Gol Thailand 50 Detik Jelang Bubaran Kubur Mimpi Indonesia

Timnas Indonesia kalah dramatis atas Thailand di semifinal Piala AFF Futsal 2018. Sekira 50 detik jelang babak tambahan kedua bubar, Thailand berhasil cetak gol.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata | BolaTimes.com
Jum'at, 09 November 2018 | 17:10 WIB
Pemain Timnas Futsal Indonesia melakukan Viking Clap usai kalahkan Kamboja di GOR UNY, Yogyakarta (Stephanus Aranditio/Bolatimes.com)

Pemain Timnas Futsal Indonesia melakukan Viking Clap usai kalahkan Kamboja di GOR UNY, Yogyakarta (Stephanus Aranditio/Bolatimes.com)

Bolatimes.com - Pupus sudah harapan Timnas Futsal Indonesia untuk melenggang ke final Piala AFF Futsal 2018. Sempat menahan imbang  Thailand hingga babak ekstra time kedua, skuat Garuda kecolongan di 50 detik bubaran. Timnas Indonesia pun harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor akhir 2-3, Jumat (9/11/2018) .

Menghadapi Thailand di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi memainkan kembali tiga pilar utamanya di laga-laga sebelumnya, yakni Muhamad Nazil, Sunny Rizky, dan Bayu Saptaji.

Meski begitu, Timnas Indonesia kesusahan untuk menciptakan peluang. Mereka justru langsung kebobolan satu gol di menit ke-5 lewat tendangan Apiwat Chaemcharoen.

Tertinggal satu gol, Sunny Rizki cs meningkatkan tempo serangan mereka. Langkah itu pun terbukti berhasil, mereka beberapa kali menciptakan peluang.

Beberapa peluang emas beberapa kali didapat Timnas Indonesia dari kaki Randy Satria, Muhammad Subhan, dan Andri Kustiawan. Tapi sayang, tendangan dari anak asuh Kensuke Takahashi belum mampu bersarang di gawang Thailand.

Petaka justru didapat Timnas Indonesia di menit 12. Blunder dari kiper Indonesia, Muhamad Nazil membuat Thailand menambahkan keunggulan. Apiwat Chaemcharoen menciptakan gol keduanya untuk Thailand.

Timnas Indonesia yang berada dibawah tekanan tak terlihat mengalah. Mereka justru langsung mengambil alih permainan di sisa 8 menit menjelang berakhirnya babak pertama.

Serangan demi serangan dibangun oleh Randy Satria. Hal tersebut terbukti beberapa kali mengancam gawang Thailand. Namun sayang, Timnas Indonesia masih belum mampu memanfaatkan dengan baik peluang-peluang tersebut.

Laga semifnal Timnas Indonesia kontra Thailand pun berakhie 0-2 untuk keunggulan Thailand.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia membawa kejutan dengan langsung memperkecik kedudukan. dari Mochammad Iqbal dimenit awal membuat kedudukan menjadi 1-2.

Laga pun menjadi semakin sengit, kedua tim sama-sama bermain menyerang. Begitu Thailand berikan ancaman, Timnas Indonesia pun langsung membalasnya.

Timnas Indonesia sebenarnya hampir menyamakan kedudukan, akan tetapi gol sontekan di depan gawang dari Syauqi Saud tidak disahkan oleh wasit.

Hingga menit 18, kedudukan belum berubah. Thailand masih unggul 1-2 dari Timnas Indonesia.

Melihat keadaan tersebut, pelatih Kensuke Takahashi memutar otak dengan menerapkan power play. Kesempatan emas pun datang usai Timnas Indonesia terus memberi tekanan. Jelang bubaran, pemain Thailand melakukan pelanggaran foul keenam yang berbuah penalti untuk skuat Garuda.

Kesempatan ini pun tidak disia-siakan oleh Timnas Indonesia. Muhammad Subhan yang ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Kedudukan menjadi imbang dan laga pun berakhir dengan skor 2-2. Laga dilanjutkan ke babak waktu tambahan.

Di dua kali babak tambahan waktu, Timnas Indonesia melakukan kesalahan fatal. Pelanggaran yang dilakukan Al Fajri berujung penalti karena Indonesia juga sudah melakukan lima kali pelanggaran.

Untung bagi anak asuh Kensuke Takahashi, tendangan penalti Thailand mampu dihentikan oleh Muhamad Nazil.

Timnas Indonesia bukan tanpa perlawanan di babak tambahan. Mereka hampir membalikkan keadaan. Tapi sundulan dari Ardiasyah masih membentur mistar gawang.

Keattiyot Chalaemkhet menjadi pemain Thailand yang mengandaskan mimpi Timnas Indonesia. ya di 50 detik jelang bubaran membuat Thailand unggul 2-3. Laga pun berakhir untuk kemenangan Thailand.

Dengan hasil ini meski gagal ke final, Timnas Indonesia masih akan menjalani laga perebutan tempat ketiga menanti hasil Vietnam vs Malaysia yang berlangsung pada Rabu (9/11/2018) pukul 17:00 WIB.

Susunan pemain Timnas Futsal Indonesia vs Thailand

Indonesia: 2-Muhamad Nazil Purnama, 5- Al Fajri Zikri, 12-Bambang Bayu Saptaji, 14-Randy Satria Mushar, 16-Sunny Rizky Suhendra

Cadangan: 4-Mochammad Iqbal, 6-Marvin Alexa, 7-Syauqi Suad, 9-Muhammad Subhan, 11-Ardiansyah Runtuboy, 13-Aditya Muhammad Rasyid, 14- Randy Satria, 15-Rio Pangestu

Thailand: 1-Kanison Phoopun, 4-Nawin Rattanawongwas, 5-Ronnachai Jungwongsuk, 10-Warut Wangsama-Aeo

Cadangan: 2-Ampol Srirageaw, 3-Pornmongkol Srisubseang, 6-Sarawut Phalaphruek, 7-Suthipor Kladcharoen, 8-Jetsada Chudech, 12-Katawut Hankampa.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak