UNY Lawan Uninus di Laga Perdana Grand Final MUFT 2018

Berikut Jadwal Pertandingan Grand FinalMizuno University Futsal Tournament 2018.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Jum'at, 02 November 2018 | 18:15 WIB
Tim UNY di Mizuno University Futsal Tournament

Tim UNY di Mizuno University Futsal Tournament

Bolatimes.com - Tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terhindar pertemuan dengan Perbanas Institute Jakarta saat mengawali pertarungan di Grand Final Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) 2018.  Hanya, UNY bertemu lawan yang tidak kalah tangguh, Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung di laga perdana di Grand Final MUFT di Jogokaryan Futsal, Yogyakarta, Sabtu (3/11/2018).

Usai menghadapi Uninus, tim asuhan Hajarul Susanto akan menghadapi Perbanas Jakarta dan kemudian bertemu Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Dengan sistem setengah kompetisi, setiap tim saling bertemu dalam satu hari.

Ini berarti mereka akan tiga kali bertanding dan bila lolos ke final, tim dipastikan melakoni empat pertandingan. Tim yang menduduki peringkat teratas dan runner up bertemu di laga puncak.

Baca Juga: Perkenalkan, Primero Mundo X Star, Bola Resmi Piala AFF 2018

“Yang jelas kami harus bisa mengatur tenaga dan melakukan rotasi pemain dengan baik agar permainan tim tetap terjaga konsistensinya. Tak masalah bila bertanding sampai empat kali, termasuk di final. Kami juga pernah bermain lima kali dalam satu hari,” kata Hajarul.

Mengenai Uninus, menurut Hajarul, tim UNY pernah bertemu di turnamen. Diakuinya tim dari Jawa Barat memiliki keunggulan individu dan taktik.

“Mereka unggul dari segi taktital. Berbeda dengan tim Jawa Timur yang bermain cepat dan keras. Kami sudah mengantisipasinya,” ujarnya.

Baca Juga: Saddil Ramdani Terancam Dicoret dari Timnas Indonesia

Manajer Uninus Dini Asri menuturkan timnya mewaspadai UNY yang dipastikan mendapat dukungan dari suporter. Pasalnya UNY secara tidak langsung menjadi tuan rumah karena Grand Final MUFT digelar di Yogyakarta.

“Semua lawan tak bisa dianggap remeh. Dan kami mewaspadai UNY yang menjadi lawan pertama kami.  Yang jelas kami ingin memberikan yang terbaik bagi kampus. Dan yang terbaik bagi kami adalah menjadi juara. Namun semua tim yang lolos ke grand final pun punya keinginan sama,” kata Dini.

Di tahun ini, Grand Final MUFT diikuti empat tim yang menjadi juara di regional masing-masing.  Kehadiran MUFT juga diharapkan makin menumbuhkan kegairahan futsal di kalangan mahasiswa.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Siaran Langsung Liga 1 2018 Pekan ke-29

Pencarian Bakat

Bahkan event ini berpeluang menjadi wadah pencarian bakat bagi klub-klub Liga Futsal Profesional. Apalagi tak sedikit pemain liga yang berstatus mahasiswa.

“Saat ini, tim-tim yang lolos ke grand final diperkuat banyak pemain Liga Futsal Profesional. Saya berharap di tahun-tahun mendatang, event ini bisa menjadi semacam wadah pencarian pemain bakat bagi pelatih liga profesional. Kebetulan banyak pelatih klub profesional yang juga menangani tim kampus,” kata Vennard Hutabarat, pelatih Perbanas.

Baca Juga: Bournemouth Anggap Enteng Manchester United

Mantan kapten tim nasional futsal ini pun sepakat bila tahun depan MUFT bisa merambah ke kota-kota lain. Dengan demikian makin banyak pemain futsal di berbagai kampus yang terpantau oleh pelatih.

“Untuk tahun ini memang digelar di empat kota. Tetapi saya berharap di tahun berikutnya bisa delapan kota sehingga saat grand final menghadirkan delapan tim. Saat grand final bisa dibagi menjadi dua grup dan memungkinkan pemain lebih maksimal saat bertanding,” jawab Vennard yang mendapat kesempatan melakukan sharing knowledge(berbagi ilmu) dengan para pemain yang berlaga di grand final, Jumat (2/11/2018).

Dari sharing knowledge ini pemain mendapat tambahan ilmu dari Vennard yang pernah membela timnas. Saat menjadi kapten tim, Vennard membawa Indonesia juara Piala AFF futsal 2010.

Grand Final MUFT 2018 diisi line up pengisi acara dan konten acara yang menarik. Mulai dari Beat Box (Beatboxing of Jogja), Freestyler Football (Freestyle Football Jogja), hingga Freestyler Basket (Kingdom Freestyle Basketball).

Jadwal Pertandingan Grand Final Mizuno University Futsal Tournament:

Sabtu (3/11/2018)

Pukul 12.00-13.00:

UIN Sunan Ampel Surabaya vs Perbanas Institute Jakarta

Universitas Islam Nusantara Bandung vs Universitas Negeri Yogyakarta

Pukul 14.00-15.00:

Universitas Negeri Yogyakarta vs Perbanas Institute Jakarta

Universitas Islam Nusantara Bandung vs UIN Sunan Ampel Surabaya

Pukul 16.00-17.00:

Perbanas Institute Jakarta vs Universitas Islam Nusantara Bandung

UIN Sunan Ampel Surabaya vs Universitas Negeri Yogyakarta

Final

Pukul 19.00-20.00

Peringkat pertama vs Peringkat kedua

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak