Arena

Berhasil Cetak Karateka Berprestasi, Kapolda DIY Dapat Gelar Kehormatan

Kapolda DIY dianugerahi gelar kehormatan oleh PB INKANAS

Galih Priatmojo

KAPOLDA DIY DIANUGERAHI DAN IV KEHORMATAN PB INKANAS. [INKANAS DIY]
KAPOLDA DIY DIANUGERAHI DAN IV KEHORMATAN PB INKANAS. [INKANAS DIY]

Bolatimes.com - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irjen Pol Ahmad Dofiri, M.Si mendapat anugerah DAN IV Kehormatan dari Dewan Guru Pengurus Besar Institut Karate-Do Nasional (PB INKANAS). Penganugerahan itu terutama sebagai bentuk penghormatan atas dukungan Kapolda yang sukses membawa karateka DIY selalu masuk sepuluh besar juara umum event nasional.

Penganugerahan diwakili secara simbolis oleh Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Fitriadi Sigit Harjanto beserta penyerahan sertifikat penghargaan oleh Dewan Pembina dalam prosesi upacara yang berlangsung di Halaman Mapolda DIY. 

Fitriadi menjelaskan penganugerahan tersebut disematkan lantaran selama tiga tahun kepemimpinan Kapolda DIY, Pengda INKANAS DIY selalu masuk sepuluh besar juara umum dalam setiap penyelenggaraan event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) INKANAS. Tak sedikit atlet-atlet INKANAS berprestasi yang terlahir di dalamnya, baik di level nasional maupun internasional.

"Selama kurun waktu tiga tahun ini, INKANAS DIY telah berkembang menjadi perguruan besar di wilayah DIY. Dari sebelumnya hanya 17 dojo di DIY, kini meningkat jadi 25 dojo di kabupaten/kota se-DIY. Dengan siswa yang aktif sejumlah 613 kohai, " ujar Fitriadi Sigit Harjanto dalam sambutannya seperti rilis yang diterima Bolatimes.com, Minggu (5/5/2019).

"Lebih dari itu, di bawah kepemimpinan Kapolda DIY, karateka DIY berhasil mengukir prestasi dengan selalu masuk sepuluh besar juara umum di event-event kejuaraan nasional," sambungnya.  

Beberapa nama karateka DIY yang saat ini bersinar di antaranya atlet Fadila Agivina yang meraih Juara 1 Kumite Bebas Besell Open Swiss. Lalu ada Tiara Michaelia yang juga mendapatkan juara dalam ajang Milo Open Kualalumpur. Juga Fathiria Sabiika Nurhaliza yang meraih Juara 2 Kata dalam ajang kejuaraan berjenjang maupun bergengsi seperti Kejurnas Mendagri.

Di sisi lain, Kapolda DIY juga dinilai peduli dan sangat memperhatikan kehidupan sosial secara umum di DIY. Dan secara khusus telah mampu mengembangkan organisasi INKANAS sebagai lembaga, serta memperjuangkan dan mendorong para atlet INKANAS supaya dapat berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

"Dengan capaian tersebut, maka sudah menjadi kelayakan dan kepantasan apabila Dewan Guru PB INKANAS memberikan anugerah DAN IV kepada Bapak Kapolda DIY, yang juga selaku Ketua Umum Pengurus Daerah (Pengda) INKANAS DIY," jelasnya.

KAPOLDA DIY DIANUGERAHI DAN IV KEHORMATAN PB INKANAS. [INKANAS DIY]
KAPOLDA DIY DIANUGERAHI DAN IV KEHORMATAN PB INKANAS. [INKANAS DIY]

 

Melalui penghargaan ini, lanjut dia, ke depan diharapkan Irjen Pol Ahmad Dofiri, M.Si., dapat terus mengembangkan Perguruan Karate INKANAS di wilayah DIY maupun kelak nanti bila bertugas di wilayah yang baru. Tentunya dengan tidak lepas dari nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam sabuk hitam. Seperti kerja keras, pengabdian, keteguhan, serta sikap kepercayaan diri yang didasari pada nilai kebaikan universal.   

"Bagi saya ini suatu kehormatan, meski sesungguhnya belum pantas rasanya saya menerima DAN Kehormatan ini. Namun ini akan saya jadikan cambuk dan motivasi untuk mengembangkan dan memajukan perguruan karate INKANAS sebagai lembaga dan meningkatkan prestasi para atlet," kata Irjen Pol Ahmad Dofiri, M.Si.  

Penghargaan berupa uang pembinaan masing-masing senilai Rp 1,5 juta juga turut diberikan oleh Kapolda DIY kepada ke-12 atlet INKANAS DIY yang berprestasi di Kejurnas UIN Sunan Kalijaga maupun Kejurnas INKANAS Tahun 2019. Mereka di antaranya yakni Valentina Putri Anggraini, Akhtar Holden Rezvan A., Zafira Nayla Mumtaz, Damai Resiana Sabella, Tiara Michaelia Sandy, Fadila Agivina, M. Baihaqi Hakimi, Fathiria Sabiika Nurhaliza, Amelia Dinda Salsabila, Dewangga Yudhistira, Ridlani Sari Rahmawati, dan Abdul Malik. 

Sebelumnya, dalam acara penganugerahan DAN IV Kehormatan juga diadakan kegiatan latihan bersama dengan sejumlah 300 karateka sabuk putih, sabuk kuning, sabuk hijau, sabuk biru, hingga sabuk cokelat. Juga demo kata dan kumite sebagai bentuk pengenalan jurus maupun teknik bela diri Perguruan Karate INKANAS. 

Berita Terkini