Arena

Christian Hadinata Beberkan Sosok Ideal yang Bisa Gantikan Liliyana Natsir

Christian Hadinata ungkapkan syarat pengganti Liliyana Natsir.

Galih Priatmojo

Pebulutangkis putri spesialis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir. [Dok. PBSI]
Pebulutangkis putri spesialis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir. [Dok. PBSI]

Bolatimes.com - Sepeninggal Liliyana Natsir gantung raket, Timnas Bulutangkis Indonesia kini tengah mencari penggantinya. Legenda hidup bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata pun menyebutkan syarat pebulutangkis putri yang pas untuk jadi suksesor pemain yang akrab disapa Butet tersebut. 

Menurut pria yang akrab disapa Koh Chris itu, pengganti seorang Liliyana Natsir harus memiliki karakter yang kuat. Sang pemain harus punya sifat "bandel" dan kebal akan tekanan jika nantinya dipasangan dengan Tontowi Ahmad selaku mantan partner Liliyana Natsir.

"Nomor satu itu cari atlet putri yang bandel dan cuek untuk berpasangan dengan Owi (sapaan akrab Tontowi). Sekarang 'kan intinya cari pasangan untuk Owi karena Liliyana Natsir sudah mundur," ujar Christian Hadinata.

Tontowi Ahmad sendiri direncanakan akan berpasangan dengan pemain muda jebolan pratama PBSI, Winny Oktavina Kandow . Keduanya akan menjalani debut di Barcelona Spain Masters 2019 yang akan berlangsung pada 19 - 24 Februari 2019.

Koh Chris menyebut Winny Oktavina Kandow harus siap mental berpasangan dengan Tontowi Ahmad. Sebab, dirinya menilai tak mudah mengemban tugas sebagai menjadi partner dari seorang pemain yang sudah meraih gelar-gelar besar seperti Kejuaraan Dunia dan Olimpiade.

"(Winny) harus diuji dahulu, apakah dia bandel dan cuek? Itu menjadi modal. Cari atlet putri yang tak melihat bahwa Owi itu juara dunia dan juara All England, harus ada yang seperti itu," ujar Christian Hadinata.

"Namun, kalau dia terbeban mendampingi juara yang hebat (seperti Owi), nanti akan kacau. Selain ditekan lawan, dia sungkan dengan Owi. Jadi ibaratnya (pendamping Owi) harus kebal tekanan," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini