas di Hangzhou.

PT Arkadia Digital Media Tbk kembali merilis produk atau unit usaha barunya, yakni situs news-commerce: Serbada.com.(Serbada)
PT Arkadia Digital Media Tbk kembali merilis produk atau unit usaha barunya, yakni situs news-commerce: Serbada.com.(Serbada/Oke Atmaja)

Peluncuran versi Beta atau soft launching Serbada.com pada Senin (11/11) ini sendiri, selain ditandai dengan acara internal di kantor Suara.com, juga diwarnai dengan kehadiran tim Arkadia dan Serbada di beberapa lokasi pusat perdagangan.

Baca Juga: Dari Redaksi: Arkadia Digital Media Siap Kick Off di Bursa Saham

Situs Serbada.com sendiri sudah memulai beta testing sejak beberapa hari terakhir, dan nyatanya sudah melayani sejumlah transaksi. Untuk diketahui, karena belum menyediakan platform pembayaran sendiri, sejauh ini Serbada.com baru beroperasi sebagai product outlet dan dropshipper untuk beragam produk --namun dipastikan segala transaksi berjalan lancar persis seperti layanan belanja online lainnya.

Ada ratusan produk yang sudah tersedia di Serbada.com saat ini, mulai dari kain, pakaian, hijab, buku, kamera, hingga drone, perhiasan dan lain sebagainya. Dalam pengembangannya ke depan, segala macam produk maupun jasa yang diminati khalayak atau menarik untuk dijual, direncanakan akan tersedia di Serbada.com, situs yang namanya memang berasal dari gabungan kata "serba+ada".

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak