Arena

Terjun di Dunia Politik, Manny Pacquiao Ingin Jadi Presiden?

Sejak tahun 2010, Manny Pacquiao telah terjun ke dunia politik sebagai anggota senat.

Rauhanda Riyantama

Petunju Filipina, Manny Pacquiao. (TED ALJIBE / AFP)
Petunju Filipina, Manny Pacquiao. (TED ALJIBE / AFP)

Bolatimes.com - Siapa yang tak mengenal Manny Pacquiao? Ya, petinju yang memegang sabuk juara dunia versi WBA ini namanya begitu dielu-elukan oleh banyak orang, tak terkecuali rakyat Filipina.

Berkat prestasinya itu, Manny Pacquiao pun dengan cepat meraih popularitas. Walhasil, petinju 40 tahun itu kerap dikaitkan dengan isu politik yang terjadi di negaranya, salah satunya adalah ketika ia digadang-gadang akan menduduki kursi presiden Filipina.

Kabar tersebut mungkin ada benarnya. Pasalnya sejak tahun 2010, Manny Pacquiao telah terjun ke dunia politik sebagai anggota senat, dan kembali terpilih dalam pemilu yang berlangsung pada 2016.

Namun untuk menjadi presiden Filipina, Manny Pacquiao masih enggan memikirkannya. ''Banyak orang mengatakan bahwa saya bisa menjadi presiden berikutnya. Tetapi saya tidak memikirkan itu,'' ungkapnya, seperti dikutip dari Boxing Scene.

''Tapi untuk sekarang saya tak punya rencana. Apa pun jalan yang Tuhan berikan kepada saya, saya akan memenuhinya,'' katanya menambahkan.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte turut hadir saat perayaan ulang tahun Manny Pacquiao pada 17 Desember 2018. (FERDINANDH CABRERA / AFP)
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte turut hadir saat perayaan ulang tahun Manny Pacquiao pada 17 Desember 2018. (FERDINANDH CABRERA / AFP)

 

Meski demikian, Rodrigo Duterter yang adalah Presiden Filipina saat ini, memiliki hubungan baik dengan petinju berjuluk Pacman. Hal itu dibuktikan saat Duterte menyaksikan pertarungan Manny Pacquiao melawan Luca Matthysse tahun lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara itu, mantan pelatih Pacman, Freddie Roach mengatakan bahwa petinju kelas welter itu juga menginginkan kursi presiden Filipina. ''Saya belum berbicara dengannya tentang mencalonkan diri sebagai presiden. Tetapi dia ingin membantu orang-orang dan cara terbaiknya adalah menjadi bos,'' ungkapnya.

''Jika itu terjadi, Pacman mungkin akan menjadi presiden satu-satunya di dunia yang memiliki gelar juara tinju dunia,'' tandas Freddie Roach.

Sekedar informasi, Manny Pacquiao saat ini tengah bersiap untuk melakoni pertarungan kontra Adrien Broner di MGM Grand, Las Vegas, Amerika Serikat pada 19 Januari 2019 mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini